Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People

Ini Dia 6 Kampanye Kickstarter Paling Sukses


Kickstarter adalah situs revolusioner di mana user bisa mendanai proyek-proyek independen milik pengusaha startup dengan ide-ide yang menurut mereka menarik, kreatif dan revolusioner. Sang pengusaha akan berlomba-lomba untuk mempromosikan idenya, dimana setiap orang di dunia yang ingin melihat ide tersebut terwujud bisa mendanai proyek ini secara patungan. Well, Tidak semua ide mendapatkan dana yang diharapkan, akan tetapi tidak sedikit pula yang telah berhasil. Dalam beberapa kasus, ide-ide dengan daya tarik yang besar bahkan bisa menerima jauh lebih banyak dari yang mereka bayangkan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

 

The Pebble 

The Pebble adalah proyek Kickstarter paling sukses hingga saat ini. Yakni arloji pintar yang dioptimalkan untuk sistem operasi mobile iOS dan Android. The Pebble menggunakan kontrol wireless melalui Bluetooth pada telepon Anda. Sehingga memungkinkan Anda untuk melihat panggilan, pesan teks, dan email. Anda juga dapat mendownload aplikasi untuk menyesuaikan arloji anda sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. The Pebble mendapat $10.266.845 dari 68.929 pendukung di Kickstarter. Melampaui tujuan pendanaan mereka hingga 10.000 % .

pebble

OUYA

Video game memiliki kekuatan yang besar dalam industri hiburan. OUYA merengkuh daya tarik terbesar smartphone, yaitu kemampuan open source, dan menggabungkannya ke konsol video game tradisional untuk membuat sebuah konsol video game yang benar-benar open source dan hackable. OUYA berhasil menarik lebih dari 2 juta dolar pada hari pertama dan mendapatkan total $8.596.475.

 

Double Fine Adventure

Membuat video game tidaklah murah. Itulah sebabnya Double Fine Productions pergi ke Kickstarter untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan dalam membuat game andalannya. Double Fine Adventure menggunakan gaya gaming tradisional dengan permainan point & click klasik di mana misteri-misteri akan terungkap secara real time. Selain itu tidak banyak yang diketahui tentang permainan ini, kecuali biaya untuk membeli permainan ini nanti sekitar $ 15 dan dia berhasil menarik $ 3.336.372 dari 87.142 pendukung di Kickstarter.

 

Wasteland 2

Wasteland 2 akan menjadi sekuel RPG Wasteland yang pernah sukses di tahun 1988 dan meraih banyak pujian berkat fitur-fitur inovatif yang tidak pernah ada dalam dunia game saat itu. Wasteland 2 mengklaim akan dikembangkan oleh beberapa mastermind yang berada di balik game aslinya. Para desainer dan produser eksekutif telah kembali untuk membantu membuat sekuel ini. Permainan ini diklaim akan menampilkan semua elemen dari versi aslinya sembari menambahkan beberapa fitur yang lebih modern. Proyek ini telah memperoleh banyak dukungan dari komunitas game dan berhasil menarik $ 2.933.252 dari 61.290 pendukung di Kickstarter.

 

Shadowrun Returns

Shadowrun Returns adalah sekuel dari Shadowrun, sebuah judul game yang sempat menerima pujian tinggi. Sekuelnya digarap oleh Harebrained Schemes, pengembang yang sukses berkat judul Crimson Pirates Steam,  game untuk iPad yang pernah memegang tempat nomor 1 di jumlah download. Shadowrun Returns berhasil menggalang $ 1.836.447 dari 36.276 pendukung di Kickstarter .

 

Elevation Dock

Anda mungkin tidak habis pikir bagaimana suatu barang sepele seperti pegangan iPhone akan mengumpulkan begitu banyak perhatian. Sebab sudah ada puluhan atau ratusan di luaran sana. Namun, tampaknya ada satu hal yang mereka semua miliki: kebanyakan konsumen tidak menyukainya. Inilah yang kemudian menciptakan pasar bagi Elevation Dock. Di dalamnya dilengkapi dengan dukungan pad yang dapat dipindah-pindah dan port USB yang tersembunyi di bagian bawah. Barang ini menggalang dana sebesar $1.464.706 dari 12.521 pendukung di Kickstarter. Elevation Dock akan dijual seharga $90 sampai $120 dan sudah tersedia untuk preorder sekarang.

 

Meskipun seringkali Kickstarter identik dengan proyek-proyek di bidang teknologi, namun tidak terbatas untuk itu. Beberapa di antaranya bisa termasuk fashion, teater dan seni. Misalnya proyek film dokumenter The Journey Back yang saat ini tengah digagas oleh David Metcalf dan Rex Urwin untuk mengembalikan kehidupan suku Dayak di Kalimantan. Proyek-proyek di Kickstarter hanya akan didanai ketika tujuan keuangan terpenuhi dalam tenggat waktu tertentu, dan orang-orang yang ingin mendanai proyek ini biasanya mendapatkan penawaran hadiah pertukaran.

Nah Sobat Studentpreneur, bagaimana menurut Anda? Anda bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: James]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Gadis Cantik Ini Berbisnis Sambil Melestarikan Budaya

Ini Nasehat Orang Terkaya di Abad 19

Dari Guru Bahasa Inggris Menjadi Pahlawan Ekonomi China

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+