Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Bisnis Online untuk UKM


UKM Biasanya Tidak Mempunyai Modal Besar Untuk Berpromosi. Bagaimana Untuk Meningkatkannya? Simak Cara Bisnis Online untuk UKM Berikut Ini.

Sobat Studentpreneur, mungkin saat ini Anda sudah punya bisnis yang jalan secara offline. Akan tetapi Anda baru menyadari betapa dahsyatnya kekuatan dunia online untuk memperluas jangkauan pemasaran Anda. Ketika Anda memutuskan untuk bergabung dalam gegap gempita dunia online, dari mana Anda bisa memulai?

 

Membangun website

Kenapa harus dimulai dari website? toh saya bisa pakai marketplace atau social media? Jualan di dunia online dan offline itu sedikit banyak analoginya sama. Anda perlu ruang untuk memasarkan barang Anda. Jika jualan di ruang keramaian seperti marketplace sama dengan jualan di pasar, maka jualan di website sama dengan jualan di toko sendiri. Anda seolah punya ruang tersendiri. Anda punya ruang yang lebih eksklusif. Dan tentu saja, setelah punya website, Anda juga bisa tetap jualan di marketplace untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda. Pebisnis yang pintar akan memanfaatkan setiap channel yang ada.

 

Menciptakan blog

Anda tidak mungkin bisa setiap hari update produk di website Anda. Maka, Anda bisa menyiasatinya dengan menciptakan blog sampingan. Blog adalah media kaya konten yang memungkinkan Anda untuk update konten tulisan setiap saat. Di sini, Anda bisa menulis berbagai macam opini tentang apa yang sedang terjadi di industri Anda, sekaligus menciptakan reputasi sebagai seorang ahli di bidang Anda saat ini. Konten berupa tulisan lebih diminati oleh Google, sehingga ia lebih mudah untuk menarik traffic. Nah, barulah dari blog ini, Anda bisa mengarahkan pengunjung ke website toko online Anda dengan memasang sejumlah hyperlink di sana-sini. Maka Anda dapat banyak traffic organik.

bisnis-online-ukm

Menarik customer ke website Anda

Selain mengupayakan Search Engine Optimization (SEO) melalui blog, ada pula banyak media yang dapat Anda gunakan untuk menarik trafik kunjungan secara alami. Salah satunya adalah melalui sosial media. Dengan aktif di sosial media, Anda sangat mungkin untuk menjangkau customer Anda yang juga tengah bermain sosial media. Lagipula, pengguna sosial media cenderung senang berbagi konten yang menurut mereka bermanfaat. Di sinilah pentingnya blog Anda. Dengan menulis konten-konten yang bermanfaat, Anda bisa mendorong tingkat berbagi di sosial media.

 

Newsletter

Newsletter adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk menarik kembali pembeli lama Anda agar stay informed terhadap website Anda dengan harapan suatu saat mereka akan kembali mengunjungi website Anda. Lagipula, pekerjaan sehari-hari sebuah bisnis selain menarik pelanggan baru adalah menarik pelanggan lama untuk kembali membeli. Maka, di awal berdirinya website Anda, ada baiknya kalau Anda sudah mempertimbangkan untuk membangun fitur newsletter. Email marketing lebih murah dan lebih efektif daripada media cetak, TV atau radio karena ia bisa dibilang sangat bisa disesuaikan agar pas dengan target market dan segmen Anda.

 

Menandai diri Anda sebagai ekspert di bidang tersebut

Kenapa penting? Seiring dengan semakin tingginya kredibilitas Anda, maka semakin banyak jadwal manggung Anda. Yang berarti sumber pemasukan baru bagi Anda, atau paling tidak kesempatan untuk mempromosikan bisnis Anda di audiens yang nyata dan luas. Akan tetapi, aturannya adalah, Anda harus selalu memastikan bahwa setiap waktu yang Anda habiskan sebagai pembicara memang layak untuk Anda luangkan. Berapa menit yang Anda habiskan sebagai pembicara minimal harus menghasilkan impact yang sama dengan berapa menit yang Anda habiskan untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda secara online.

Internet berubah begitu cepat sehingga satu tahun secara online sama dengan lima tahun di dunia nyata. Tetapi prinsip-prinsip untuk memulai dan mengembangkan bisnis secara online sedikit banyak sama. Jika Anda baru mulai usaha kecil secara online, maka Anda bisa mengikuti urutan tersebut untuk melakukan ulasan cepat dan melihat apakah ada langkah Anda abaikan, atau tidak Anda lakukan secara maksimal. Jadi Sobat Studentpreneur, apakah Anda sudah melakukan semua langkah tersebut? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: SEO]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Gadis Cilik yang Dianggap Anak Ajaib di Bisnis Fashion Indonesia

Inspiratifnya Pendiri Aqua yang Dulu Dihina-hina dan Diremehkan

Cara Menjadi Kaya Ala Milliarder Luar Negeri (Graphical)

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+