Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People

Ide Bisnis Dihina Bukan Berarti Gagal


Orang-orang akan menghina ide Anda. Jangan biarkan hal tersebut menghentikan Anda. Justru, buatlah hal tersebut sebagai motivasi lebih.

Salah satu kemampuan yang membedakan entrepreneur besar dengan yang gagal adalah kemampuan mereka untuk mencerna masukan dari orang lain. Pada fase awal bisnis, Anda akan banyak dihina oleh orang lain. Entrepreneur yang hebat akan mampu mengubah hinaan tersebut menjadi energi inovasi yang kuat. Entrepreneur yang gagal, akan menganggap hinaan tersebut secara personal sehingga gagal bangkit dalam bisnisnya. Tim Studentpreneur mempunyai dua cerita nyata yang mampu menggambarkan hal ini dan sekaligus sangat inspiratif. Pertama, cerita dari Buana Perkasa Putra (lihat foto), bos dari SafeCare Aromateraphy serta cover Majalah Studentpreneur edisi Juni 2013. Kedua, cerita nyata dari Alexis Ohanian, salah satu pendiri Reddit yang merupakan salah satu website paling berpengaruh di dunia.

Buana Perkasa Putra, saat masih berkuliah semester 3 di salah satu kampus swasta di Surabaya, mempresentasikan ide bisnisnya tentang minyak angin roll-on pertama di Indonesia. Dia sangat percaya bahwa dalam 1 tahun, SafeCare akan mampu masuk di seluruh apotek di Indonesia. Saat itu, kategori minyak angin roll-on bahkan belum ada. Semua dosen dan praktisi yang mendengarkan presentasi bisnisnya banyak yang menghina dan memprediksi Buana akan gagal total karena tidak ada pasar untuk minyak angin roll-on.

MOO_9033

Kenyataannya, Buana tetap yakin dengan ide bisnisnya dan berhasil mengeksekusinya dengan baik. SafeCare mampu menciptakan pasar minyak angin roll-on dan kini mampu menjadi salah satu merk yang diingat masyarakat, masuk di seluruh apotek dan berbagai toko retail di seluruh Indonesia. Dengan omzet bulanan puluhan Milliar Rupiah, Buana mampu membuktikan bahwa dosen dan praktisi yang sempat menghinanya dulu salah.

Contoh inspiratif lainnya adalah Alexis Ohanian, co-founder Reddit, salah satu diantara 50 website paling banyak diakses di dunia. Pada tahun 2013, Reddit dikunjungi oleh 731 Juta Orang yang membaca total 56 Milliar halaman Reddit. Alexis Ohanian sendiri, diakui sebagai presidennya masyarakat internet. Lewat bukunya “Without Their Permission”, Alexis sempat menceritakan satu momen yang mengubah hidupnya selamanya.

Momen tersebut adalah ketika Alexis baru 3 bulan membuat Reddit, dengan pengunjung yang hanya 10 ribu orang. Alexis memamerkan ide dan teknologi Reddit ke Yahoo!, dan salah satu eksekutif Yahoo! tiba-tiba berkata, “YOU GUYS ARE JUST A ROUNDING ERROR COMPARED TO YAHOO!, WHAT ARE YOU GUYS EVEN DOING HERE?”. Atau kalau terjemahan mudahnya, “Kalian itu kegagalan besar kalau dibandingkan Yahoo!, untuk apa kalian kemari?”. Sepulangnya dari kantor Yahoo!, yang dilakukan Alexis Ohanian adalah memasang poster besar di tembok kantornya dengan tulisan “You are a rounding error”. Alexis ingin memastikan bahwa tiap pagi dia masih ingat kepada siapa yang harus dia buktikan bahwa Reddit bukanlah sebuah rounding error.

Makna dari kedua cerita nyata diatas: orang-orang akan menghina ide Anda. Jangan biarkan hal tersebut menghentikan Anda. Justru, buatlah hal tersebut sebagai motivasi lebih. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga: 

Punya Ide Bisnis Brillian, Ini yang Harus Anda Lakukan

Dari Glodok Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Memulai Kuliah Usia 12 Tahun, Danielle Fong Siap Menyelamatkan Dunia

 

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+