Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Mengenali Pelanggan yang Loyal


Pernahkah anda melihat ada orang yang sering membeli ke toko yang sama? Ya, itu adalah salah satu contoh dari keloyalitasan pelanggan. Loyalitas pelanggan merupakan tujuan akhir yang ingin dicapai oleh setiap perusahaan. Menjaga hubungan baik harus lebih serius dilakukan. Istilah saat ini adalah, customer relationship management. Pelanggan yang loyal tentunya harus diperlakukan lebih spesial. Nah, bagaimana cara mengetahui mana pelanggan yang sudah loyal dan mana yang belum? Berikut beberapa cara untuk mengidentifikasi pelanggan:

cust loyalty

  • Advocate

Advocate disini berarti membela. Pelanggan yang loyal mau membela produk yang kita tawarkan tidak peduli apapun yang terjadi. Salah satu contoh adalah pada saat bank A mengalami situasi sulit dimana nasabah lain melakukan rush besar-besaran karena gelisah dengan keadaan krisis moneter 1998, nasabah bank yang loyal akan tetap menyimpan uang di bank A tadi, bahkan meminta orang lain untuk melakukan hal yang sama. Dari kegiatan advocate inilah bank A tadi mulai merangkak kembali dan survive dari krisis moneter..

  • Referral

Istilah kerennya dari mulut ke mulut. Loyalitas pelanggan dapat dilihat dari seberapa besar pelanggan mau menginformasikan sebuah produk meski tidak di bayar. Contoh, Budi menceritakan kepada Andre jika baru saja membeli Majalah Studentpreneur dan dahsyatnya Budi terinspirasi dengan ksiah-kisah dari narasumber di majalah tersebut. Secara otomatis, karena adanya referral dari kawan dekat, Andre yang mulai terpengaruh dan mulai mencari-cari kontak dari Majalah Studentpreneur di website juga memutuskan untuk berlangganan secara digital.

  • Involvement

Pelanggan yang sudah loyal terhadap produk tertentu akan lebih mudah untuk terjun langsung dalam program yang dilakukan oleh perusahaan. Salah satu contohnya adalah perusahaan besar kosmetik di Indonesia yang memiliki halaman facebook dan memiliki jumlah anggota satu juta orang. Dari halaman tersebut, perusahaan akan dapat dengan mudah mendapatkan loyalitas konsumennya dengan cara mengajak konsumen untuk ikut terlibat dengan memberikan kuis berhadiah contohnya.

 

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter