Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Fab.com, Selebriti Baru di Jagat Maya


 

Fab.com adalah situs online yang befokus pada penjualan online barang-barang yang mempunyai nilai seni tinggi. Situs ini menawarkan produknya dengan harga yang terjangkau secara berkala. Produk-produk yang dijual sangat variatif, mulai dari furniture, aksesoris rumah, teknologi, hiburan, penerangan, seni, mainan,hingga perhiasan. Produk-produk tersebut dibuat oleh lebih dari 175 desainer terkenal dari pabrikan ternama.

jason1

Situs ini beroperasi 7 hari dalam seminggu. Setiap proses penjualan harian yang dilakukan, penawaran berlaku hingga 72 jam. Waktu yang relatif panjang ini, memungkinkan Anda untuk memikirkan hasrat belajna agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Setiap produk yang ditampilkan di situs Fab.com adalah item-item pilihan yang dirancang oleh desainer terkenal sepeti Monica Khemsurov, pendiri Sight Unseen. Bersamaan dengan penjualan yang ditampilkan secara berkala, Anda juga dapat menemukan Inpirasional Wall. Fitur Inspirasional Wall ini memungkinkan anggota untuk membagi gambar-gambar desain yang menginspirasi mereka. Ini sekaligus memberikan sentuhan personal yang mendalam bagi pengunjung.

Situs ini didirikan oleh tokoh besar dalam industri desain sekaligus wirausahawan, Jason Goldberg dan Bradford Shane Shellhammer. Fab sendiri saat ini menjadi salah satu perusahaan yang berkembang pesat yang berhasil mempunyai 1 juta pelanggaan hanya dalam kurun waktu 5 bulan. Kini, Fab telah memiliki 3.5 juta pelanggan yang terdaftar.

Fab sendiri memiliki 155 pekerja di Amerika dan total 250 pegawai yang tersebar di seluruh dunia. Perusahaan ini mempunyai rencana untuk melebarkan usahanya dengan penerimaan 40 juta dolar di bulan desember dari grup yang dikepalai oleh Andreessen Horowitz dengan nilai taksiran sekitar 200 juta dolar.

Perkembangan Fab terdorong dari adopsi beberapa media sosial. Gelombang media sosial seperti Tumblr dan Pinterest telah menarik jutaan orang untuk membagikan gambar kepada orang-orangg terdekat secara tak terbatas. Seperti yang telah dilakukan oleh Tumblr dan Pinterest, pengunjung Fab disuguhkan dengan gambar-gambar yang dapat mereka “fave” (sama seperti “like” di Facebook). Tidak seperti Tumblr dan Pinterest, Fab memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk membeli produk-produk yang telah ditampilkan dalam situs ini.

Tak hanya itu, Fab juga memberikan potongan harga yang fantastis. Tidak seperti Amazon dan Walmart yang hanya cenderung memberikan harga yang terendah di semua item yang ditawarkan. Fab juga mengerucutkan pilihan-pilihan produk yang pengunjung suka, sehingga pengunjung mudah memilih item yang dianggap tepat.

Bagi beberapa desainer perintis, Fab memberikan arah pandangan yang baru. Pengalaman Jen Murse, perancang perhiasan dari Los Angeles, bisa jadi menjadi salah satu contoh. Produk yang berhasil ia jual di Fab, ditawar juga oleh situs lain. Situs lain tersebut membujuknya menawar produk yang sama dengan harga lebih murah agar  mereka dapat menjualnya dengan harga lebih kompetitif. Tetapi, Shellhammer meyankinkan padanya bahwa Ia akan mendapatkan lebih dari itu semua. Perhiasan plastik yang ia tawarkan kemudian beredar di pasaran pada bulan Juli 2011. Beberapa hari kemudian, Murse mendapat kabar gembira bahwa perhiasan produksinya mendapatkan respon dari Lady Gaga.

Fab sebenarnya memiliki kompetitor yang berat, terutama dalam bisnis dekorasi rumah mulai dari usaha rintisan Crate & Barrel yang mendunia hingga perusahaan besar seperti One King Lane. Tetapi sekali lagi, Shellhammer sangat yakin bahwa mereka dapat memenangkan persaingan ini. Fab memilki rancangan desain yang lebih baik dan cakupan produk yang lebih luas ketimbang One King Lane.

Kesuksesan Fab mungkin terlihat cepat. Tetapi kesuksesan ini tidak begitu saja diraih dengan mudah. Fab lahir pada April 2010 sebagai Fabulis.com. Awalnya situs Fab merupakan situs jejaring sosial yang diperuntukkan untuk Gay yang mempunyai fitur seperti di Yelp, Foursquare, dan Groupon. Kemudian situs ini terpaksa dinonaktifkan pada bulan Maret 2011 karena beberapa hal yang kurang menguntungkan.

Setelah berdebat yang cukup panjang, Goldberg dan Shellhammer menemukan ide untuk menjual produk unik yang mempunyai cita rasa seni yang tinggi secara online. Goldberd, yang sebelumnya telah mendirikan usaha rintisan, meyakinkan investor dan rekan bisnis untuk berinvestasi sekitar 2 juta dolar yang dijanjikan akan dapat di kembalikan dengan mudah. Sebelum toko online ini dibuka, pasangan ini membangun Inspiration Wall dimana orang-orang dapat mendaftar dengan e-mail dan melakukan posting terhadap foto-foto produk yang mereka suka. Karena fitur ini pula, total 165 ribu anggota baru berhasil di dapatkan.

Ketika situs ini diperkenalkan pada bulan Juni, mereka sudah menyantumkan produk furniture yang mewah dipadukan dengan barang-barang seni yang murah. Semuanya tersedia. Lebih lagi, barang-barang yang ditawarkan merupakan barang yang unik.

Para pekerja seni berbondong-bondong memberikan karya terbaik mereka untuk dijual disini. Emeco Navy mendaur ulang botol kola bekas menjadi barang seni yang menakjubkan. Poster terkenal (I heart NY) dari Milton Glaser juga menjadi barang yang ditawarkan.

Situs ini semakin populer dengan pendapatan yang semakin meningkat dalam 30 hari pertama. Fab kemudian secara serius mengelola situs ini dengan memperkerjakan profesional di bidangnya. Fab membangun sistem pembayaran, pengelolaan produk serta pelayanan tersendiri yang didukung oleh manajemen konten. Dengan adanya hal ini, manajer dapat melihat produk yang dijual setiap waktu. Fab juga berencana untuk melipatgandakan pegawainya guna mempercepat rangkaian proses pengiriman barang. Pengendalian ini sangat penting menginngat penambahan 30 kali transaksi setiap hari dan ada beberapa item yang memerlukan perlakuan khusus seperti furniture dan poster.