Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Tetap Produktif Dalam Pekerjaan Ketika Stress


Stress bisa terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Terlebih pada mereka yang bekerja dengan rutinitas tinggi. Stress pun menjadi sebuah penyakit yang kerap hinggap pada masyarakat di kota-kota besar seperti Jakarta. Dampak buruknya, stress bisa membuat seseorang cepat emosi dan tidak bisa berpikir tenang.

Bagi seorang entrepreneur, mengatasi stress tentunya menjadi hal yang wajib. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menjadi entrepreneur, Anda haruslah memiliki sebuah cara mengatasi stress untuk menangani hal ini. Solusi tersebut pun bakal Anda butuhkan agar tetap bisa bekerja secara produktif pada saat stress. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda jalankan.

 

1. Tenangkan diri

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan diri. Cara yang paling mudah adalah istirahat sejenak dan bersantai di teras. Cara lainnya, Anda juga bisa berjalan-jalan singkat sekedar untuk melepaskan penat. Di sini, Anda diharuskan untuk melupakan sejenak keseharian yang biasa Anda lakukan.

Stress

2. Teman dan keluarga yang memberi dukungan

Curhat ke teman dan keluarga juga bisa menjadi solusi yang bagus untuk mengatasi stress. Dengan menceritakan masalah pekerjaan Anda kepada orang-orang terdekat, paling tidak Anda pun sedikit melepas beban pikiran. Anda pun juga harus mempertimbangkan kepada siapa Anda menceritakan keluh kesah. Anda tentunya harus curhat kepada orang yang tidak memberikan justifikasi kepada Anda.

Selain sedikit melepaskan beban pikiran, curhat kepada orang-orang terdekat juga membuat Anda bisa mendapatkan solusi masalah dari pandangan lain. Hargai pendapat yang mereka berikan. Bisa jadi pendapat tersebut akan menjadi solusi dari masalah yang membuat Anda stress.

 

3. Berolahraga

Berolahraga juga menjadi sarana yang bagus dalam mengatasi stress. Olahraga yang paling ringan seperti joging bisa Anda lakukan dengan mudah. Atau Anda juga bisa mengajak para karyawan dan teman atau saudara untuk bermain futsal bersama.

Dengan berolahraga, pikiran Anda akan tetap sibuk. Selain itu, berolahraga juga membuat tubuh Anda tetap aktif dan fit. Selanjutnya, setelah berolahraga, Anda bisa beristirahat sekaligus menenangkan diri.

 

4. Tentukan Tujuan Baru

Target Anda tidak tercapai? Tenang, itu bukanlah akhir dari hidup Anda. Anda masih bisa menentukan tujuan baru di bulan atau tahun yang baru. Hal ini pun menunjukkan bahwa Anda adalah seorang yang mudah move on. Terus stagnan pada kegagalan malah membuat Anda terus stress bahkan bisa berujung pada depresi.

Selain itu, Anda juga perlu mem-break down tujuan Anda menjadi beberapa titik-titik kecil. Dengan begitu, Anda pun bisa mengetahui sejauh mana progres kerja tujuan yang ingin Anda capai. Anda juga bisa melihat sejauh mana progress yang sudah Anda capai. Hal ini perlu untuk melihat sisi positif dari pekerjaan sehari-hari Anda.

 

5. Berlibur

Berlibur juga menjadi sarana yang bagus untuk menghilangkan stress. Jenis liburan yang perlu Anda lakukan pun tidak perlu repot-repot. Anda bisa saja pergi ke taman kota bersama keluarga dan melihat hiburan yang ada. Namun kalau ingin lebih santai, Anda bisa pergi ke tempat-tempat yang menarik yang menjanjikan kesunyian.

 

6. Makan teratur

Orang yang stress biasanya susah makan. Hal ini perlu Anda hindari. Setinggi apapun masalah yang tengah Anda hadapi, tubuh Anda tetap memerlukan asupan tenaga. Oleh karena itu, Anda pun harus tetap makan secara teratur. Anda juga harus memakan makanan yang sehat. Jangan juga makan terlalu banyak.

 

7. Bersih-bersih

Tempat kerja yang kotor juga bisa membuat stress Anda semakin parah. Oleh karena itu, ada baiknya Anda membersihkan ruang kerja dan tidak ada salahnya untuk mengatur ulang ruangan tersebut. Dengan sebuah suasana yang bagu, pikiran Anda pun bisa menjadi lebih fresh. Tidak bosan dengan ruangan yang itu-itu saja.

 

8. Sosialisasi

Tujuan utama dari bersosialisasi di sini adalah untuk membuat Anda tersenyum. Pada saat stres, tersenyum adalah sebuah barang yang mahal. Terlebih jika Anda terus menyendiri. Oleh karena itu, Anda perlu menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. Di sini, mau tidak mau Anda pun dipaksa akan tersenyum dengan sendirinya.

 

9. Istirahat singkat

Merasa stres dan capek? Lakukan istirahat singkat. Jangan terlalu memforsir diri Anda. Tubuh Anda perlu yang namanya istirahat. Bekerja terlalu keras juga tidak baik bagi tubuh Anda.

Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya! [Photo Credit: Bernard Goldbach]

 

Baca Juga: 

Pendiri Facebook Menjadi Raja Pesta

Cara Mendirikan Perusahaan Design

Tips Branding Dengan Mendengar

Imam Baihaki

Seorang penulis yang ingin berkeliling Indonesia dan dunia.

Facebook