Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Tips

Ini Dia Cara Facebook Memilih Karyawan Mereka


Julie Zhuo, direktur desain produk Facebook, membagikan rahasia seputar bagaimana dia memilih tim desainer untuk Facebook. Zhuo mulai bekerja sebagai desainer perusahaan sejak tahun 2006, dimana kala itu, ia masih berusia 22 tahun.

“Cara terbaik untuk menemukan orang yang berbakat adalah dengan melihat produk yang Anda kagumi dan mencari tahu siapakah yang membuatnya,” kata Zhuo. Dengan kata lain, Facebook menilai kandidat karyawan berdasarkan pekerjaan yang sudah mereka lakukan. Berikut adalah proses lengkapnya berdasarkan keterangan Zhuo.

 

1. Membedah karya kandidat.

Pada awal proses perekrutan, Facebook memanggil kandidat potensial mereka dan membedah karya-karyanya dengan teliti.

“Kami tidak mencari kandidat yang hanya bisa membuat sesuatu yang sekedar berfungsi. Kami ingin produk yang mereka hasilkan membuat orang lain merasa seolah mereka membangunnya karena peduli. Di samping itu, aspek kualitas juga sangat penting bagi kami,” kata Zhuo.

Facebook menilai apakah karya yang diciptakan kandidat mampu menjadi solusi dari masalah yang nyata, mudah digunakan, dan memiliki detail yang indah.

Dalam beberapa kasus, beberapa kandidat yang mampu mengesankan Zhuo adalah mereka yang membawa versi awal pekerjaan mereka dan dari waktu ke waktu menunjukkan bagaimana karya tersebut dikembangkan.

“Dengan membedah karya mereka, Anda dapat melihat pribadi mereka. Hal ini dapat memberitahu banyak hal tentang potensi rekan kerja Anda,” katanya.

Julie-Zhuo

2. Gelar bukan masalah.

Ketika Facebook seolah mempekerjakan pelamar dari universitas bergengsi, beberapa desainer dan pengembang mereka yang paling berbakat justru otodidak.

“Seringkali, desainer tanpa pelatihan tradisional memiliki kecerdasan yang tidak biasa anda lihat. Kami mencari orang-orang yang memiliki antusiasme belajar yang ekstrim. Bahkan jika mereka tidak pergi ke sekolah bergengsi, mereka harus memiliki pengalaman yang luas di lapangan. Kandidat yang memikat adalah mereka yang senantiasa mengambil inisiatif untuk bereksperimen.”

 

3. Mencari team player.

Bahkan desainer yang hebat sekalipun mungkin tidak akan lolos jika mereka tidak dapat bekerja dengan baik di dalam tim. Selama proses screening, Facebook kadang-kadang membuat kandidat mereka bekerja dengan tiga atau empat desainer lain untuk melihat seperti apa dinamika tim ketika ditambah dengan kandidat tersebut.

 

4. Pandangan jangka panjang.

Zhuo memiliki pertanyaan wawancara favorit untuk mengetahui tingkat kebijaksanaan sang kandidat. Yaitu, “Jika Anda memiliki dua bulan untuk melanjutkan proyek ini, apa yang akan Anda lakukan secara berbeda? Apa yang akan Anda tambahkan atau Anda sempurnakan?” Dari sini, Zhuo akan mengetahui tentang pandangan jangka panjang mereka.

 

Pada intinya, Facebook mencari kandidat yang mampu menyesuaikan diri mereka dengan dinamika perusahaan. Hal ini dapat diterapkan juga pada bisnis Anda. Bagaimana menurut Anda? Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga:

Pendiri Facebook Doyan Pesta

Pemuda Ini Kumpulkan Milliaran Rupiah dari KickStarter

Kebiasaan Orang Kreatif

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+