Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Bisnis Dengan Modal Sedikit, Simak Tips Bisnis Pulsa


Inilah cara bisnis pulsa dengan modal tidak terlalu besar. 

Pulsa, mungkin sudah termasuk kategori barang kebutuhan, bukan keinginan. Beda keinginan dengan kebutuhan adalah cara kerjanya, keinginan bisa ditahan sedangkan kebutuhan tidak bisa. Seperti makan dan minum, tidak bisa ditahan. Berbeda dengan keinginan, seperti sepeda motor misalnya. Bisa ditahan tidak membeli sepeda motor dengan naik angkutan umum. Sekarang pulsa, bagaimana bisa ditahan, handphone seperti kebutuhan hidup.

Bahkan ada penyakit yang bernama nomofobia, nomofobia adalah kecenderungan untuk selalu mengecek handphone padahal belum tentu ada panggilan atau pesan yang masuk. Kecenderungan lain penderita nomofobia adalah ketika handphone tidak ada bunyi, pasti mereka gelisah.

Sebuah handphone tetapi tidak ada pulsanya itu seperti padang pasir tidak ada matahari yang menyengat atau kolam renang tanpa air. Karena banyak yang dicari itulah sekarang bisnis pulsa menjadi primadona para pebisnis. Tidak hanya itu, cara mulai bisnis pulsa juga termasuk bisnis yang paling gampang. Anda tinggal punya handphone dan tekad yang kuat, Anda bisa menjadi pengusaha pulsa. Keuntungan bisnis pulsa juga lumayan untuk penghasilan tambahan.

Di artikel ini, akan dibahas secara mendalam tentang tips bisnis pulsa, bagaimana cara bisnis pulsa, bisnis pulsa kecil-kecilan sampai bisnis pulsa yang besar. Setiap bisnis, pasti ada risikonya dan kelemahannya. Juga dengan bisnis pulsa, jangan harap ketika Anda memulai bisnis pulsa langsung mendapatkan keuntungan berlipat.

Bisnis pulsa juga termasuk bisnis yang mudah sekali bangkrut atau tutup. Pasalnya, bisnis pulsa adalah bisnis yang sekali dihutangi.

Nah, maka dari itu Anda akan kami ajak untuk membahas secara detail bisnis pulsa. Kita mulai dari sejarah pulsa dahulu.

 

Kenapa ada pulsa?

Sekitar tahun 1995, berdirilah Telkomsel. Telkomsel menerapkan sistem postpaid, atau yang dinamakan pascabayar. Jadi Anda menggunakan telepon dahulu, bayar pulsanya belakangan. Pasar telekomunikasi pada waktu itu masih sangat jarang dan memang lahan yang empuk, walaupun harga handphone masih sangat mahal. Lalu pada tahun 1997, Telkomsel mengeluarkan sistem pulsa prabayar menggunakan voucher. Seperti voucher-voucher pada umumnya, Anda tinggal menggosok di nomor seri lalu dimasukkan ke handphone. Pada waktu itu nominal voucher hanya 100 ribu rupiah.

Pada tahun 2001, mulai muncul dealer-dealer yang memang dikhususkan untuk menjual voucher prabayar. Dealer-dealer ini ditunjuk langsung oleh pihak telekomunikasi. Setelah itu muncul perusahaan telekomunikasi baru, seperti Indosat dan XL. Baru tahun 2002, Telkomsel bekerja sama dengan pihak swasta untuk mengeluarkan Electronic Data Capture (EDC). Alat ini sangat revolusioner dan lahirlah pengisian pulsa elektrik.

 

Kenapa harus bisnis pulsa?

Jika Anda mencari bisnis-bisnis sampingan yang mudah bagi para mahasiswa atau pegawai kantoran, bisnis pulsa pasti menjadi salah satu pilihan. Selain pulsa yang memang cukup banyak dicari, bisnis pulsa tidak memerlukan kantor fisik. Jika kalian melihat banyak toko-toko pulsa dipinggir jalan, sebenarnya mereka hanya butuh handphone untuk menerapkan bisnis pulsa ini. Sedangkan tokonya bisa dibuat untuk jualan yang lain, aksesoris handphone misalnya,

Lalu, alasan kenapa Anda harus bisnis pulsa adalah modalnya sangat sedikit. Bahkan dibeberapa konter pulsa sekarang, Anda tinggal membutuhkan dana 50 ribu rupiah, Anda bisa menjadi tukang pulsa. Kenapa bisa murah? Karena variasi harga pulsa sekarang yang berbeda-beda. Paling kecil harga pulsa adalah 5 ribu rupiah.

