Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People

Adam D’Angelo: Eksekusi Lebih Penting Dari Ide


“Dari Facebook, Saya belajar bahwa eksekusi itu lebih penting daripada ide, ” Adam D’Angelo, CTO pertama Facebook dan pendiri Quora.

Dibalik kesuksesan besar Facebook, ada beberapa anak muda paling jenius di dunia teknologi yang mendampingi CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Salah satunya adalah Adam D’Angelo yang merupakan CTO (Chief Technology Officer) pertama di Facebook. Adam merupakan salah satu orang dengan kemampuan teknis yang sangat diakui di dunia. Terakhir, Mark Zuckerberg bahkan menyebut Adam D’Angelo sebagai salah satu diantara 6 orang di dunia yang mempunyai ide paling cemerlang.

Dalam sebuah rekaman chatting yang dilakukan oleh Mark Zuckerberg dan Greenspan pada tahun 2004, Mark Zuckerberg mengungkapkan kekagumannya terhadap kemampuan Adam D’Angelo: “Adam mengajari Saya hampir semuanya. Dalam setiap satu hal yang bisa Saya lakukan dengan baik, Adam bisa melakukannya 6 kali.” Sayang, Adam D’Angelo tidak lagi bersama Facebook karena memutuskan untuk membangun sebuah platform tanya jawab yang sangat populer, Quora.

Adam Angelo

Ketika ditanyai Giga Om mengenai Quora, Adam menjawab, “hadiah sebenarnya ketika berkontribusi pada Quora adalah jawaban Anda bisa dibaca jutaan orang. Anda bisa melihat banyak orang berbagi pengetahuan secara gratis. Pengacara dan professional lainnya menggunakan Quora untuk membangun reputasi mereka. Saat ini fokus Quora adalah terus tumbuh dan membuat semakin banyak orang berbagi di Quora. Kami belum memikirkan model bisnisnya, fokus kami belum kesana.” Adam D’Angelo terlihat sangat mempercayai prospek dari Quora, dan bahkan menanamkan sebagian uang pribadinya dalam ronde investasi 50 Juta Dollar Quora pada tahun 2013 lalu.

Dalam wawancaranya bersama Giga Om, paling menarik adalah ketika Adam ditanyai mengenai apa yang dia pelajari ketika masih bekerja dengan Mark Zuckerberg di Facebook. Menurut Adam, Facebook sebenarnya bukan ide yang baru ketika itu, namun mereka sangat fokus dengan eksekusi, terus meningkatkan kualitas, dan terus membesar. Sama dengan Quora, target utama Adam D’Angelo adalah membesarkannya sampai 100 kali lipat dari sekarang. “Dari Facebook, Saya belajar bahwa eksekusi itu lebih penting daripada ide, ” ucap Adam D’Angelo.

Adam juga belajar tentang pentingnya mendelegasikan tugas pada anggota tim lainnya. Meskipun sangat jenius di bidang teknis dan mencintai programming, Adam merasa sangat egois apabila dia masih menulis code sendiri. Ada banyak hal lain dalam manajemen yang membutuhkan pemikirannya. Akhirnya, Adam belajar untuk mendelegasikan tugas programming ke orang lain demi hasil eksekusi yang lebih maksimal.

Paling penting, masih menurut Adam D’Angelo, kita harus menekankan pada fokus jangka panjang. Selalu lakukan apa yang benar untuk perusahaan dan jangan pernah mengambil keputusan jangka pendek. Dengan kekuatan eksekusi yang berdasarkan fokus jangka panjang, maka perusahaan kita akan bisa bertahan lebih lama dari yang lain. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga: 

Tiga Cara Menemukan Ide Bisnis yang Bermanfaat

7 Keuntungan menjadi Entrepreneur

Facebook Beli Perusahaan Anak Umur 21 Tahun Seharga 20 Trilliun

 

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+