Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Dwarapala – Startup Penyedia Platform E-Commerce


Menurut MarkPlus, pengguna internet aktif di Indonesia sebanyak 75 juta orang, sebuah pasar besar yang tentunya sayang kalau kita lewatkan. Inilah alasan kenapa website e-Commerce dinilai sexy oleh banyak investor. Apapun produk yang Anda punyai, website e-Commerce dengan brand Anda sendiri adalah sebuah kewajiban. Masalahnya, bagaimana kalau Sobat Studentpreneur ternyata tidak bisa membuat website sendiri karena kurangnya kemampuan teknis?

Sebuah startup di Jakarta yang datang dan berani mengklaim bahwa mereka dapat memecahkan masalah ini. Dwarapala, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang e-Commerce platform menjawab kebutuhan para pebisnis muda untuk menciptakan e-Commerce dengan brand sendiri. Pengguna Dwarapala hanya membutuhkan waktu 3 menit untuk membuka bisnis online dengan platform yang disediakan oleh Dwarapala. Berikut wawancara singkat Tim Studentpreneur dengan Business Development Manager dari Dwarapala, Joshua.

 

Hi Joshua. Kenapa pebisnis muda harus mempunyai e-Commerce dengan brand sendiri sendiri? Bukannya saat ini sudah ada website seperti FJB Kaskus, Tokobagus, Tokopedia, dan sejenisnya?

Kalau kita punya flagship store sendiri, tentunya usaha yang didirikan akan memiliki kredibilitas. Bagi yang pernah melakukan transaksi lewat portal-portal yang gratis, tentunya pasti pernah mengalami masalah ketidakpercayaan; bagi pembeli untuk pembayaran, dan bagi penjual dalam pengiriman barang. “Tahu darimana si penjual ini niat jualan beneran?” “Tahu darimana si pembeli serius mau beli barangnya?” “Buat apa saya bayar duluan kalau dia aja buka tokonya gratis?” Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin pernah muncul di kepala para pelaku bisnis di forum-forum gratis tersebut. Dengan memiliki online flagship store, usaha yang dimiliki secara legitimasi lebih kredibel dan lebih bisa dipercaya oleh pembeli, sehingga segala kecurigaan dan ketidakpercayaan dalam proses transaksi bisa berkurang.

Namun, untuk layanan seperti FJB Kaskus, Tokobagus, Tokopedia, dan lain-lain, Dwarapala menganggap mereka adalah tahapan awal untuk test product di market. Penggunaan classified ads, social network dan marketplace justru sebagai pendukung toko utama sendiri, sebagai extension channel (jalur perpanjangan) untuk berhubungan dengan customer atau cabang outlet untuk memperbanyak omset.

 

Selain menyediakan platform agar bisa membuat e-Commerce sendiri, kenapa kita harus memakai Dwarapala?

Pertama adalah karena Dwarapala telah menjalin kerjasama dengan Google. Google yang menjadi top of mind untuk situs search engine apabila konsumen hendak melakukan proses pembelian produk. Saat konsumen ingin mengetahui suatu fitur produk tertentu sebelum melakukan pembelian, Google search merupakan pilihan utama untuk mendapatkan referensi eksternal yang kredibel. Dengan memiliki flagship website sendiri, bisnis online yang dimiliki dapat dibuat menjadi tersedia di halaman pencarian Google, sehingga dengan demikian dapat meningkatkan kemungkinan toko online yang dimiliki diakses oleh calon pembeli dan menjadi salah satu opsi pilihan dominan dalam melakukan pembelian secara berulang kedepannya.

Selain itu, Dwarapala juga sudah terintegrasi dengan Facebook Page dalam hal content synchronization. Gamblangnya, saat pengguna Dwarapala memasukkan foto produk ke dalam Facebook Page dari usaha mereka, secara otomatis foto produk tersebut akan masuk juga ke website yang mereka miliki. Dengan kata lain, tidak perlu khawatir dipusingkan dengan pengoperasian website; karena apabila pengguna dapat mengoperasikan Facebook Page, maka dia juga dapat mengoperasikan websitenya. Lebih mudah kan?

 

Sudah berapa brand yang kini menggunakan engine Dwarapala?

Sampai saat ini, Dwarapala memiliki customer base sebanyak ± 4,500 pelanggan dan masih terus bertambah. Selain itu, karena Dwarapala merupakan hasil karya anak negeri sendiri, para pengguna juga bisa berbangga karena dapat menunjukkan rasa memiliki dalam menggunakan produk dalam negeri sendiri seutuhnya.

 

Ada tawaran khusus untuk Sobat Studentpreneur?

Tentu saja. Bagi pembaca Studentpreneur, kami akan berikan code khusus (jXRzwyLs) yang bisa ditukarkan dengan diskon 10% dalam penggunaan Dwarapala. Download saja langsung detailnya disini. Feel free to contact me at [email protected] dan jangan lupa sebutkan kalau Anda adalah pembaca Studentpreneur.

[Photo Credit: Dwarapala Team]

Wedya Agung

Wedya Agung adalah kreator Gombalin, aplikasi Android yang sempat menjadi aplikasi terlaris ke-3 di Indonesia

Facebook Twitter