Sekarang kita akan menyibak tabir bisnis pulsa, pertama dari keuntungan berbisnis pulsa.

 

Keuntungan bisnis pulsa

  • Hanya memerlukan handphone

Seperti yang sudah dibahas di poin kedua diatas, bisnis pulsa termasuk bisnis yang sangat sederhana. Yaitu Anda hanya membutuhkan handphone, Anda bisa disebut tukang pulsa. Karena transaksi pulsa sekarang hanya dengan SMS, pulsa akan masuk ke nomor tujuan.

  • Modal sangat sedikit, bisa mulai dari 50 ribu rupiah

Juga telah dibahas di poin kedua diatas. Modal bisnis pulsa sangat sedikit, yaitu 50 ribu. Ini dikarenakan harga pulsa yang juga cukup murah. Harga pulsa paling murah yaitu 5 ribu rupiah. Modal 50 ribu ini adalah modal paling kecil, Anda tentu bisa membuat bisnis pulsa dengan modal lebih besar misalnya 100 ribu sampai 1 juta atau bahkan lebih.

  • Bisnis pulsa itu all operator

Jaman dahulu, jika membuka bisnis pulsa harus mempunyai banyak handphone karena satu handphone bisa dipakai hanya satu operator. Tetapi sekarang sudah tidak jaman hal-hal seperti itu, sekarang ada yang namanya chip all operator.

  • Keuntungan sedikit, tetapi terasa
  • Keuntungan bisnis pulsa sangat sedikit, keuntungan yang didapat setiap transaksi hanya sekitar 500 rupiah sampai 1000 rupiah. Memang jika dilihat, dengan keuntungan seperti itu akan lama mendapatkan keuntungan. Sistem bisnis pulsa ini yang menarik, Anda pasti akan balik modal ketika saldo Anda habis. Jadi perhitungan rugi Anda akan sedikit, karena modal pasti akan kembali.

 

Kerugian bisnis pulsa

Tidak fair jika membicarakan keuntungan bisnis pulsa saja, kita akan membahas apa saja kerugian bisnis pulsa. Tujuan menulis kerugian bisnis pulsa ini semata agar Anda bersiap-siap jika mengalami kerugian.

  • Anda akan dekat dengan hutang

Bisnis pulsa akan mendekatkan Anda dengan hutang. Kenapa? Karena tukang pulsa sangat mudah untuk diminta hutang. Jadi Anda harus pintar-pintar mengatur agar para pelanggan Anda tidak berhutang kepada Anda

  • Keuntungan sedikit

Kenapa ini ada dibagian keuntungan dari kerugian? Karena ini bisa membuat Anda berpikir dua kali untuk berbisnis pulsa. Ini semua tergantung bagaimana pandangan dan semangat Anda untuk membesarkan bisnis pulsa Anda.

  • Saingan Anda banyak

Dengan modal bisnis yang sangat sedikit, tentu Anda tidak sendirian di pasar ini. Sekarang hampir disetiap jalan besar ada kios pulsa. Lalu disetiap kantor besar, pasti ada salah satu teman Anda yang berjual pulsa. Jadi Anda harus bersiap untuk mendapat banyak saingan jika terjun di bisnis pulsa.

  • Harga sangat bervariasi

Mengapa harga pulsa di kios-kios berbeda dengan harga di tukang-tukang pulsa? Karena meereka mengambil untung yang berbeda-beda. Di kios biasanya mereka mengambil untuk sedikit, maka dari itu harga biasanya lebih murah. Lalu di tukang pulsa yang tidak mempunyai toko, biasanya mengambil keuntungan yang agak banyak. Jadi, Anda harus pintar-pintar dalam mengatur harga, jangan terlalu banyak mengambil keuntungan. Anda harus riset pasar lebih dalam sebelum menentukan harga pulsa Anda.

