Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Membuat Bisnis Lebih Menyenangkan Bagi Karyawan dan Pelanggan Anda


Bisnis Tidak Harus Selalu Serius. Bisnis yang Menyenangkan Juga Bisa Memberi Keuntungan Besar.

Gamification. Adalah cara untuk membuat kerja dan tugas yang membosankan dan mudah diprediksi jadi lebih menarik bagi karyawan. Bagi pelanggan, gamification berarti engagement, retensi, dan loyalitas lebih tinggi terhadap brand. Bagaimana bisa?

Gamification sendiri berarti mengambil sebuah proses tertentu dalam bisnis Anda yang biasanya dijalankan secara biasa-biasa saja, kemudian mengubahnya menjadi permainan yang partisipatif dan kompetitif.

 

Gamification bagi karyawan.

Karyawan memang cenderung diprogram untuk menuruti semua tugas-tugas yang Anda berikan. Mengubah metode Anda ketika memberikan tugas, dengan cara membuat mereka lebih terlibat, akan meningkatkan produktivitas dan moral di dalam perusahaan Anda.

Statistik Concur menyebut bahwa karyawan yang terlibat akan 43% lebih produktif, 23% menghasilkan lebih banyak revenue, dan 87% lebih tidak mungkin meninggalkan perusahaan. Dan gamification akan meningkatkan keterlibatan karyawan sebesar 60%. Sayangnya di dunia ini, hanya 13% perusahaan yang benar-benar melibatkan karyawan mereka.

gamification

Gamification bagi pelanggan.

Pelanggan jaman sekarang adalah pelanggan yang malas untuk terlibat. 54% customer tidak mau aktif dalam program loyalitas. 69% tidak mau bergabung dalam komunitas online. Menambah gamification pada website Anda akan meningkatkan keterlibatan dengan hampir 1/3. Gamification akan mengundang pelanggan lebih mungkin: 13% komentar, 22% sharing sosial media, 68% pencarian konten, 140% waktu di situs, 600% klik belanja.

 

Cara menambah gamification.

Anda tidak bisa asal memodifikasi gamification pada setiap proses dalam bisnis Anda. Karena di setiap game, tentu harus disertai dengan reward. Artinya, gamification lebih baik hanya digunakan ketika ia memang benar-benar efektif (untuk tahu apakah sebuah gamification efektif atau tidak, Anda perlu mengevaluasi gamification Anda berkali-kali). Namun, berikut adalah 5 langkah menerapkan gamification:

1. Ketahui yang diinginkan customer dan karyawan Anda.

2. Memahami produk Anda.

3. Menawarkan pada karyawan, alasan untuk terlibat, dan bagi pelanggan, alasan untuk kembali.

4. Menyediakan goal yang jelas untuk dikejar.

5. Hadiahi.

Ada banyak cara untuk membuat kerja maupun promosi jadi lebih menarik. Misalnya poin travel bagi karyawan. Setiap jarak 1 kilo, mereka mendapat 1 poin. Poin diakumulasi setiap bulan, karyawan dengan poin terbanyak mendapat penghargaan. Atau poin diskon bagi pelanggan. Sesederhana itu, namun pengaruhnya mungkin besar.

Anda sudah pernah coba gunakan gamification? Mungkin sudah, namun Anda tidak sadar saja kalau namanya adalah gamification. Benar kan?

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Matthew]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Malaysia Airlines Terancam Bangkrut Setelah Berbagai Tragedi Kecelakaan

Entrepreneur Sukses Ini Pernah Ditolak 300 Kali dan Tidak Menyerah

Ini Perbedaan Bank Syariah dengan Bank Konvensional

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+