Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Mendapatkan Investor Yang Tepat Untuk Bisnis Anda


Ketika ide sudah ada di tangan, business plan sudah ditulis, mental sudah disiapkan untuk eksekusi, maka satu-satunya yang anda seorang entrepreneur muda perlu lakukan adalah memilih investor yang tepat untuk usaha impian tersebut. Sobat Studentpreneur harus mengetahui bahwa tiap ide bisnis dan tipe entrepreneur mempunyai kebutuhan investor yang berbeda-beda. Berikut adalah cara mendapatkan investor untuk bisnis anda dengan tepat.

investor21

Dua Jenis Investor Secara Umum

Secara umum, jenis-jenis investor dapat dikategorikan menjadi dua, investor aktif dan investor pasif. Seorang investor aktif, selain menanamkan uangnya juga cenderung berperan aktif dalam usaha tersebut. Positifnya, dia akan memberikan pengalaman dan koneksinya yang tinggi kepada entrepreneur muda yang biasanya masih hijau. Namun negatifnya, terkadang investor aktif yang terlalu “aktif” dapat membatasi kreatifitas seorang entrepreneur muda.

Sedangkan investor pasif adalah investor yang hanya menanamkan uangnya ke sebuah bisnis tanpa terlalu banyak ikut campur ke urusan teknis perusahaan. Biasanya investor pasif hanya meminta laporan keuangan rutin dari bisnis tersebut tanpa membatasi keputusan perusahaan. Positifnya, investor pasif membuat entrepreneur muda bisa mencoba bahkan ide tergilanya sekalipun. Namun negatifnya, ketika perusahaan sedang kesulitan, anda tidak bisa mengharapkan bantuan yang terlalu banyak pada investor ini.

Mana yang Cocok Untuk Anda?

Cara mendapatkan investor untuk bisnis anda dengan tepat adalah menanyakan pertanyaan pada diri anda sendiri. Tipe entrepreneur seperti apa diri anda? Apakah anda termasuk entrepreneur yang tidak suka diatur oleh orang lain? Ataukah anda tipe entrepreneur yang menghargai ide orang lain? Anda juga harus mempertimbangkan level pengalaman anda sebelum dapat mencari investor yang tepat untuk bisnis anda.

Ketika anda tidak merasa keberatan untuk mendengarkan pendapat orang lain demi kemajuan perusahaan, maka pilihan terbaik adalah mencari investor aktif. Hubungan dengan investor aktif juga akan memberikan anda kemungkinan menang lebih besar. Apabila anda tipe yang tidak suka diatur, ada baiknya anda mencari investor dengan tipe pasif sehingga bebas menerapkan strategi yang anda mau. Namun apabila anda masih terlalu hijau dan kurang pengalaman di bidang bisnis tersebut, anda harus berusaha menahan ego dan mau belajar dari investor aktif yang akan menularkan pengalamannya yang berharga agar anda bisa menang.

Nah Sobat Studentpreneur, beberapa tips diatas adalah cara mendapatkan investor yang tepat untuk bisnis anda. Apakah anda mempunyai cara lain untuk menemukan tipe investor yang tepat? Silahkan menulis pendapat anda pada fitur komen di bawah ini.