 

Apa itu server pulsa all operator dan chip sendiri

Ini yang sering ditanyakan oleh calon pebisnis pulsa. Apa bedanya server pulsa all operator dengan chip?

  • Server pulsa all operator

Server pulsa all opertator ini adalah Anda memanfaatkan jasa service pihak ketiga untuk mengisi pulsa. Dan ini biasanya yang digunakan oleh tukang pulsa karena murah.

Keuntungan:

  • Satu kartu untuk semua operator. Jadi Anda tidak perlu repot-repot mengisi semua kartu operator dengan pulsa. Jadi kita deposit pulsa 100 ribu ke server, maka itu bisa digunakan untuk mengisi pulsa ke semua nomor.
  • Produk lengkap. Jadi Anda tidak hanya berjualan pulsa, tetapi juga bisa berjualan token listrik, voucher game dan beberapa tagihan lain.
  • Transaksi mudah. Transaksi bisa dilakukan dengan melakukan SMS, Yahoo! Mesenger maupun WhatsApp.
  • Tidak ada target transaksi.
  • Tidak ada kadularsa deposit

Kelemahan:

  • Biasanya transaksi akan sedikit lambat jika server penuh.
  • Biasanya harga lebih mahal dari pada chip operator.
  • Chip sendiri

Chip sendiri ini adalah chip yang dikeluarkan secara resmi oleh para operator seluler. Beberapa produk chip ini antara lain Mkios, Mtronik, Domput, Evo, STK Tri dan lain-lain. Jadi Anda tidak perlu bertransaksi melalui pihak ketiga atau lewat server pulsa.

Keuntungan:

  • Proses lebih cepat
  • Harga lebih murah

Kerugian:

  • Ribet karena Anda harus mengurus chip satu persatu. Karena 1 chip bisa digunakan 1 operator. Jadi jika Anda ingin mempunyai 5 operator, berarti Anda harus mengurus 5 chip.
  • Modal besar
  • Ada target. Ini yang tidak enak, beberapa chip memasang target, jika target tidak terpenuhi biasanya chip akan dihapus.

Setelah melihat beberapa tips bisnis pulsa diatas, tentu Anda dapat memilih sebagai pemula yaitu menggunakan server pulsa all operator. Selain mudah digunakan, server pulsa all operator  tidak ada target transaksi. Tetapi ketika bisnis pulsa Anda sudah mulai naik, Anda bisa mengganti beberapa operator Anda dengan chip. Disini Anda bisa mengejar harga yang lebih murah.

 

Bagaimana cara memulai bisnis pulsa?

Dari tadi teori-teori, pertanyaan penting adalah bagaimana caranya memulai bisnis pulsa. Ini akan beberapa cara memulai bisnis pulsa.

  • Survey pasar

Kami ibaratkan Anda bekerja di perusahaan besar, dengan karyawan ribuan. Mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore Anda dan teman-teman Anda selalu berada didalam lingkungan kantor. Makan siang di kantin dan istirahat pun disekitaran kantor. Ini adalah peluang bisnis untuk menjadi pebisnis pulsa. Anda bisa menjadi tukang pulsa keliling, tentu teman Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar kantor untuk membutuhkan pulsa bukan?

Itu adalah contoh bagaimana melakukan survey pasar. Jangan sampai Anda salah survey pasar, misalnya Anda tinggal di daerah padat pemukiman. Dan sudah banyak tentangga Anda yang membuka kios pulsa, tentu tidak mungkin Anda juga membuka kios pulsa.

  • Pilih kios pulsa yang terpercaya

Sekarang banyak sekali website-website yang merekrut untuk berjualan pulsa dengan segudang keuntungan. Anda pasti tertarik dengan keuntungan tersebut, tetapi jangan gampang percaya. Anda harus melakukan riset yang sangat dalam tentang distributor pulsa. Anda harus yakin bahwa distributor pulsa tersebut terpercaya. Dan yang terpenting punya sistem yang jelas.

Biasanya disekitar rumah Anda terdapat banyak sekali kios yang menawarkan bisnis pulsa, ini bisa Anda lihat dan tanyakan lebih detail daripada melihat web promosi yang tidak jelas.

