Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Agar Anda Tidak Merasa Bekerja di Neraka


Akuilah, Banyak Orang yang Merasa Tempat Kerjanya Adalah Neraka. Ini Cara Agar Anda Tetap Termotivasi.

Banyak hal dalam pekerjaan bisa membuat kita tidak termotivasi. Apalagi di dunia entrepreneur. Misalnya karena profit yang stuck di angka itu-itu saja. Karena tidak termotivasi, kinerja kita jadi rendah. Kita jadi tidak produktif. Seringkali, kita merasa tempat kerja tidak ada bedanya dengan neraka. Kita mengabaikan komitmen untuk mengembangkan bisnis. Ketika hal ini terjadi pada Anda, apa yang harus Anda lakukan?

 

1. Berkonsentrasi. Satu waktu satu tujuan.

Banyak orang mencoba untuk multitasking. Yang  tidak mereka ketahui adalah, tidak semua orang bisa melakukannya. Yang Anda temukan justru malah pekerjaan yang tidak kunjung selesai-selesai. Begitu Anda merasa kelebihan beban, Anda akan merasa gagal, kemudian malas. Maka, lebih baik tulis gol Anda ke dalam selembar kertas, kemudian selesaikan satu persatu. Anda akan lebih mudah untuk fokus dan termotivasi.

 

2. Pilih target yang membuat Anda termotivasi.

Anda akan lebih bersemangat ketika Anda mengerjakan hal-hal yang menarik bagi Anda, bukannya hal-hal yang harus Anda lakukan. Anda lebih termotivasi jika Anda mengerjakan sesuatu yang benar-benar ingin Anda capai. Akan tetapi, kadang-kadang Anda harus melakukan pekerjaan yang tidak Anda sukai. Jika hal ini terjadi, Anda masih bisa menemukan hal-hal yang menarik di dalamnya.

bekerja-di-neraka

3. Jadwalkan waktu break.

Jika Anda terus-menerus bekerja, Anda akan kelelahan. Seluruh energi Anda akan terbakar, kemudian produktivitas Anda akan merosot. Maka, pastikan Anda memiliki jadwal istirahat yang teratur. Katakan pada diri Anda untuk mengambil istirahat sepuluh menit setiap Anda selesai mengerjakan sejumlah pekerjaan. Makan siang, ambil kopi, jalan-jalan, atau sekedar bergosip dengan orang lain di kantor.

 

4. Kelilingi diri Anda dengan orang yang termotivasi.

Inilah kenapa ada baiknya Anda tidak bekerja sendiri. Ketika Anda dikelilingi oleh orang-orang yang termotivasi, Anda akan lebih semangat bekerja. Ketika Anda bermalas-malasan atau bermain-main di tempat kerja pun, maka ada orang lain yang akan senantiasa menegur Anda dan membuat Anda fokus.

 

5. Menata ulang tempat kerja Anda.

Anda tidak termotivasi bisa jadi karena ada terlalu banyak gangguan di lingkungan Anda saat ini. Warna-warni dinding bisa sangat mengalihkan. Pemandangan bilik segi empat Anda bisa sangat membosankan. Maka, Anda bisa coba pindah ke ruang konferensi atau bahkan dari rumah, atau menata ulang tempat kerja Anda.

 

6. Mencari sesuatu untuk dinantikan.

Mulai dari sekedar rencana ngedate di malam harinya, hingga bisnis yang menghasilkan profit besar dan mengubah nasib, ketika Anda tahu bahwa ada hal baik yang layak untuk dinantikan, maka Anda akan lebih mudah untuk termotivasi.

Anda punya cara lain agar Anda tidak merasa bekerja di neraka? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Logan]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Inilah Wanita Terkaya di Dunia

Berbincang Dengan Investor Muda Sukses Indonesia

Johnny Andrean: Putra Indonesia yang Sukses di Bisnis Salon, Roti, dan Donat

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+