Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Bisnis Pulsa Telepon Seluler Yang (Masih) Menggiurkan


Pangsa pasar bisnis di bidang telekomunikasi di Indonesia memang sangat menggiurkan. Dengan total penduduk lebih 250 juta serta melimpahnya pengguna telepon seluler, bisnis isi ulang pulsa memang cukup memberi harapan bisnis yang cerah bagi yang pandai memanfaatkannya. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Nielsen, persentase pengguna telepon seluler mengalami penanjakan yang cukup besar yaitu tumbuh dari 23 persen menjadi 53 persen dalam 4 tahun terakhir. Bisnis isi ulang pulsa ini marak beredar pada tahun 2005. Agen-agen pulsa banyak bermunculan disana-sini. Kebutuhan komunikasi pun menanjak seiring meledaknya tren telepon seluler itu sendiri. Belakangan ini kita dapat dengan mudahnya melihat agen penjual pulsa di warung-warung atau bahkan ada yang bekerja sambilan sambil menawarkan isi ulang pulsa di kantor.

Agen-agen pulsa yang terus bermunculan bagai jamur di musim hujan. Bagaimanakah peluang bisnis isi ulang pulsa ini ke depannya? Bisnis isi ulang pulsa seperti halnya dengan bisnis-bisnis lainnya merupakan suatu peluang usaha yang tersedia. Di mana ada peluang usaha maka disana pasti ada pembeli dan produsen yang menawarkan sebuah produk. Menangkap peluang bisnis ini sebenarnya tergantung pada yang mengembangkannya. Sebuah produk pasti memiliki sebuah nilai yang layak untuk di jual. Dalam dunia bisnis, sebuah usaha pada dasarnya sama, hanya yang membedakan adalah bagaimana produk itu di jual. Bagaimana strategi yang akan di lakukan, apakah harga yang ditawarkan lebih murah atau lebih mahal, yang jelas sebuah produk dapat ditentukan nilai ekonomisnya.

Usaha apapun itu, apabila ada banyak orang yang menjalankannya, maka bisa dibilang ada beberapa faktor bisnis yang menentukannya. Entah karena banyaknya keuntungan, kemudahan cara menjalankan, tren pasar, hingga kebutuhan yang sangat besar dari konsumen. Memulai sebuah bisnis dapat diawali dengan pengamatan fenomena serta memperhatikan segala untung ruginya. Melakukan riset adalah hal penting ketika memulai usaha. Kita dapat mengenali produk tersebut dan mengamati detil-detilnya. Data serta informasi yang telah diperoleh dapat digunakan untuk beberapa kepentingan, misalnya menentukan produk,harga jual, serta strategi yang akan dijalankan. Riset pasar ini akan sangat membantu.

Oke sekarang kembali lagi ke bisnis penjualan isi ulang pulsa. Anggap saja ada sebuah peluang bisnis yang tersedia dan itu adalah bisnis isi ulang pulsa. Amati baik-baik di sekitar dan pahami fenomena yang ada. Keuntungan dari bisnis isi ulang pulsa relatif kecil, total 300 hingga 1000 rupiah yang dapat diambil setiap transaksinya. Namun, perhitungkan juga berapa kali transaksi dalam satu hari. Perlu diperhatikan juga adalah persaingan bisnis yang sejenis, apabila banyak bisnis yang sejenis bahkan sama, tentu tak akan banyak transaksi yang akan didapatkan.

Bisnis isi ulang pulsa relatif tak banyak memerlukan modal yang cukup besar. Bisnis ini dapat dilakukan dimana saja dan mudah. Kita tidak akan menanggung resiko yang cukup besar serta selalu tersedianya konsumen yang membutuhkan pulsa. Bisnis ini  akan selalu ada selama ada pengguna telepon seluler yang membutuhkan pulsa.