Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Menggunakan Linkedin untuk Bisnis


Linkedin bisa menghasilkan banyak koneksi bisnis. Ini panduannya.

Jejaring sosial kini semakin banyak penggunanya. Manfaat praktis yang bisa didapatkan darinya membuat jejaring sosial adalah tempat yang bagus bagi para pelaku bisnis untuk melebarkan sayap mereka di dunia online. Linkedin contohnya. Pasti jejaring sosial yang satu ini sudah tak asing lagi di telinga Sobat Studentpreneur, bukan?

Linkedin merupakan salah satu jejaring sosial yang khusus dipergunakan untuk keperluan bisnis. Tercatat hingga tahun 2007 lalu, terdapat lebih dari 400 juta pengguna. Bagi kamu yang ingin menggunakan Linkedin, berikut tips-tips untuk bisa memanfaatkannya secara maksimal.

 

Membuat Akun Terpisah

Pertama-tama untuk bisa mengakses Linkedin, Sobat Studentpreneur harus membuat akun terlebih dahulu. Jika kamu ingin melakukan personal branding, maka buatlah akun pribadi. Akun ini berisi semua data diri dan pengelaman kerja Sobat Studentpreneur serta prestasi-prestasi yang noteable jika ada.

Kemudian jika kamu ingin agar bisnis atau perusahaan yang kamu miliki dikenal lebih luas oleh khalayak online, maka buat akunnya secara terpisah. Dengan begitu, kamu bisa menuliskan segala informasi positif perusahaan tanpa harus bercampur aduk dengan informasi diri sendiri. Ada baiknya kamu membuat akun pribadi dan akun perusahaan secara terpisah seperti ini agar berkesan lebih professional.

 

Manfaatkan Fitur Rekomendasi

Satu fitur yang dimiliki oleh Linkedin namun tidak ada di media sosial lainnya adalah fitur “rekomendasi”. Melalui fitur ini, kamu bisa meminta bantun teman atau keluarga untuk merekomendasikan profilmu. Hal ini memungkinkan profil kamu dilihat oleh pihak-pihak yang mungkin saja selama ini belum pernah kamu kenal. Hal positif yang bisa kamu dapatkan adalah kemungkinan untuk mendapatkan jangkau relasi yang lebih luas. Sebaliknya, kamu juga harus mau merekomendasikan teman tersebut sebagai timbal balik.

 

Jangan Lupa Update Secara Berkala

Hal yang sering dilupakan oleh sejumlah pengguna Linkedin adalah meng-update informasi terkait profil dan pengelaman mereka. Sobat Studentpreneur, meng-update informasi ini sangat penting, lho! Bisa saja tanpa sepengetahuan kita banyak pengguna lain yang memantau profil kita sebagai referensi untuk diajak bekerja sama.

Jika profil diri sendiri maupun perusahaan kamu yang tercantum di sana tetap itu-itu saja, maka akan membuat orang menjadi enggan untuk kembali mengecek. Meng-update informasi berguna untuk menunjukkan seberapa jauh progres yang kamu buat. Mereka yang akan menjalin kerja sama pun jadi lebih yakin untuk menghubungimu.

 

Buat URL Linkedin yang Mudah Diingat

Agar terlihat lebih profesional, orang sering kali menyertakan tautan Linkedin mereka dalam profil. Agar link profil Anda mudah diingat, maka sebaiknya pilih kombinasi nama dan huruf yang tidak terlalu sulit. Jika ternyata tautan sudah ada yang memakai, maka tambahkan kombinasi angka yang mudah diingat. Tak hanya memudahkan untuk kamu sendiri, tapi juga untuk orang lain yang bekerja sama denganmu.

 

Buat Resume Se-professional Mungkin

Photo Source: Pixabay

Sama seperti akan melamar kerja, membuat resume di Linkedin pun juga harus meyakinkan. Ingat ya Sobat Studentpreneur, meyakinkan bukan berarti harus menuliskannya secara panjang lebar. Justru jika resume yang ditulis panjang lebar, bisa jadi justru akan membuat orang malas untuk membacanya. Juga jangan terlalu singkat hingga informasi yang penting tidak bisa masuk. Beberkan info secara padat dan jelas.

Info-info tersebut bisa mengenai skill atau kelebihan yang kamu miliki. Untuk akun perusahaan kamu bisa menuliskan visi dan misi perusahaan serta benefit yang akan didapat. Prestasi dan pengalaman positif yang sudah didapat juga tak ada salahnya untuk dicantumkan. Hal ini agar bisa menjadi pertimbangan viewer profil kita nantinya.

 

Beri Tautan ke Media Sosial

Viewer yang penasaran dengan kamu akan berusaha menjangkau melalui media sosial. Media sosial bisa menjadi sarana yang bagus untuk menggali informasi mengenai segala hal yang berhubungan dengan seseorang. Untuk itu, kamu perlu menyertakan tautan media sosial seperti Google+, Facebook, Instagram, dan jika memungkinkan berikan juga id aplikasi pesan instan. Menyertakan kontak pesan instan akan memudahkan viewer kita menghubungi secara langsung.

Satu hal tidak boleh kamu lupakan, yakni meng-update info tersebut. Jadi, bukan hanya info profil dan progres prestasi tapi juga kontak yang bisa dihubungi. Sekalinya kamu mengganti akun media sosial atau pesan instan, segera juga sesuaikan dengan yang ada di Linkedin, ya! Informasi kontak ini sangat penting untuk perkembangan bisnismu.

 

Stay Update dengan Fitur Linkedin Today

Photo Source: Pixabay

Linkedin Today adalah fitur khusus yang bisa membantu Sobat Studentpreneur mendapatkan informasi terbaru seputar bisnis yang sedang hangat. Berita yang disajikan ini tidak disajikan secara random, tetapi berdasarkan koneksi dan informasi yang yang telah kamu sertakan di dalam profil. Jadi, pasti berguna. Hal ini tentu saja jauh lebih praktis daripada kamu harus mencari berita yang menarik satu-persatu, bukan? Linkedin memudahkan semuanya. Informasi yang kamu dapatkan dari berita-berita tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis.

Ketika Sobat Studentpreneur ingin mengembangkan bisnis ataupun sekadar personal branding, maka sebaiknya memanfaatkan semua jejaring sosial yang ada, termasuk Linkedin. Semakin banyak jejaring sosial yang kamu pakai, maka kesempatan bisnis kamu untuk dikenal di kalangan pengguna media-media sosial tersebut juga semakin besar, bukan?

Dalam menggunakan Linkedin pun juga tidak boleh sembarangan karena kamu harus memperhatikan tips-tipsnya. Jika digunakan secara tepat, tidak menutup kemungkinan Linkedin akan mampu mendongkrak bisnis Sobat Studentpreneur. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Dasar-Dasar Marketing dari Tung Desem Waringin

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

Cara Mendapatkan Klien Dengan Linkedin

 

Zodiak Yanuarita

Zozo pernah bekerja di berbagai startup Jepang sebelum akhirnya kini membantu startup lokal Indonesia.

Facebook