Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Anda Juga Bisa Memulai Usaha Modal 1 Juta


Bagi Anak Muda Maupun Kaum Karyawan, Berbisnis Sering Terganjal di Modal. Namun, Ternyata Anda Juga Bisa Memulai Usaha Dengan Modal Hanya 1 Juta.

Anda ingin berbisnis dan katakanlah Anda sudah punya 1 juta di kantong. Akan tetapi Anda urung segera memulainya karena merasa bahwa modal Anda tidak akan cukup untuk memulai bisnis apapun. Jangan salah! Ada beberapa usaha modal 1 juta yang dapat Anda mulai sendiri, atau bahkan relatif tanpa modal. Berikut beberapa kategori di antaranya.

 

Pengrajin Rumahan

Aktivitas-aktivitas seperti menulis buku, bikin software, cetak kaos, kerajinan pernak-pernik hingga baking kue lebaran, bisa Anda lakukan dari rumah. Anda bahkan bisa menemukan cara-cara produksi dan berapa budget minimal yang Anda butuhkan dari internet. Akan tetapi, di industri rumahan ini, yang paling penting bukan cuma soal kualitas produk yang Anda hasilkan. Kualitas memang penting, namun Anda juga harus tahu bagaimana cara Anda untuk memasarkannya. Anda harus mampu menemukan target pasar yang pas agar produk Anda lebih menjual.

 

Freelancer

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis jika Anda memiliki skill yang teruji pada suatu bidang adalah dengan bekerja sebagai seorang freelancer. Misalnya jika Anda suka menulis, maka Anda bisa membuka pekerjaan sampingan sebagai seorang content writer untuk blog-blog perusahaan. Dan tidak terbatas di menulis saja. Bisa di web development, software development, sistem informasi, dan berbagai bidang lainnya. Anda juga tidak perlu modal yang besar. Biaya asuransi dan medis bahkan bisa Anda tekan apabila Anda mempertahankan pekerjaan kantoran Anda. Anda juga bisa memilih customer, dan proyek apa yang akan Anda terima. Beberapa tahun setelahnya, ketika Anda mantap untuk mengembangkan pekerjaan sampingan ini, maka Anda bisa mulai serius dengan membuka bisnis layanan jasa Anda sendiri.

konsultan-baru

Konsultan

Jika Anda tahu banyak tentang beberapa bidang seperti pajak, akutansi, periklanan, public relations, manajemen bisnis, seni, sejarah, atau topik lain yang ingin dipelajari orang, maka sangat mungkin Anda membuka sebuah konsultan independen. Biaya yang Anda perlukan untuk memulai di sini relatif cukup rendah. Karena, Anda bisa memulainya sendirian. Segala paperwork bisa Anda kerjakan di rumah. Tantangannya adalah menemukan orang yang bersedia membayar jasa Anda. Makanya, Anda harus suka networking. Cetak kartu nama. Selain itu, Anda juga bisa membangun spesialisasi Anda secara online dengan menciptakan blog. Tulis opini Anda tentang peristiwa yang sedang happening di industri Anda di sana.

 

Dropshipper

Dengan sistem dropship, Anda bahkan bisa seolah menjual barang Anda sendiri tanpa mengeluarkan sepeserpun untuk membelinya dari produsen. Produsen yang menyediakan sistem dropship, biasanya akan menyediakan katalog yang bisa tinggal Anda unduh. Kemudian Anda bisa upload foto-foto tersebut di website jualan Anda. Maka, karena Anda tidak pegang barangnya langsung, Anda harus menjalin komunikasi yang  intens dengan produsen. Akan tetapi, sistem ini memungkinkan Anda untuk memulai, relatif tanpa mengeluarkan biaya.

Start small. Berbisnis itu, tidak perlu langsung mulai dari ukuran besar. Justru, ketika Anda memulai dari kecil, maka resiko yang akan Anda hadapi akan relatif lebih kecil. Lagipula, Anda bisa menikmati prosesnya. Nah Sobat Studentpreneur, bagaimana menurut Anda?

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Mike]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Inilah Kisah Sukses Putra Jokowi Berbisnis Katering

Gadis 14 Tahun yang Mengguncang Bisnis Fashion Indonesia

Dengan Uang 1 Juta, Anda Kini Sudah Bisa Berinvestasi Saham

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+