Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Empat Tips untuk Meningkatkan Pendapatan Toko Online


Bisnis online saat ini berkembang dengan sangat pesat. Terlebih angka pengguna internet di Indonesia saat ini terus mengalami perkembangan, dengan jumlah pemakai mencapai hingga 75 juta orang. Dengan pangsa pasar yang sangat luas tersebut, tidak mengherankan kalau jumlah toko online yang ada pun terus mengalami perkembangan.

Dengan persaingan yang tinggi tersebut, toko online pun harus mempunyai strategi tersendiri dalam meningkatkan pendapatan. Banyak cara yang bisa dilakukan, dan yang paling sering adalah dengan memanfaatkan berbagai tool dan trik di internet seperti SEO, SEM dan lain-lain.

Namun penggunaan tool dan trik tersebut tak menjamin Anda bisa mendapatkan pendapatan yang tinggi. Terdapat faktor-faktor lain yang harus dipertimbangkan. Berikut ini adalah Empat faktor yang wajib untuk dimiliki oleh sebuah toko online kalau ingin sukses di Indonesia.

Online-store

1. Kemudahan dalam berkomunikasi

Toko online dengan alamat yang jelas, baik itu alamat di internet atau dunia nyata, belum menjamin kesuksesan. Anda pun harus ditunjang dengan beberapa sarana komunikasi lainnya. Terlebih pengguna internet di Indonesia terkenal sangat getol dalam menggunakan berbagai jejaring sosial.

Solusinya, Anda pun diharuskan untuk tidak hanya memakai satu jenis sosial media. Anda dituntut untuk mempunyai beberapa akun sosial media sekaligus. Baik itu Twitter, Facebook, Path, Instagram ataupun jejaring sosial lainnya. Dengan begini, Anda pun bisa juga memajang produk-produk secara langsung baik di situs ataupun di akun jejaring sosial tersebut.

 

2. Kemudahan pembayaran

Menyediakan jenis pembayaran yang terbatas juga menjadi faktor penting dalam kesuksesan sebuah toko online. Terlebih kalau Anda hanya menerima pembayaran berupa kartu kredit. Ada bagusnya kalau Anda menggunakan beberapa jenis pembayaran sekaligus.

Ingat, Indonesia adalah negara kepulauan dengan tingkat kemajuan masing-masing tempat yang jauh berbeda. Contoh paling nyatanya adalah layanan pembelian tiket online di Tiket.com yang menyediakan 14 jenis pembayaran sekaligus. Hal ini pun mereka lakukan untuk memberikan kenyamanan bagi para konsumennya.

 

3. Memanfaatkan teknologi mobile

Saat ini perkembangan dunia mobile meningkat sangat pesat. Indonesia pun menjadi salah satunya. Tidak heran kalau saat ini banyak pengguna yang memanfaatkan smartphone atau tabletnya sebagai sarana untuk berbelanja online. Nah, sebagai seorang entrepreneur, Anda pun harus memanfaatkan potensi ini.

Salah satunya adalah dengan menyediakan jalur komunikasi secara langsung kepada para konsumen. Caranya, Anda bisa membuat akun di beberapa aplikasi messenger sekaligus. Tak cukup satu, Anda bisa secara langsung memakai akun di WeChat, WhatsApp, KakaoTalk, Line, BBM ataupun Yahoo Messenger.

 

4. Pelayanan yang ramah

Hal ini menjadi sebuah keharusan baik itu toko online ataupun toko offline. Dengan memberi pelayanan yang ramah, maka Anda pun akan memperoleh pandangan yang positif di mata para konsumen. Dan mereka pun dengan sendirinya akan tertarik untuk membeli produk Anda. Yang paling penting, kalau Anda melayani secara santun, para konsumen akan dengan sendirinya memberikan testimoninya tanpa harus diminta.

Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya! [Photo Credit: Serge]

 

Baca Juga: 

Anak Ajaib Dunia Fashion Indonesia

Perjuangan Gadis Cantik Pemilik Bengkel di Surabaya

Pemuda Indonesia Raup Jutaan Rupiah Per Bulan Dari Bisnisnya

Imam Baihaki

Seorang penulis yang ingin berkeliling Indonesia dan dunia.

Facebook