Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Ingin Berhenti Menjadi Karyawan Siapkan Empat Hal Dulu


Menjadi seorang entrepreneur menjanjikan pemasukan yang tidak terbatas. Namun bukan berarti pemasukan seorang entrepreneur juga selalu lebih tinggi jika dibandingkan gaji seorang karyawan. Janji pemasukan tidak terbatas itu juga termasuk pendapatan yang bahkan lebih rendah dari gaji seorang karyawan rendahan.

Dengan kondisi seperti itu, sebelum beralih dari karyawan menjadi entrepreneur, seseorang haruslah terlebih dulu mempunyai rencana keuangan yang bisa diandalkan. Rencana keuangan tersebut antara lain adalah melihat bagaimana kondisi pemasukan serta pengeluaran rutin setiap bulannya. Selain itu, seorang entrepreneur pemula mempersiapkan empat dana yang tidak boleh terlewatkan. Dana-dana tersebut harus disiapkan kalau-kalau terjadi skenario terburuk pada bisnis yang tengah dijalankan. Apa saja dana-dana tersebut?

uang rupiah

1. Dana Darurat

Tidak seperti pada saat menjadi karyawan, pemasukan yang dipunyai oleh seorang entrepreneur terus mengalami perubahan. Bisa saja bulan ini memperoleh banyak pemasukan. Namun belum tentu pemasukan yang sama akan didapatkan pada bulan depannya. Untuk itu, Anda memerlukan dana darurat.

Mengenai nilai dari dana darurat yang harus disiapkan, para financial planner pun mengatakan sebaiknya dana darurat tersebut besarnya 12 kali dari pengeluaran rutin bulanan. Dana darurat ini memang sengaja disiapkan bukan untuk satu atau dua bulan saja. Melainkan dipersiapkan untuk pengeluaran beberapa bulan.

 

2. Asuransi Kesehatan

Berbeda dengan karyawan, seorang entrepreneur tidak mendapatkan dana kesehatan dari pihak perusahaan. Untuk itu, entrepreneur pun harus menyiapkan dana kesehatannya sendiri. Jadi, pada saat terjadi hal yang tidak diinginkan, Anda sebagai seorang entrepreneur bisa memperoleh fasilitas kesehatan tanpa terlalu mengganggu kondisi keuangan.

 

3. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa mau tidak mau juga harus dimiliki. Dengan mempunyai asuransi jiwa, maka keluarga yang menjadi tanggungan Anda tidak akan kelimpungan dalam hal ekonomi pada saat Anda telah meninggal dunia. Bisa dibilang asuransi jiwa menjadi salah satu warisan Anda kepada mereka.

 

4. Investasi

Sekali lagi, entrepreneur merupakan pilihan pekerjaan yang tidak nyaman. Jenis pekerjaan ini menjanjikan pendapatan yang tidak pasti. Untuk itu saran mengenai jangan menaruh telur dalam satu keranjang menjadi hal yang harus diperhatikan oleh para entrepreneur. Salah satunya adalah dengan menanamkan investasi.

 

Bagaimana? Apakah Anda sudah mempersiapkan empat hal tersebut? Atau malah mempunyai solusi tersendiri dalam memulai karir menjadi entrepreneur dan meninggalkan dunia kerja sebagai seorang karyawan? Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya! [Photo Credit: Blek]

 

Baca Juga:

7 Keuntungan Menjadi Entrepreneur

Kisah Sandiaga Uno – Orang Terkaya ke 47 di Indonesia

Bisnis Rumahan Yang Mungkin Cocok Untuk Anda

Imam Baihaki

Seorang penulis yang ingin berkeliling Indonesia dan dunia.

Facebook