Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Studentpreneur Indonesia Wanita Sukses

Eksklusif: Manisnya Keuntungan Bisnis Permen dan Es Krim


Simak Penuturan Inspiratif Astrid Hadywibowo, Pebisnis Muda yang Berhasil Meraup Keuntungan Besar Melalui Bisnis Permen dan Es Krim.

Ada banyak pilihan bisnis kuliner yang dapat membuat Anda sukses dan meraup keuntungan besar. Tak terkecuali bisnis di bidang jajanan seperti permen dan juga es krim. Begitulah kiranya bisnis yang dijalankan oleh Astrid Hadywibowo hingga sekarang merasakan manisnya keuntungan berbisnis permen dan es krim.

 

Ada banyak pilihan bisnis kuliner, kenapa Astrid lebih memilih bisnis permen dan es krim?

Memang benar, bisnis kuliner ada banyak sekali pilihannya. Terlebih di Indonesia yang memiliki keragaman makanan karena memiliki keragaman budaya sehingga masing-masing daerah memiliki kuliner yang khas. Namun, saya rasa bisnis jajanan juga tak bisa disepelehkan. Pasalnya, permen dan es krim yang memiliki cita rasa yang unik akan selalu menjadi pilihan pembeli. Bukan hanya kesukaan anak-anak saja, mereka yang sudah dewasa atau sudah menjadi orang tua pun terkadang ingin bernostalgia dengan permen ataupun es krim yang beraneka rasa. Selain itu, saya juga mempunyai bisnis burger yang penyajiannya unik yakni dicampur dengan mie.

 

Lantas, apa yang menjadi ciri khas dari produk-produk Anda?

LIN Artisan Ice Cream yang saya jual merupakan es krim pertama di Indonesia dengan menggunakan Liquid Nitro atau Nitrogen Cair dimana menghasilkan es krim lembut, padat nan lezat. Resep yang digunakan LIN Artisan Ice Cream berasal dari Italy, negara yang terkenal sebagai penemu es krim, dan telah dicoba dan diuji turun temurun selama 4 generasi.

Sementara itu, permen merupakan jajanan manis yang banyak dijumpai dan dapat dinikmati sehari-hari. Namun, dibalik bentuknya yang lucu dan unik, ternyata dibutuhkan keuletan dan ketrampilan khusus dalam prosesnya seperti menciptakan sebuah barang seni. Oleh karena itu, Papabubble akan memberikan pengalaman indah melalui cita rasa, aroma, warna, suara serta hal menarik lainnya saat menikmati permen. Pasalnya, pengunjung dapat melihat langsung dalam setiap proses pembuatan permen. Papabubble juga sangat menjaga dan melakukan pengawasan ketat terhadap kualitas produksi untuk menjamin bahwa konsumen selalu mendapat cita rasa permen yang terbaik.

papabubble-3

Darimana awalnya Anda memiliki ide untuk berbisnis permen dan es krim?

Sejak masih remaja saya memang suka memasak, baking memanggang, bikin cupcake, bolu, es krim dan decorating. Saya menggabungkan kegemaran saya dalam bidang memasak dan juga menyalurkan bakat seni. Selain itu, sebelumnya saya juga pernah menjadi guru TK sehingga membuatnya lebih kreatif. Oleh karena itu, ketiga bisnis saya berhubungan dengan anak-anak dan yang manis-manis. Setelah Papabubble dan LIN Artisan Ice Cream, saya kembali berinovasi dengan menciptakan burger yang menggunakan mie sebagai pengganti roti. Setelah melalui uji coba yang panjang, akhirnya melalui Stacks Burger saya menghasilkan burger mie pertama di Indonesia.

 

Apa sih tantangannya menjalankan bisnis kuliner?

Seperti yang saya sebut diawal tadi, Indonesia memiliki keberagaman budaya termasuk makanannya yang khas di setiap daerah. Oleh karena itu, untuk dapat berbisnis kuliner maka harus dapat membuat makanan yang khas yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Bukan hanya dari cita rasa yang unik saja, tetapi cara penyajiannya pun juga harus berbeda dengan yang lainnya. Khusus permen Papabubble, pembeli juga dapat memesan permen yang bertuliskan namanya sendiri. Bahkan, saya juga mendesain kedai dengan unik agar para pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatannya.

 

Kenapa Anda memilih bisnis franchise ini?

Ya, Papabubble pertama kali berdiri di Barcelona pada tahun 2005 dan telah hadir di sepuluh negara di dunia, termasuk di Indonesia dengan sistem franchise. Hak franchise Papabubble yang pertama di Indonesia ini menjadi milik saya dan suami. Papabubble juga menggabungkan unsur seni dalam setiap permen yang diproduksi. Hal inilah yang menjadi latar belakang saya memilih Papabubble karena memiliki passion yang sama karena dapat mengkreasikan bentuk permen yang unik. Kunci kesuksesan bisnis Papabubble adalah gabungan antara pengalaman, rasa keingintahuan konsumen terhadap proses pembuatan permen serta indahnya hasil kreasi yang diciptakan.

astrid-papabubble

Apa suka dan dukanya menjalankan bisnis ini?

Dalam menjalankan ketiga bisni ini saya banyak mengalami suka duka. Yang paling berat dalam menjalankan bisnis ini adalah ketika memulai usaha dan jika sudah berhasil, susah untuk mempertahankannya. Dibutuhkan ekstra sabar untuk mengawali sebuah usaha, terutama saat mencari pelanggan atau klien. Namun, ketika terbentur masalah, jangan gampang putus asa. Balik lagi, maka kita harus sabar, yakin, dan pantang mundur.

 

Terakhir, apa tips dari Astrid bagi mereka yang akan memulai bisnis?

Menjadi seorang pengusaha berarti juga harus rajin-rajin berinovasi. Selalu update apa yang dibutuhkan pasar atau pelanggan. Selain itu, pengusaha yang sukses juga harus mau menerima kritikan dari siapapun. Pasalnya, yang paling sulit adalah menerima kritikan dan masukan dari orang lain. Selain itu, dalam memimpin suatu perusahaan, seorang pengusaha juga harus bisa memimpin tim. Jangan hanya pasrahkan semuanya kepada karyawan seratus persen, kita harus ikut terjun langsug. Tahun ini, saya dan suami akan lebih fokus menggarap ketiga label makanan yang lebih mengarah kepada snacks (makanan ringan atau kudapan). Kami berdua akan fokus di es krim, permen Papabubble, dan burger mie ini dan akan terus berinovasi di ketiga core bisnis itu.
Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Tips Kaya Raya ala Bob Sadino

5 Ide Usaha Kecil yang Menguntungkan

Inspiratif: Serunya Bisnis Stoples Beromzet Ratusan Juta Rupiah per Bulan

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+