  • Harga yang ditawarkan

Di website-website promosi bisnis pulsa, biasanya tertulis harga pulsa yang sangat murah. Jangan mudah percaya dahulu, bandingkan dahulu dengan kios pulsa terdekat. Harga-harga di website promosi tersebut biasanya tidak update, tentu ini menipu calon pembeli.

  • Pilih yang menyediakan produk lengkap

Biasanya beberapa distributor pulsa tidak menyediakan salah satu operator. Itu tentu merugikan Anda. Salah satu tips bisnis pulsa terpenting adalah pilihlah distributor pulsa yang menyediakan fitur-fitur lengkap dan tentu all operator.

  • Pilih customer service yang setiap sedia

Anda tidak mungkinkan ketika mengisi pulsa pelanggan tetapi pulsanya tidak masuk atau lama lalu sang distributor pulsa tidak bisa dihubungi. Jadi pilihlah distributor pulsa yang bisa selalu dihubungi. Bahkan ada bebera konter pulsa yang mempunyai CS 24 jam

Itulah cara-cara memulai bisnis pulsa. Sekarang kami logikakan Anda sudah menjadi pebisnis pulsa. Lalu langkah apa yang harus Anda lakukan setelah menjadi pebisnis pulsa?

iphone-lama

Langkah-langkah setelah menjadi pebisnis pulsa

Perjalanan Anda belum berakhir sampai disini. Inilah cara bisnis pulsa agar Anda berakhir bahagia.

  • Promosi

Bisnis tanpa promosi ibarat sayur tanpa garam. Tidak terkecuali dengan bisnis pulsa, Anda juga harus melakukan promosi. Jika Anda menjadi pebisnis pulsa keliling, Anda harus sering-sering berpromosi kepada teman kalian bahwa Anda berjualan pulsa dan bisa dihubungi kapan saja. Ketika semua itu Anda lakukan, dijamin Anda adalah pilihan pertama jika pulsa Anda habis.

  • Membuat aturan penjualan

Ini sangat-sangat penting untuk menghindari segala bentuk hutang. Anda harus mempunyai aturan penjualan yang jelas. Mulai bagaimana cara membeli, cara membayar dan cara komplain. Beberapa pebisnis pulsa bangkrut karena keterlambatan para pembelinya membayar, Itu terjadi karena mereka terlalu lemah dalam menegakkan aturan penjualan.

Jangan sekali-sekali memberikan hutang, dan selalu catat setiap transaksi. Ketika memang benar-benar terdesak atau Anda sedang melayani transaksi dari jarak jauh.

  • Jika memungkinkan miliki toko fisik

Tentu Anda tidak mau hanya terus menjadi penjual pulsa keliling, Anda harus mempunyai target untuk mempuyai toko fisik sendiri. Entah itu toko fisik Anda berada dirumah atau Anda menyewa tempat lain. Enaknya mempunyai toko sendiri adalah Anda bisa menjual produk lain selain pulsa, misalnya aksesoris handphone, jual beli, sampai service.

  • Putar modal Anda

Ketika Anda sudah mendapatkan banyak pelanggan dan beberapa pelanggan tetap. Anda berarti sudah bisa mengumpulkan keuntungan. Jangan sekali-sekali tergoda untuk membeli sesuatu, selalu pisahkan uang untuk bisnis dengan uang pribadi Anda. Dan pakai uang tersebut untuk perputaran bisnis Anda.

  • Sesekali berilah promo diskon

Pelanggan sangat suka sekali dengan hal-hal yang berbaru promo atau diskon. Berilah sesekali promo dan diskon, misalnya jika membeli pulsa 10 kali mendapatkan bonus pulsa atau diskon pada hari-hari tertentu. Ini akan efektif untuk menjaring para pelanggan-pelanggan baru.

 

Sekarang sudah mengertikan secara detail bagaimana cara bisnis pulsa. Bagaimana menurut Anda, sudah siap untuk meraup keuntungan bisnis pulsa? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

10 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Raja Chatting Jadi Orang Terkaya Ketiga di Tiongkok

Inilah Orang-Orang Super Kaya Berkat Video Game

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+