Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Jitu Memberdayakan Pelanggan


Pelanggan adalah aset penting yang selalu dibutuhkan oleh perusahaan manapun. Dalam dunia bisnis, pelanggan sewajarnya mendapat perlakuan yang baik sehingga dikemudian hari menjadi pelanggan yang loyal.

Namun, ketika perusahaan memasarkan produknya, tak banyak yang memberikan informasi rinci kepada pelanggan tentang produk yang sedang dipasarkan. Padahal, pemberian informasi ini berpotensi untuk mendorong pelanggan mendapatkan layanan seoptimal mungkin. Kemudian, hal yang patut dilakukan oleh perusahaan adalah mendapatkan akses informasi maupun umpan balik dari pelanggan dalam bentuk survei kepuasan pelanggan.

Layani Keluhan Pelanggan Dengan Baik (Photo Courtesy: Photostock)

Dengan adanya survei kepuasan pelanggan, perusahaan dapat mengetahui umpan balik terhadap produk yang ditawarkan serta informasi riil yang terjadi terhadap pemakaian produk maupun layanan yang ditawarkan. Informasi ini dapat digunakan oleh perusahaan dalam menentukan strategi pemasaran kepada pelanggan berikutnya.

Contoh studi kasus yang dapat dijadikan contoh adalah strategi yang dilakukan oleh Ryder. Sebagai perusahaan penyewaan truk terbesar di dunia, kinerja Ryder mengalami penurunan yang cukup signifikan. Prestasi Ryder yang berjaya sebagai perusahaan penyewaan truk nomor 1 melorot di urutan 2 di Amerika.

Untuk mengatasi hal ini, Ryder menyadari akan pentingnya pelayanan pelanggan. Mereka memerlukan lebih dari sekadar penggunaan informasi yang lebih efektif. Oleh karena itu, mereka menggunakan penekanan pada tiga pengaruh kunci yang berkaitan langsung dengan pelanggan.

Pertama, Ryder berusaha meningkatkan kebutuhan penunjang untuk membantu pelanggan dalam melakukan pembelian. Mereka membuat brosur-brosur yang menjelaskan secara rinci dan jelas mengenai asuransi yang ditawarkan oleh Ryder. Hal lain yang dilakukan oleh mereka adalah memberikan daftar perbandingan produk dengan produk lain. Hal ini didasari oleh sifat pelanggan yang ingin mengetahui keunggulan produk dengan produk lain. Maka, Ryder menyediakan daftar perbandingan yang menonjolkan daya saing produknya untuk meyakinkan pelanggan memilih produk mereka.

Kedua, Ryder berusaha membantu pelanggan dalam menggunakan layanan yang diberikan. Mereka menyediakan panduan gratis mengenai hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika pelanggan mulai menggunakan layanan. Pelanggan maupun calon pelanggan yang menggunakan layanan ini pasti akan terbantu dengan pemberian informasi yang diberikan oleh Ryder.
Ketiga, Ryder berusaha membantu pelanggan secara berkelanjutan. Mereka meyakinkan pelanggan bahwa setiap cabang selalu dikelola dengan professional. Perusahaan memberikan layanan yang terbaik dengan penampilan identitas perusahaan yang kuat serta didasari oleh komitmen terhadap pelanggan.

Ryder selalu mengamati dengan cermat serta berkala melalui survei kepuasan pelanggan yang diletakkan secara mencolok. Mereka menempatkan survei ini di setiap tempat duduk di dalam truk. Survei kepuasan ini dimanfaatkan oleh Ryder sehingga dapat berkontribusi dalam mengubah bisnisnya.

Mempelajari studi kasus yang dilakukan oleh Ryder, ada beberapa hal yang dapat dipetik.

1. Pastikan pelanggan maupun calon pelanggan mudah mendapatkan informasi. Anda dapat memberikan informasi yang rinci, lengkap, dan jelas tentang berbagai layanan serta manfaat dari produk yang Anda tawarkan.

2. Kumpulkan umpan balik dari pelanggan untuk mengukur kepuasan pelanggan serta mendapatkan citra perusahaan yang berfokus pada pelanggan.

3. Berikan informasi yang bersifat instruksional, ide, panduan online maupun kontak yang dapat dihubungi guna memanfaatkan pelanggan dikemudian hari. Anda juga dapat menawarkan saran untuk menyesuaikan produk Anda dengan kebutuhan mereka.