Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Meningkatkan Minat Anda Jadi Entrepreneur: Memainkan Game Asah Otak


Bermain Game Asah Otak Bisa Meningkatkan Minat Anda Menjadi Entrepreneur.

Apakah prospek Anda berwirausaha terhambat oleh pemikiran Anda sendiri? Jika ya, mungkin ini terjadi karena Anda tidak teratur memberikan latihan kepada otak Anda.

Menurut sebuah penelitian ilmiah yang dipublikasikan di The Guardian, permainan otak memiliki manfaat sebagai berikut: meningkatkan aktivitas otak, memberikan kepuasan emosional dan rasa keberhasilan, meningkatkan memori dan kecepatan pemrosesan, membantu memperlambat penurunan dan mengurangi risiko demensia, meningkatkan konsentrasi dan mengurangi kebosanan.

Misalnya seperti ini: Apa kata pertama yang terlintas dalam benak Anda ketika membaca soal berikut. Ibu Johnny memiliki tiga anak. Anak pertama bernama April. Anak kedua bernama Mei. Siapa nama anak ketiga?

Kebanyakan orang langsung berpikir “Juni” karena mereka dengan cepat melihat pola “April, Mei, dan Juni”. Tetapi jika Anda membaca ulang pertanyaan tadi dengan hati-hati, maka jawabannya harusnya adalah Johnny.

Otak manusia hebat soal mengenali pola. Ia memiliki kecenderungan untuk melihat apa yang mereka harapkan lihat. Itulah mengapa orang cenderung untuk mencari informasi yang mendukung kalau apa yang telah mereka yakini benar. Sehingga seringkali mereka akan melewatkan informasi-informasi yang mengekspos pandangan alternatif, solusi kreatif, atau ancaman kompetisi.

Salah satu studi kasusnya adalah cerita dari majalah Entrepreneur seputar Lori Cheek, founder dari startup Cheek’d yang menghabiskan $120.000 tabungannya. Ia awalnya berhasil menarik publikasi besar-besaran. Namun publikasi ini tidak mampu diterjemahkan ke dalam sales sehingga startupnya justru rugi besar. Beberapa ahli memberinya saran untuk move on, yang mana cuma dibalas oleh Cheek bahwa tidak ada yang mampu menghentikannya.

Memang orang-orang cenderung melihat sesuatu dengan cara yang paling nyaman bagi mereka. Itulah mengapa beberapa perusahaan memudar. Para eksekutif tidak pernah melihat tantangan besar di depan mereka karena mereka hanya melihat apa yang otak mereka ijinkan untuk lihat, apa yang berhasil di masa lalu, dan mengabaikan informasi-informasi baru.

Mungkinkah ini terjadi pada Anda? Apakah Anda terjebak di jalan yang tidak bekerja karena otak Anda tidak akan memungkinkan Anda untuk melihat sesuatu yang berbeda? Sama halnya dengan Anda takut untuk memulai usaha karena otak Anda tidak membiarkan Anda mengantisipasi kesuksesan.

game-otak

“Manusia adalah makhluk yang paling ingin berubah,” kata penulis Holly Green dalam buku ‘Using Your Brain to Win In Today’s Hyper-Paced World’. “Kita jauh lebih mungkin untuk terus melakukan hal yang sama berulang-ulang, bahkan ketika semua data di sekitar kita mengatakan bahwa segala sesuatunya telah berubah. ”

Gunakan bahwa 2,98 pound kecemerlangan Anda, juga dikenal sebagai otak, untuk memimpin Anda kemana Anda benar-benar ingin berada. Carilah cara baru untuk melihat hal-hal. Salah satunya adalah dengan melatih pikiran Anda dengan game-game asah otak.

Beberapa orang percaya bahwa ketika seseorang benar-benar siap untuk sesuatu, maka ia akan muncul. Jika motivasi Anda sebagai entrepreneur belum terealisasi, tanyakan pada diri sendiri, Apakah saya benar-benar siap untuk kemunculannya? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Ericsson]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Orang Terkaya Kelima di Dunia Hidup Sederhana

Anak Muda Indonesia Ini Menolak Tawaran Perusahaan Design Raksasa Amerika Demi Mengejar Mimpi di Indonesia

Jutawan Ini Menganggap Kuliah Tidak Penting

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+