Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Dapat Investasi 4 Triliun Rupiah, Valuasi Spotify Kini 80 Triliun Rupiah


Di Indonesia mungkin nama Spotify terdengar asing, tetapi di luar negeri sana Spotify sangat dikenal luas. Spotify adalah website musik streaming yang legal. Jadi jangan harap Anda bisa mendownload sembarangan di website Spotify, jadi Anda bisa membeli dan mendownload musik secara legal. Terakhir pada bulan Januari 2015 kemarin pengguna Spotify mencapai 60 juta pengguna.

Kemarin 11 April 2015 seperti laporan dari BussinesInsider, Spotify direncanakan akan mendapatkan investasi sebesar 400 juta dolar atau sekitar 4 triliun rupiah. Karena investasi sebesar itu, diperkirakan nilai perusahaan dari Spotify ini mencapai 8.4 miliar dolar atau sebesar 80 triliun rupiah.

 

Sejarah terbentuknya Spotfify

Pada tahun 2008, pembajakan di Eropa benar-benar merajarela. Hadirnya internet yang sedang berada dipuncak kejayaan membuat para pengguna internet dapat dengan mudah mendownload lagu-lagu secara illegal atau dalam bahasa sekarang adalah bajakan.

Daniel Ek cukup kesal dengan pembajakan ini. Akhirnya pada tahun 2008 di meluncurkan Spotify, sebuah situs streaming musik. Lalu kenapa Spotify bisa sampai terkenal di Eropa bahkan didunia?

Ditahun yang sama, ternyata kehadiran Spotify sangat disambut baik oleh para label. Beberapa label seperti Sony, Emi, Universal dan Warner Group turut bekerja sama dengan Spotify. Sekarang, hampir semua label besar sudah bekerja sama dengan Spotify.

Sebenarnya para pengguna tidak memanfaatkan Spotify hanya untuk membeli lagu, tetapi ada fitur gratisan yaitu mendengarkan lagu secara online. Dari total pengguna 60 juta pada tahun 2015 kemarin, ada sekitar 15 juta subscriber yang mengambil kategori premium.

daniel-ek

Dengan adanya funding yang jumlahnya gila-gilaan ini, Spotify dinilai akan terus berjaya dikategori komersial musik streaming. Bagaimana menurut Anda? Apakah sudah saatnya Indonesia ada startup seperti Spotify yang didukung label premium di Indonesia? Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Leweb]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Padukan Bisnis dan Budaya, Mahasiswa Surabaya Raup Jutaan Rupiah

Inspiratifnya Mantan Tukang Besi yang Jadi Milliuner

Inilah 3 Model Bisnis yang Tak Pernah Sepi Pembeli

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+