Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Hal-hal yang Dibutuhkan Sebuah Startup untuk Meraih Kesuksesan


Sukses adalah hak semua orang. Namun untuk meraih kesuksesan, Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Terlebih jika Anda membangun sebuah startup. Untuk bisa meraih kesuksesan bagi startup yang tengah Anda bangun, Anda harus memperhatikan beberapa hal.

 

1. Pelanggan

Sebuah bisnis tentunya tidak akan berjalan dengan lancar kalau tidak punya pelanggan. Pada saat membangun sebuah startup, Anda harus lebih dulu memastikan jenis pelanggan yang dijadikan tujuan pemasaran. Untuk sebuah bisnis kecil, menyasar segmen secara khusus menjadi cara yang efektif. Dengan menyasar sebuah segmen pasar khusus, Anda pun tidak akan terlalu banyak menghabiskan dana untuk sarana marketing.

 

2. Produk

Produk yang dihasilkan oleh startup Anda haruslah didesain untuk menyelesaikan permasalahan bagi para konsumen. Apapun produk yang Anda hasilkan, jangan terlalu banyak memperhatikan atau menghabiskan waktu mengenai fitur-fitur tambahan yang dimiliki oleh produk Anda.

Selain itu, dalam membangun sebuah produk, Anda juga harus tetap waspada. Semua hal yang ada di sekitar Anda bisa menjadi penghalang. Misalnya, saat ini adalah harga-harga bahan baku yang terus melambung, banyaknya hal-hal yang harus dipelajari dan lain-lain.

Ahimsa 2 dari kiri bersama tim ICE web

3. Timing

Semua pasar mempunyai timing-nya masing-masing. Sebagai contoh adalah seorang penjual buku-buku pelajaran akan mendapatkan angka penjualan yang sangat tinggi pada saat memasuki awal tahun pelajaran. Di sini, Anda harus mempunyai pengaturan waktu yang tepat sehingga Anda tidak tertinggal oleh pasar yang tengah ramai.

Untuk mengembangkan sebuah pasar baru yang belum terbukti, Anda pun bisa melakukan eksperimen. Namun yang perlu diperhatikan, hal ini sangat rentan untuk dilakukan, terutama bagi sebuah startup dengan pembiayaan yang masih kembang kempis. Jadi, solusinya, Ada harus membuka mata di mana pun. Tangkap setiap peluang yang tengah terjadi.

 

4. Kompetisi

Di berbagai hal, selalu ada kompetisi. Pun halnya pada saat mengembangkan sebuah bisnis. Namun kompetisi bukanlah hal yang harus ditakuti. Keberadaan sebuah kompetisi bisa membuat Anda mampu melihat sebuah peluang baru. Sebuah kompetisi juga bisa membuat bisnis yang Anda bangun semakin stabil.

 

5. Finansial

Dalam membangun sebuah startup, faktor finansial harus menjadi hal yang sangat dipertimbangkan. Anda harus bisa memperkirakan kapan dana awal yang telah Anda persiapkan harus mendapatkan suntikan dana baru. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan sumber-sumber pembiayaan mana saja yang bisa Anda andalkan pada saat kondisi perusahaan tengah surut. Yang pasti, Anda juga harus mendesain agar besarnya pengeluaran tidak lebih besar dibandingkan jumlah pemasukan yang didapatkan.

 

6. Tim yang solid

Bisnis bisa diibaratkan sebuah medan perang. Sebuah medan perang tidak akan bisa Anda menangkan kalau tidak mempunyai pasukan yang solid. Anda juga harus menempatkan seseorang di posisinya yang tepat. Penempatan posisi yang salah bisa membuat bisnis Anda secara keseluruhan amburadul.

Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga: 

Kisah Sukses Pendiri Summarecon

Dua Tips Sukses Dari CEO Twitter

Sisi Lain Al Capone – Pebisnis Super Sukses di Masanya

Imam Baihaki

Seorang penulis yang ingin berkeliling Indonesia dan dunia.

Facebook