Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Ini yang Bisa Bisnis Anda Lakukan di Bulan Terakhir 2014


Sudahkah Anda Mempunyai Strategi Untuk Memenuhi Target Tahunan di Bulan Desember Ini?

Anda sudah mencapai bulan terakhir di tahun 2014. Bagaimana dengan perkembangan bisnis Anda saat ini? Apakah lancar, atau justru … stuck? Ada satu hal yang Anda benar-benar tidak bisa lakukan dalam 1 bulan ke depan. Yaitu berhenti. Tidak peduli betapa hopeless Anda merasa atau seberapa jauh kompetitor meninggalkan Anda, jangan menyerah pada gol Anda untuk tahun 2014. Anda masih memiliki sisa 1 bulan untuk memperjuangkannya. Jadi, apa saja yang bisa Anda lakukan selama1 bulan?

redesign-the-business

Evaluasi produk Anda

Kompetitor Anda saat ini mungkin sedang menurunkan harga mereka sehingga angka sales Anda terjun bebas. Satu hal yang bisa membuat Anda selamat dari perang harga adalah bersaing dari segi kualitas. Jika selama ini produk Anda dan kompetitor Anda sama, maka revolusi produk Anda sekarang juga. Jadikan lebih modern, lebih langka, lebih mudah dan lebih aman digunakan, lebih efisien, tahan air, lebih fresh, lebih ramah lingkungan, dan lain sebagainya. Dengan memberikan nilai tambah pada produk Anda, sekaligus menyatakan diri Anda keluar dari perang harga, dan lebih berfokus pada kualitas, angka sales Anda akan bertumbuh. Pelan tapi pasti.

 

Evaluasi layanan Anda

Hal lain yang bisa Anda tawarkan untuk menonjol jauh dari kompetitor Anda yang sedang berperang harga adalah menawarkan layanan yang lebih baik dari mereka. Misalnya customer service yang lebih ramah, pengiriman yang lebih cepat, jam buka yang lebih panjang, website yang lebih sedap dipandang, dan bonus tambahan yang mungkin tidak diduga oleh konsumen. Ketika menjalankan bisnis, tugas Anda tidak hanya mencari sebanyak-banyaknya pelanggan baru saja, melainkan mempertahankan pelanggan lama, agar mereka membawa pelanggan baru pada bisnis Anda. See?

 

Evaluasi bisnis Anda

Berikutnya yang bisa Anda kaji ulang adalah model bisnis Anda. Lihat rencana bisnis Anda dan temukan apakah ada lubang yang dapat Anda tutup dengan segera. Misalnya dengan menawarkan jenis produk yang lebih banyak, memperbaiki opsi pembayaran, memindahkan toko Anda ke lokasi lain, hingga mengalihkan model bisnis Anda ke arah yang benar-benar baru. Misalnya dari penjualan baju ke penjualan aksesoris pelengkap baju. Kenapa tidak? Siapa tahu saat ini Anda sekarang sedang bersaing di bisnis yang sudah penuh sesak dengan kompetitor (atau lebih familiar disebut dengan red ocean). Akan lebih baik jika Anda menemukan blue ocean Anda. Anda memang tidak boleh berhenti, namun bukan berarti Anda tidak boleh beralih ke arah baru yang lebih menguntungkan.

Jadi Sobat Studentpreneur, bagaimana kondisi Anda saat ini? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Tobias]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Hobi Game, Wanita Ini Raup Ratusan Juta Rupiah Per Bulan

Sempat Dibully, Siswi Kelas 3 SMA Ini Justru Tuai Puluhan Juta Rupiah

Jual Lele Bisa Dapat Harley Davidson Ratusan Juta

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+