Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People

Ini Dia 5 Brand yang Sukses Menguasai Twitter


Artis dan Brand Ini Berhasil Memanfaatkan Twitter Untuk Kesuksesan Bisnis Mereka.

Ada 645 juta pengguna Twitter. Berarti marketing Anda jaman sekarang tidak bisa lepas darinya. Akan tetapi, Anda mungkin sudah mencoba segala macam cara. Mulai dari sekedar retweet hingga berpartisipasi dalam hashtag populer. Namun hasilnya masih saja nihil. Memang, sukses di Twitter tidak semudah itu. Sebelum Anda mencoba menciptakan konten dan mendorongnya melalui Twitter, ada baiknya kita mengintip dulu sejumlah brand dan selebriti yang telah lebih dulu sukses di Twitter. Mereka berlima memiliki pendekatan yang berbeda-beda. Anda bisa memilih salah satunya sebagai panutan Anda ketika menggunakan Twitter.

 

1. Ashton Kutcher

@aplusk adalah salah satu selebritis yang unggul karena pertama kali merangkul Twitter. Kutcher menjaga agar tweet miliknya tetap personal dengan mengungkapkan setiap pendapatnya terhadap segala macam hal yang terjadi di dunia. Berkat basis pengguna yang besar, setiap opini Kutcher dengan mudah menarik simpati dan dukungan. Dan tipe simpati seperti ini tidak jatuh dari langit. Pendekatan Kutcher terhadap Twitter lah yang membentuk followernya menjadi seperti itu. Pelajaran: suarakan pendapat Anda dan terhubunglah pada level kemanusiaan. Dengan memanusiakan brand Anda, Anda akan meningkatkan hubungan dan menambah keterlibatan dengan audiens Anda.

lady-gaga

2. Lady Gaga

Penyanyi pop yang eksentrik satu ini terkenal karena sering posting detail tentang kehidupannya di rumah, di studio, di jalan, yang mana membantunya tetap terhubung dengan Little Monster miliknya. Gaga sangat populer di Twitter karena dia seringkali posting foto, yang mana sangat relevan dengan reputasinya sebagai pembawa kejutan di industri hiburan. Di albumnya, Anda dapat melihat segala macam mulai dari wajahnya tanpa makeup hingga props panggung terbarunya. Pelajaran: Marketer yang ingin menggunakan Gaga sebagai contoh  bisa menyerap taktik kuncinya: menggunakan foto secara rutin pada update Anda.

 

3. JetBlue

Apa yang membuat maskapai ini berbeda dari kompetisinya? Jika Anda membuka akun @jetblue, mereka menyediakan informasi yang menguntungkan bagi customer, misalnya special deal dan promosi kilat. Insentif seperti ini yang menjadi alasan bagi pelanggan untuk mengikuti halaman Twitter mereka, sekaligus menjadi alasan bagi mereka untuk kembali. Pelajaran: Jika Anda ingin menggunakan model ini dalam rencana marketing Anda, tawarkan insentif berupa promosi spontan yang akan membuat customer bersedia mengikuti Twitter Anda.

 

4. DirecTV

@directv hampir sama dengan JetBlue. Contohnya pengguna Twitter mengaksesnya untuk menemukan channel mana yang gratis pada akhir pekan tertentu. Namun tidak sepenuhnya. Perbedaannya terletak pada bagaimana dia melibatkan diri dengan konsumen. DirecTV mencoba untuk berinteraksi langsung dengan mereka. Artinya, ketika Anda mengajukan komplain melalui tweet, mereka akan segera merespon dengan solusi. Pelajaran: Twitter juga bisa digunakan sebagai kanal untuk layanan pelanggan.

 

5. Katy Perry

Soal menggabungkan setiap strategi yang ada di Twitter, Katy Perry adalah contoh yang paling cocok. Penyanyi pop ini menggunakan akunnya untuk berbagi update tentang kehidupan personalnya, mempromosikan musik dan videonya sendiri, dan tweet sponsor. Ia bisa menghasilkan ribuan dolar hanya dengan mengirimkan satu tweet sponsor. Pelajaran: Diversifikasi tweet Anda. Gunakan nada yang kasual. Twitter bukanlah tempat untuk lingo perusahaan. Ia adalah tempat dimana brand dapat bertingkah layaknya manusia biasa.

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Lady Gaga]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Orang Terkaya Kelima di Dunia Hidup Sederhana

Anak Muda Indonesia Ini Menolak Tawaran Perusahaan Design Raksasa Amerika Demi Mengejar Mimpi di Indonesia

5 Bank yang Memberikan Pinjaman Tanpa Jaminan

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+