Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People

In Memoriam Robin Williams: Pelajaran Berharga Bagi Setiap Bisnis di Dunia


Pebisnis, Anda Tidak Hanya Tertawa Oleh Ulah Robin Williams, Anda Juga Bisa Belajar Darinya.

Dunia komedi sedang berduka. Hollywood dikejutkan dengan kematian Robin Williams. Ia ditemukan meninggal akibat bunuh diri di rumahnya. Jawa Pos menyebut bahwa aktor ini sudah lama menderita bipolar disorder. Dalam sebuah statement tentang kematian suaminya, Susan Schneider, istri Robin Williams meminta kita untuk berfokus pada “momen tawa tak terhitung yang telah ia bagikan ke jutaan manusia”. Kami setuju dengannya. Kehidupan seorang Robin Williams menyiratkan banyak pelajaran berharga.

 

Untuk mengubah dunia, Anda perlu berhenti membatasi diri Anda.

Banyak komedian akan puas dengan tempat dimana ia berada di akhir 70 sampai 80 an: bintang sitkom Mork and Mindy. Namun bagi Williams, ini tidak cukup. Ia terus mengasah materi standupnya hingga menembus subyek-subyek tak terduga seperti apharteid, Ronald Reagan hingga saran seks Dr. Ruth. Saking cepat tempo humornya, Anda disarankan membawa inhaler asma di setiap penampilannya. Dan masih saja ia belum cukup puas. Karirnya justru berkembang ketika ia menolak membatasi dirinya terhadap dunia komedi. Ia mulai merambah ke kategori lain. Peran seriusnya sebagai seorang akademisi di Dead Poets’ Society (1989) membuka mata dunia bahwa edukator tidak perlu menjadi tokoh sadis pemegang rotan. Sejak saat itu, tawaran peran serius mulai bermunculan. Termasuk di dalam The Fisher King (1991) dimana ia kembali mendapat nominasi Oscar. Dan ketika semuanya jadi sangat serius, ia kembali mengejutkan Anda dengan perannya di Mrs. Doubtfire (1993).

RIP-robin-final-(1)

Pentingnya jadi orisinal: Aktor terbaik tidak pernah berakting.

Sebuah cerita yang ditulis oleh seorang wartawan Forbes sekaligus fans lama Robin Williams menceritakan banyak hal tentang kepribadian aslinya. Menurutnya, kepribadian Robin tidak jauh berbeda dari yang ia tunjukkan di panggung dan di layar. Pada sebuah pesta, sejak pertama menginjak pelataran, Robin berkeliling kesana kemari melontarkan lelucon. Menanggapi orang yang baru saja sembuh dari sakit, ia berkata, “Setidaknya Anda tidak sembuh dengan sebuah anting hidung.” Seseorang menyebut tetangga mereka dan dia berkata, ”Aku pernah menyukai tetanggaku sampai mereka menaruh password di Wi-Fi mereka.” Komentar demi komentar lucu non stop terlontar malam itu.

 

Bukan hanya dunia komedi. Di industri apapun, ketika Anda mencoba terus menerus, percayalah kalau Anda akan menciptakan momen keajaiban.

Tidak semua akting Robin Williams mendapat Oscar. Tidak semua lelucon Robin Williams berarti lucu. Tetapi ia tidak pernah berhenti. Ia terus menerus mengasah timing, konteks, emosi, suasana, ke dalam sebuah pengalaman yang tidak akan pernah kita lupakan.

Keajaiban adalah hasil yang datang dari percobaan berulang-ulang. Robin Williams mengajari kita tentang hal ini. Jadilah orisinal. Jadilah tak pernah puas. Maka Anda pun kelak mungkin akan jadi hebat. Robin McLaurin Williams (1951-2014).  Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Mike]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Orang Terkaya Kelima di Dunia Hidup Sederhana

Anak Muda Indonesia Ini Menolak Tawaran Perusahaan Design Raksasa Amerika Demi Mengejar Mimpi di Indonesia

Jutawan Ini Menganggap Kuliah Tidak Penting

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+