Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Tips

Belajar Bisnis Dari Sun Tzu – Bagian 1


“Kenali lawan dan kenali diri sendiri. Dalam seratus perang Anda tidak akan pernah dalam bahaya.”

Sun Tzu

 

Buku “The Art of War” dari Sun Tzu telah lama menjadi best seller di dunia, terkenal di kalangan pebisnis dan manajemen. Meskipun isi bukunya banyak membahas tentang bagaimana cara memenangkan perang di jaman China kuno, “The Art of War” telah lama menjadi pegangan wajib para pemimpin dunia bisnis. Apabila Anda bisa memahami buku ini, Anda akan bisa memenangkan perang bahkan sebelum melakukannya. Sayangnya, memahami buku “The Art of War” bukanlah hal yang mudah. Tim Studentpreneur telah bekerja keras untuk menyaring enam nasehat terpenting dari Sun Tzu untuk memenangkan perang, termasuk perang persaingan dalam bisnis Anda. Pada bagian pertama ini, Tim Studentpreneur akan membahas tiga nasehat pertama dari Sun Tzu.

 

santza

 

Taklukkan Pasar dan Persaingan Tanpa Menghancurkannya

“Memenangkan seratus kemenangan dalam seratus peperangan bukanlah kemampuan sempurna. Berhasil membuat musuh menyerah sebelum berperang adalah kemampuan yang sempurna.” – Sun Tzu

Seringkali dalam industri yang persaingannya sangat ketat, bisnis yang terlibat di dalamnya saling membunuh dan menghancurkan industri itu sendiri. Kita lihat saja industri penerbangan murah yang akhirnya memaksa penyedia jasa penerbangan untuk menekan harga dan satu-persatu bisnis penerbangan pun jatuh. Industri penerbangan kita sempat turun sebelum akhirnya mulai bangkit akhir-akhir ini. Kasus yang sama terjadi di industri komunikasi. Perang tarif dan bonus dari operator menyebabkan dari banyak sekali operator di Indonesia, hampir semuanya kolaps dan hanya beberapa yang mampu bertahan.

Cara terbaik untuk memenangkan pasar saat ini adalah yang tidak membuat pesaing merasa tersaingi dan tidak merusak pasar. Contoh paling gemilang ditunjukkan oleh Amazon yang merevolusi industri penjualan buku, dan bahkan menciptakan pasar baru dengan meluncurkan Kindle dan menjual e-Book sebagai sumber penghasilan utamanya. Netflix yang mampu membuat kita membayar lebih murah untuk menonton film tanpa menghancurkan pasar film juga merupakan contoh bagus dari menaklukkan pasar dan mengalahkan pesaing tanpa menghancurkannya.

 

Hindari Kekuatan dan Serang Kelemahan

“Tentara itu seperti air, bagi air yang mengalir biasanya menghindari ketinggian dan menuju ke dataran yang lebih rendah, tentara harus menghindari kekuatan dan menyerang kelemahan.” – Sun Tzu

Banyak Startup baru yang berjatuhan karena nekat menyerang bagian terkuat dari pesaing yang ada. Persaingan terang-terangan hanya akan membuat pesaing sadar dan menyerang baik dengan kuat. Daripada bersaing dalam bisnis dan area yang dikuasai pesaing, lebih baik bagi startup untuk mencoba bersaing di daerah yang tidak terlalu dipedulikan oleh pesaing. Contoh dari luar negeri adalah Wallmart, salah satu toko retail terbesar di dunia, justru memulai bisnisnya di kota-kota kecil yang tidak dipedulikan oleh toko retail besar waktu itu. Perlahan, Wallmart mengalahkan pesaing lokal yang kecil dan menjadi besar, cukup besar untuk masuk ke kota besar dan mengalahkan retailer besar. Seandainya Wallmart langsung berperang dengan retail besar, bisa jadi modal mereka langsung habis dan kalah.

Contoh lokal yang bagus adalah Grup Media Jawa Pos. Semua orang tahu pasar terbesar untuk media adalah Jakarta, namun sudah ada Kompas yang Berjaya di sana. Daripada memaksa bersaing di Jakarta, Jawa Pos memulai dari Surabaya dan Jawa Timur, perlahan melakukan pengembangan ke semua daerah kecil di Indonesia. Jawa Pos kini telah mempunyai kantor berita di hampir semua kota kecil di Indonesia, mengalahkan Kompas di hampir semua daerah Indonesia, kecuali Jakarta. Meskipun tidak terlalu bersaing di pasar terbesar, gabungan penguasaan pasar-pasar kecil Jawa Pos mampu membuat mereka menjadi sebesar (kalau tidak lebih besar) dari Grup Kompas.

 

Kenali Lawan dan Kenali Diri Sendiri

“Kenali lawan dan kenali diri sendiri. Dalam seratus perang Anda tidak akan pernah dalam bahaya.” – Sun Tzu

Bagian ini merupakan salah satu perkataan Sun Tzu yang paling terkenal. Ilustrasi detailnya juga diucapkan oleh Sun Tzu. Kalau Anda mengenali diri sendiri namun tidak mengenali lawan, ada peluang Anda menang ada peluang Anda kalah. Kalau tidak mengenali diri sendiri dan tidak mengenali lawan, sudah pasti Anda kalah. Kalau tidak ingin kalah, Anda harus mengenali diri sendiri dan mengenali lawan. Dalam istilah bisnis modern, hal ini disebut dengan “Business Intelligence”. Ini adalah salah satu rahasia kenapa startup yang berhasil mampu menggulingkan bisnis besar. Masa awal facebook mereka benar-benar mempelajari tentang mySpace dan menciptakan social networks yang jauh lebih keren dari pendahulunya.

Contoh menarik lainnya yang ingin Saya jadikan contoh adalah keberhasilan Jose Mourinho menjadi juara Liga Champions ketika bersama Inter Milan. Kunci utama keberhasilan Inter Milan ketika itu adalah mengalahkan Barcelona di semifinal, yang ketika itu dianggap sebagai tim dari planet lain saking kuatnya. Kekuatan utama dari Inter Milan adalah lini pertahanan, sedangkan kekuatan utama dari Barcelona adalah lini penyerangan yang mengandalkan trio Xavi, Iniesta, dan Messi. Selama dua pertemuan, Mourinho tidak malu menerapkan strategi parkir bus di depan gawang dan menugaskan Javier Zanetti dan Thiago Motta, dua pemain Inter paling kuat dalam bertahan, untuk menjaga Lionel Messi secara khusus. Meskipun di laga kedua Thiago Motta terkena kartu merah, strategi tersebut berhasil mematikan Lionel Messi. Praktis, sejak saat itu, strategi anti-Barcelona telah lahir, dengan kemampuan Jose Mourinho mengenali kelemahan permainan Barcelona dan menerapkan strategi khusus untuk menyerang kelemahan tersebut.

 

Masih ada 3 strategi inti Sun Tzu lagi untuk dibahas di bagian kedua. Stay tune ya guys. Mengenai 3 strategi pertama, bagaimana pendapat Anda?

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+