Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Ini yang Dibutuhkan Untuk Membangun Startup


Untuk membangun sebuah perusahaan yang dapat berkembang pesat, lakukan 3 hal ini dengan benar

Kebutuhan tidak sama dengan keinginan. Tidak semua hal yang kita inginkan dari sebuah usaha itu kita butuhkan. Namun seringkali kita selalu berpikir untuk mendapatkan lebih dulu apa yang kita inginkan dibandingkan apa yang kita butuhkan dalam membangun sebuah Startup. Sebenarnya ada 3 hal penting yang sangat dibutuhkan untuk dapat membangun sebuah Startup yang hebat. Berikut 3 hal tersebut:

 

suzuki

 

Buat Visi dan Misi

Pekerjaan pertama dan yang paling penting adalah membuat visi dan strategi untuk perusahaan. Tanpa visi maka perusahaan akan kehilangan arah. Tanpa arah maka perusahaan tidak akan bergerak kemana-mana. Oleh karena itu buatlah visi serta misi untuk mencapai visi tersebut. Salah satu contoh perusahaan yang menjadi besar karena terdorong oleh visi misinya adalah facebook. Cita-cita Mark Zuckerberg yang ingin menghubungkan semua orang di dunia ini satu sama lain, membuat dia dan facebook bekerja sangat keras, sekedar ingin mewujudkan cita-cita tersebut.

 

Taruhlah orang yang benar sesuai tempatnya

Kesalahan terbesar yang dilakukan oleh pendiri Startup adalah melakukan semuanya sendiri. Untuk membangun sebuah perusahaan hebat yang dapat berkembang pesat dibutuhkan orang lain untuk dapat menjadi pemimpin yang akan mengarahkan perusahaan, sementara kita fokus memastikan 3 hal ini berjalan dengan benar. Pernah mendengar istilah “The Right Man on the Wrong Place”? Kita semua juga pasti tidak ingin bekerja di posisi atau tempat yang salah bukan? Karena itu hindari menaruh orang di posisi sembarangan. Pastikan sebelum membagi posisi, cari tahu kelebihan masing-masing orang. Jika ingin mencari orang baru cobalah menggunakan LinkedIn, jejaring sosial yang berisi orang-orang profesional. Siapkan juga pelatihan bagi semua karyawan baru agar mereka bisa berkembang lebih baik.

 

Pastikan untuk selalu memiliki uang yang cukup

Seringkali Startup memiliki usia prematur, yaitu tutup sebelum dapat menghasilkan sesuatu karena kekurangan uang. Sebenarnya selama perusahaan berkembang, berapapun jumlah uang yang tersimpan di Bank tidak menjadi masalah asalkan cukup untuk membayar gaji para karyawannya dan pastinya menutup biaya operasional perusahaan. Untuk memastikan uang selalu tersedia, selalu aturlah arus kas keuangan perusahaan. Sebuah perusahaan hanya bisa disebut bangkrut kalau kehabisan uang atau foundernya menyerah.

 

Itulah versi sederhana dari 3 hal penting yang harus dilakukan jika ingin mendapatkan apapun yang dibutuhkan untuk membangun sebuah perusahaan yang hebat. Ada yang ingin menambahkan Sobat Studentpreneur? Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga:

Imelia – Perjuangan Gadis Cantik Pemilik Bengkel

Apakah Anda Layak Menjadi CEO Microsoft?

Bagaimana Rasanya Gagal Dalam Bisnis

 

[Photo Credit]: @ivokun

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+