Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Butuh Dana Talangan Untuk Bisnis? Coba Buka GandengTangan


Sebelum Anda salah presepsi, kami akan tekankan bahwa GandengTangan adalah crowdlending bukan crowdfunding. Apa itu crowndlending? Dan apa perbedaanya dengan crowdfunding? Jika di crowdfunding Anda benar-benar mendonasikan uang Anda kepada bisnis, sedangkan crowdlending jika Anda berdonasi maka uang Anda bisa kembali. Jadi crowdlending adalah sistemnya pinjam, ketika Anda berdonasi uang Anda bisa kembali.

 

Alternatif selain crowdfunding

GandengTangan diluncurkan pada tanggal 16 Maret 2015 kemarin. Seperti dilaporkan oleh TechInAsia, GandengTangan merupakan website crowdlending pertama di Indonesia. Jika berbicara crowdfunding, di Indonesia sudah ada banyak crowdfunding seperti KitaBisa.com, Wujudkan.com dan Crowdtivate.com.

Sang CEO yaitu Jezzie Setiawan juga berkata kepada TechInAsia, GandengTangan merupakan salah satu alternative untuk para entrepreneur agar bisa mewujudkan bisnisnya. Ketika banyak yang ragu-ragu untuk mengeluarkan uang di crowdfuding, GandengTangan akan menghapus keragu-raguan tersebut. Dengan sistem pengembalian, orang-orang Indonesia tidak akan ragu-ragu lagi.

Jadi orang yang berinvest di GandengTangan akan melihat bagaimana uang mereka dihabiskan dan akan digaransi uang mereka akan kembali.

 

Lalu bagaimana cara para entrepreneur bergabung?

Untuk mendaftarkan proyeknya, setiap entrepreneur harus menyertakan proposal secara lengkap. Dapat dikatakan Anda yang berminat harus membuat business plan kepada GandengTangan, setelah itu akan direview oleh tim GandengTangan dan yang lolos bisa mempresentasikan bisnisnya di GandengTangan.

Tetapi ternyata di GandengTangan tidak semua bisnis dapat masuk. Hanya bisnis yang berbasik sosial entrepreneurship dan bisnis Anda harus menghasilkan uang. Selain itu bisnis Anda harus sudah berjalan setidaknya minimal 6 bulan dan sedang tidak dalam keadaan akan bangkrut.

Lalu GandengTangan akan mempersilahkan Anda untuk presentasi selama maksimal 45 hari untuk mendapatkan pinjaman. Setelah mendapatkan dana pinjaman, para entrepreneur harus mengembalikan dana ketika sudah mulai mendapatkan keuntungan. Sebagai kompensasi, GandengTangan akan menarik sekitar 5% dari total dana pinjaman.

gandeng-tangan

Target Setiawan, GandengTangan selama 2 tahun kedepan bisa mendapatkan 120 sampai 160 entrepreneur dan 17 ribu penyumbang dana dari seluruh Indonesia. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: CRI]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

10 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Raja Chatting Jadi Orang Terkaya Ketiga di Tiongkok

Inilah Orang-Orang Super Kaya Berkat Video Game

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+