Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara mengatasi beban kerja sebelum libur lebaran


Terkadang pekerjaan dapat menjadi beban bagi seseorang menjelang libur panjang, seperti halnya libur lebaran. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan menunda-nunda serta menumpuk pekerjaan hingga menimbulkan stres menjelang tenggat waktu yang telah diberikan. Pada akhirnya, kamu justru merasa terbebani dengan beban kerja yang banyak sebelum libur lebaran. Studentpreneur punya beberapa cara ampuh yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi beban kerja sebelum libur lebaran tiba.

 Kerja-lebaran

Berdoa Sebelum Bekerja

Sejak kecil kedua orang tua kita selalu mendidik untuk memulai segala sesuatu dengan doa, termasuk ketika hendak mengerjakan suatu pekerjaan di kantor. Dengan berdoa, kamu akan memperoleh energi positif karena meyakini bahwa Tuhan selalu bersamamu dan membantumu dalam mengerjakan sesuatu dengan kemudahan-kemudahan yang Ia berikan. Berdoa sebelum bekerja juga memberikan ketenangan selama proses bekerja sehingga kamu dapat lebih fokus dan berkonsentrasi dalam menyelesaikan beban kerja yang ada.

 

Buat Daftar Susunan Pekerjaan yang Harus Diselesaikan

Setelah berdoa, cobalah untuk membuat daftar yang berisi susunan pekerjaan apa saja yang harus kamu selesaikan. Mulai dengan pekerjaan yang memiliki tenggat waktu paling dekat dan tingkat kesulitan tertinggi. Hal ini akan membantumu untuk bekerja lebih terarah dan terorganisir sehingga tidak ada pekerjaan yang terlewatkan. Kelebihan lainnya adalah kamu bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu bahkan lebih cepat dari yang seharusnya.

 

Kerjakan Bagian Tersulit Lebih Dahulu 

Selain dengan memaksimalkan kemampuan, kamu pun dapat mengatasi beban kerja sebelum lebaran dengan mengerjakan bagian tersulit dalam pekerjaan itu terlebih dahulu. Hal ini dapat mempengaruhi kondisi psikis yang lebih termotivasi karena bagian tersulit saja berhasil dilampaui, tentunya bagian yang lain akan lebih mudah untuk diselesaikan. Suasana hati pun akan lebih baik setelah menyelesaikan bagian tersulit dari suatu pekerjaan.

 

Maksimalkan Kemampuan Dalam Menyelesaikan Pekerjaan

Setiap orang tentu memiliki batasan jenuh sendiri-sendiri, demikian pula dengan dirimu. Untuk mengatasi beban kerja sebelum libur lebaran, cobalah untuk lebih memaksimalkan kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut. Selain dapat membuat pekerjaan lebih cepat selesai, kamu pun akan merasakan kepuasan tersendiri karena telah menggunakan seluruh kemampuan dalam menyelesaikannya. Hindari untuk menunda pekerjaan karena hal itu bisa membuat pekerjaan akan terlihat semakin sulit dan menumpuk dengan tugas-tugas baru yang akan datang.

 

Selalu Ingat Keluarga

Cara mengatasi beban kerja sebelum libur lebaran tiba adalah dengan selalu mengingat keluarga. Mengingat keluarga berarti kamu mengerti bahwa setelah bersusah payah menyelesaikan tumpukan pekerjaan di kantor kamu akan pulang ke rumah bertemu dengan orang-orang tercinta yang selalu menantimu. Mengingat keluarga juga bisa menambah semangat saat bekerja dan meningkatkan motivasi sehingga pekerjaan dapat terselesaikan tepat pada waktunya.

 

Bekerja dengan Ikhlas

Bekerjalah dengan ikhlas sehingga yang kamu lakukan akan menjadi bagian dari ibadah bagi dirimu sendiri. Keikhlasan ini akan membuat kamu terus bersemangat karena getaran positif memenuhi pikiranmu. Dengan getaran positif itu kamu pun akan terus bertindak menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik.

Setiap pekerjaan tentu memiliki kesulitannya sendiri-sendiri sehingga kamu harus mampu memilah mana yang terlebih dulu harus diselesaikan agar tidak menjadi beban kerja. Jangan sekali-kali meremehkan suatu pekerjaan sehingga kamu tidak dengan segera menyelesaikannya. Mengatasi beban kerja sebelum libur lebaran bisa dilakukan dengan cara-cara tadi. Apakah kamu tertarik untuk mencoba? Semoga berhasil ya!