Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Facebook Akhirnya Mengakuisisi Instagram


Berita yang sangat mengejutkan dibuat oleh Facebook. Pada hari Senin (9/4/12), Facebook akhirnya secara resmi mengakuisisi Instagram. Instagram, salah satu aplikasi berbasis photo-sharing yang populer di kalangan pengguna smartphone akhirnya rela melepas perusahaannya kepada Facebook. Total nilai transaksi berkisar 1 miliar dollar atau setara dengan Rp. 9,1 trilliun, transaksi tersebut dalam bentuk kombinasi uang tunai dan saham. Mark Zuckerberg, selaku CEO dan founder Facebook, mengatakan kepada publik pernyataan itu. “Saya sangat bersemangat untuk memberitakan berita gembira bahwa kami telah mengakuisisi Instagram dan sebentar lagi tim yang sangat bertalenta yang ada disana akan bergabung bersama Facebook.”

Pernyataan ini ditulis oleh Zuckerberg dalam postingan timeline dalam akun Facebook-nya. Dia menambahkan, Fitur-fitur dalam Instagram tidak akan mengalami perubahan yang drastis. Fitur-fitur yang sebelumnya ada pada aplikasi tersebut akan dipertahankan daripada mengaplikasikannya secara langsung serta mengintegrasikannya ke dalam akun Facebook. Dengan demikian, para pengguna setia Instagram akan tetap bisa membagikan foto yang mereka ambil ke situs jejaring sosial yang lain dan bukan hanya di Facebook saja.

Zuckerberg telah berkomitmen penuh untuk mengembangkan aplikasi Instagram secara independen serta membantu menyebarluaskan aplikasi bagus ini ke segala penjuru dunia. Langkah pembelian Instagram ini, ungkap Zuckerberg, merupakan proses transaksi yang besar. Selama ini mereka belum pernah membeli tim sebesar Instagram. “Ini adalah tonggak penting bagi Facebook karena untuk pertama kalinya membeli produk dan perusaan dengan proses transaksi yang besar,” katanya. Facebook sangat optimis untuk mengaku bahwa mereka mulai bersiap untuk babak baru yang menggembirakan bagi kedua pengguna, baik Facebook maupun Instagram itu sendiri. Belakangan ini Facebook banyak melakukan perbaikan serta perubahan terhadap kegiatan berbagai foto dengan pengguna.

Instagram memiliki markas di San Fransisco dan tercatat ada 27 juta pengguna yang terdaftar pada perangkat IOS Apple saja. Dengan hanya 9 karyawan yang mengembangkan Instagram mampu berkembang dengan pesat. Rahasia suksesnya Instagram ini terletak pada orang-orang yang bertalenta yang bekerja pada perusahaan milik Kevin Systrom ini. Mereka menciptakan aplikasi dengan segala kemudahannya dalam mengunggah gambar ke sebuah situs. Hingga akhirnya populer ke segala penjuru dunia, Instagram akhirnya menjadi aplikasi pengunggah gambar yang  patut diperhitungkan di dunia maya. Total lebih 1 juta pengguna terdaftar pada perangkat versi Android dalam 24 jam saja yang telah dirilis oleh Kevin Systrom, pendiri Instagram.

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. Pengguna dapat menerapkan 17 filter gambar yang mampu mengubah komposisi warna sebelum gambar berhasil diunggah. Keunggulan aplikasi ini dimanfaatkan oleh Facebook dengan baik. Dengan total lebih 5 juta gambar baru yang diunggah setiap harinya, kemungkinan Facebook akan dapat menyaingi pesaingnya. Facebook memang dalam jalan keputusan yang benar untuk mengakuisisi aplikasi yang hebat ini. Instagram sendiri adalah aplikasi yang menjanjikan. Aplikasi ini sangat populer dikalangan pengguna telepon pintar seperti Apple’s iPhone, iPads, dan iPod touch. Selain itu, aplikasi ini sangat populer dikalangan pengguna twitter. Bahkan, pendiri Twitter itu sendiri, Jack Dorsey sangat menggemari aplikasi ini. Februari lalu, facebook telah meraih dana dari Wall Street sebesar 10 miliar dolar. Pengguna Facebook tersebar diseluruh dunia termasuk Rusia dan Tiongkok dengan total 483 juta pengguna yang akti sehari. Asset Facebook diperkirakan telah mencapai 100 miliar dolar.