Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Google Akan Luncurkan Kontak Lensa Internet


Nilai pasar wearable technology dalam 10 tahun kedepan bisa mencapai Trilliunan Dollar

Setelah membeli Nest dengan harga 38,4 Trilliun beberapa hari yang lalu, Google kembali mengeluarkan pengumuman yang mengejutkan. Tidak puas dengan hanya Google Glass, kacamata cerdas yang bisa dipakai untuk memotret dan berinternet, kini mereka akan meluncurkan kontak lensa cerdas, yang bisa terkoneksi dengan internet. Dalam keterangan resminya, Google berkomitmen untuk terus mengembangkan wearable technology yang terkoneksi dengan internet. Google sudah masuk ke tahap mengetes produk kontak lensa cerdas ini.

Kontak Lensa Google

Menurut uji coba terakhir, dikabarkan bahwa kontak lensa Google dapat membantu penderita diabetes mengecek kadar glukosa atau gula darahnya setiap saat. Caranya, kadar glukosa ternyata bisa dicek melalui air mata, yang tentunya bisa dilihat setiap saat menggunakan kontak lensa ini. Menurut pemimpin proyek kontak lensa Google, Brian Otiz dan Babak Parviz, kontak lensa yang sudah dalam tahap prototype ini dilengkapi dengan teknologi seperti “chip dan sensor yang sangat kecil sehingga terlihat hanya seperti glitter” dan “antenna yang bahkan lebih tipis dari rambut manusia”.

“Bayangkan semua orang dengan diabetes harus menusuk jari mereka untuk mendapatkan darah tiap saat. Sakit, bukan? Akhirnya, orang jadi malas mengecek kadar gula mereka,” ucap Otiz dan Parviz. Itulah masalah yang ingin diselesaikan dengan kontak lensa Google. Secara mudah, ketika kadar gula Anda lebih rendah atau lebih tinggi dari yang seharusnya, lampu LED mini dalam kontak lensa akan menyala, sehingga Anda bisa mengambil tindakan yang lebih cepat, tanpa perlu menusuk jari Anda terlebih dahulu. Saat ini Google ingin mengembangkan aplikasi pendampingnya, dimana ketika kadar gula sedang tidak normal, secara otomatis akan mengabari dokter yang menangani pasien tersebut secara online.

Tampaknya, Google sangat serius dalam usahanya menguasai pasar wearable technology. Menurut berbagai ahli, wearable technology mempunyai nilai total pasar beberapa Trilliun Dollar dalam 10 tahun kedepan. Baca juga berita Google membeli Nest seharga 38,4 Trilliun Rupiah demi menguasai teknologi dalam kehidupan Anda. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter