Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Ini Dia 5 Tips Khusus Bagi Entrepreneur Wanita


Dengan statistik The Global Entrepreneurship Monitor (GEM) yang menyebut bahwa untuk pertama kalinya dalam 13 tahun, wanita berhasil menciptakan bisnis pada tingkat pertumbuhan yang mengungguli pria di tiga dari 59 negara, yakni Ghana, Nigeria, dan Thailand. Maka entrepreneur wanita di Indonesia juga bisa berkembang. Berikut adalah lima tips untuk Anda, wanita yang berkarir di dunia entrepreneur.

 

1 ) Anda adalah Pemilik Kesuksesan Anda.

Beberapa studi menunjukkan bahwa perempuan secara sistematis meremehkan kemampuan mereka sendiri. Dipasangkan dengan hambatan situasional lainnya, hal ini mengarahkaan kurangnya apresiasi dari lingkungan sekitar. Jadi, rayakan prestasi Anda. Akui keberhasilan Anda. Keberhasilan Anda bukanlah keberuntungan. Anda bekerja keras untuk prestasi Anda, jadi Anda harus merasa bangga. Hal ini akan memberi motivasi untuk pencapaian-pencapaian besar Anda berikutnya.

tips-bisnis-untuk-wanita

2 ) Kerjasama.

Perempuan seringkali merupakan seorang partner bisnis yang baik karena mereka adalah pendengar aktif. Anggapan umum yang beredar adalah kepemimpinan identik dengan ketegasan. Tapi itu tidak sepenuhnya benar. Tangan yang kuat memang sangat penting untuk mendaki tangga perusahaan. Akan tetapi untuk memimpin orang lain, Anda perlu kepekaan negosiasi dan mampu bekerja sama dengan orang yang tepat. Kepekaan seperti ini sudah dimiliki setiap wanita. Tinggal bagaimana mereka mengasahnya.

 

3 ) Memahami bahwa Bisnis adalah Sebuah Permainan.

Akan ada permainan kotor, dan wasit tidak akan menangkap setiap penalti. Namun dorongan dan ambisi yang kuat dapat mengatasi hambatan ini. Pastikan pula bahwa Anda menikmati setiap hal yang Anda lakukan. Bisnis adalah sebuah permainan. Sama seperti permainan monopoli, jangan bawa terlalu serius, enjoy the ride.

 

4 ) Menjaga Lingkungan yang Sehat.

Orang-orang di sekitar Anda berkontribusi untuk kesuksesan Anda. Mengutip ungkapan Jim Rohn, “Anda dibentuk dari gabungan lima orang yang menghabiskan sebagian besar waktu dengan Anda”. Orang-orang di sekitar Anda inheren dalam menentukan siapa Anda dan akan jadi apa. Maka kelilingilah diri Anda dengan orang-orang positif dan peluang. Singkatnya, pastikan untuk tetap dekat dengan orang-orang yang mendorong Anda. Keberhasilan entrepreneur akan mengikuti.

 

5 ) Keluarga.

Beberapa entrepreneur wanita di Indonesia memiliki kesamaan visi. Bisnis mereka harus bisa berjalan seiringan dengan keluarga. Anda mungkin juga ingin belajar dari cerita Rizki Rahmadianti dan Febbi Filza, yang secara terpisah menjelaskan tentang pentingnya keluarga dalam sebuah bisnis.

Nah Ladies, bagaimana menurut Anda?

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Reyner Media]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Calvin Kizana, Anak Indonesia di Balik Kesuksesan Besar Picmix Menjadi Aplikasi Foto Populer Dunia

Inilah Kenapa Oprah Winfrey Bisa Menjadi Sangat Sukses

Waktu Khusus Untuk Malas Bisa Meningkatkan Produktivitas Anda

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+