Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Studentpreneur Indonesia

Eksklusif: Meraup Rezeki Puluhan Juta Rupiah Per Bulan Dari Sekolah Robot Berprestasi Internasional


Dari Hanya Seorang Pecinta Robot, Dhadang SBW Mendirikan Sekolah Robot, Membuat Siswanya Berprestasi Internasional, dan Meraup Rezeki Dari Sekolah Tersebut.

Dunia robotika di Indonesia sedang booming. Kondisi tersebut menjadi peluang bagi seorang Dhadang SBW yang kemudian mendirikan Sekolah Robot Indonesia (SRI). Melalui tangan dinginnya, siswa yang dididiknya pun meraih penghargaan special award yang sangat membanggakan. Berikut wawancara eksklusif antara Studentpreneur dengan Dhadang SBW.

 

Mas Dhadang, apa sih menariknya belajar robotika?

Bidang robotika saat ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan di dunia dalam segala bidang. Agar Indonesia tidak ketinggalan, dunia robotika lebih baik dikenalkan kepada anak-anak sejak dini. Dengan begitu, mereka mampu berimajinasi menciptakan robot-robot yang hebat di masa depan. Bahkan, dengan daya imajinasi anak-anak, terkadang muncul ide untuk membuat sebuah robot yang terkadang tak pernah terpikir oleh orang dewasa. Maklum saja, kalau kata orang tua, anak-anak kan masih polos dan pikirannya belum banyak terkontaminasi oleh stigma-stigma negatif. Jadi, apa yang ada di pikiran anak-anak terkadang justru bisa lebih bermanfaat.

 

Cerita sedikit dong mas tentang penghargaan yang diterima di Amerika?

Ya, bulan Juni lalu, Robot Underwater ciptaan Sekolah Robot Indonesia (SRI) mengikuti kontes di Michigan, Amerika Serikat (AS) berhasil menyabet gelar Spesialis Award setelah berhasil menyisihkan 13 negara. Kru yang mengikuti kontes robot ini pun cukup menarik karena terdiri dari tujuh siswa dari jenjang SD, SMP, dan SMA.

Untuk mengikuti kontes robot Underwater di AS yang berlangsung 26-28 Juni kemarin tidak mudah karena harus melalui beberapa fase. Mulai dari persiapan pembuatan robot yang memakan waktu hingga 4 bulan dan harus bongkar pasang peralatan yang sudah menancap. Kami bersama anggota tim terus shearching untuk mencari peralatan yang dibutuhkan. Terkadang kita harus membeli secara online dari AS karena di Indonesia memang  barangnya tidak ada.

Robot Underwater yang diikutkan kontes di AS bertujuan mendeteksi kapal yang tenggelam di dasar laut hingga proses penarikan ke atas. Sebenarnya robot seperti ini sangat cocok dengan wilayah Indonesia yang notabene negara maritim. Bahkan, di Indonesia banyak kapal yang karam dan sampai kini masih berada di dasar laut dan ditumbuhi karang.

underwater-robot

Jadi, menurut mas Dhadang bisnis di dunia robotika kedepan sangat menjanjikan?

Benar sekali mas. Kebutuhan robotika di berbagai bidang masih sangat dibutuhkan. Selain itu, perkembangan di dunia robotika juga sangat pesat. Sekolah robotic juga menjadi booming dan bahkan ada beberapa sekolah yang memasukkannya sebagai program intrakurikuler. Perusahaan-perusahaan juga membutuhkan keberadaan robot untuk memudahkan karyawannya dalam bekerja. Jadi, peluang untuk mengembangkan bisnis di bidang robotika masih sangat terbuka lebar.

 

Artinya, robot akan menggantikan peran manusia dalam bekerja?

Kalau untuk hal itu saya kurang sepakat. Kehadiran robot bukanlah untuk mengganti peran manusia dalam bekerja. Tetapi, keberadaan robot justru memudahkan manusia dalam bekerja. Oleh karena itu, manusia tetap menjalankan peran utama dalam pekerjaan tetapi dibantu dengan oleh kehadiran robot di perusahaan. Seperti halnya robot becak dimana tetap menonjolkan peran manusia untuk mengayuh becak.

 

Lalu, kenapa mas terpikir untuk mendirikan sebuah sekolah robot?

Belajar dari pengalaman, sejak SMP saya sudah tertarik dengan dunia listrik. Dan saat itu sebenarnya ada keinginan untuk belajar tentang robot tetapi belum ada yang mewadahinya. Oleh karena itu, saya pun memutuskan untuk mendirikan sekolah robot agar anak-anak di Indonesia sudah dapat mengenalnya sejak dini. Dengan begitu, kedepan nantinya akan muncul ahli-ahli robot dari Indonesia. Bahkan, kedepan nanti bukan tidak mungkin anak Indonesia mampu menciptakan robot yang kemampuannya melebihi robot asimo buatan Jepang.

 

Apa saja sih mas yang dipelajari di Sekolah Robot Indosesia dan bagaimana sistem belajarnya?

Banyak hal yang dipelajari oleh siswa SRI, diantaranya adalah teknologi dasar robotika, pembuatan mekanik atau konstruksi rangka robot, programing dan banyak hal yang lainnya. Saya menawarkan berbagai macam paket belajar untuk siswa sesuai dengan jenjang pendidikan yang ditempuh. Bahkan, saya juga menyediakan paket belajar untuk sistem online. Jadi, siswa tak perlu bertatap muka langsung dengan saya tetapi tetap dapat mengikuti materi belajar dengan baik. Semuanya dapat dilihat langsung melalui website www.sekolahrobot.com dan biayanya pun masih relatif terjangkau.

 

Berapa sih mas omset yang didapat dari menjalankan bisnis robotika?

Hmm…cukup lah mas untuk membiayai kebutuhan sehari. Saat ini saya memiliki 20 siswa, tapi yang join untuk siswa online sebanyak 450 siswa. Itupun dengan variasi sistem paket belajar yang berbeda-beda mulai dari yang free, bayar Rp 300ribu hingga paket private yang bernilai jutaan rupiah.

 

Lantas, adakah target kedepan dari mas yang belum tercapai?

Robot Underwater memang telah mendapatkan penghargaan di AS. Tapi, kedepan tentunya masih banyak penyempurnaan agar hasilnya dapat lebih maksimal. Pasalnya, Indonesia yang merupakan negara maritim tentunya sangat membutuhkan kehadiran Robot Underwater. Selain itu, saya juga ingin mengembangkan Eco Green Transportation yang sejauh ini masih belum banyak dikerjakan oleh banyak orang.

 

Apa saran Anda agar dunia robotika di Indonesia dapat menjadi lebih baik?

Sebaiknya pemerintah mulai sering mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan robotika khususnya pada anak-anak sekolah. Pasalnya, dengan mengenalkan robotika sejak dini maka diharapkan akan muncul generasi-generasi robotic yang berprestasi dan membanggakan bagi Indonesia di kancah Internasional. Selain itu, saat ini kebanyakan masih memakai modul-modul import. Oleh karena itu, kedepan nantinya seharusnya lebih banyak modul yang diproduksi oleh ahli-ahli robot dalam negeri.

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: US Navy]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Mahasiswi 20 Tahun Raup Puluhan Juta Rupiah per Bulan Dari Bisnis Fashion Online.

Jessica Jung sang Pebisnis Tercantik di Dunia.

Wow, Game Ini Dihargai Trilliunan Rupiah Oleh Microsoft!

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+