Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Tips

Ini yang seharusnya dilakukan oleh Game Developer Indie


“It’s not only about a good game, but it’s about how the game be known by people.”

Dunia industri game indie di Surabaya kini mengalami kebangkitan dan semakin bersatu. Pada tanggal 13 Agustus lalu, para pecinta dan penggiat dunia game indie di Surabaya berkumpul dalam sebuah meetup yang diadakan oleh GADAS (Game Developer Arek Suroboyo). Bagi Anda yang belum mengenalnya, GADAS adalah sebuah komunitas yang terdiri dari kumpulan berbagai elemen dalam Game Developer se-Surabaya sekaligus  orang-orang yang tertarik dengan dunia industri game.

Dalam meetup kali ini hadir 2 orang anggota tim Developer Game Indie asal Bandung, yaitu Digital Happiness. Mereka berbagi pengalaman mereka tentang jatuh bangunnya dalam membuat game. Selain itu mereka juga berbagi pengalaman seputar bagaimana game terakhirnya, yaitu Dreadout yang menjadi salah satu Game asal Indonesia yang populer di kancah dunia dan dapat laku terjual. Berikut poin-poin penting dalam meetup yang telah dirangkum oleh tim Studentpreneur:

gadas-meetup-agustus-2014

Pikirkan bagaimana supaya game ini dapat diketahui banyak orang

Dito, salah seorang anggota tim pembuat Dreadout menceritakan bahwa Game yang bagus akan dapat dimainkan terus oleh banyak orang. Mereka juga pada awalnya sempat bingung memikirkan seperti apa game yang bagus itu. Namun mereka merasa bahwa riset yang harus dilakukan butuh waktu lama. Untuk itulah mereka mensiasati berbagai hal untuk mempersingkat waktu. Mulai dari genre game yang akan dibuat diganti menjadi genre game yang juga disukai masing-masing anggota tim, hingga akhirnya sampai pada titik bagaimana membuat game menjadi populer. Mereka sadar bahwa apabila gamenya diketahui banyak orang, maka akan banyak pula yang tertarik ingin memainkannya. Untuk itulah selanjutnya mereka fokus pada bagaimana supaya game ini bisa menjadi populer.

 

Jalin komunikasi dengan lebih banyak orang

Untuk dapat membuat game lebih diketahui banyak orang, berkomunikasilah dengan banyak orang juga. Ceritakan keunikan game, lalu ajaklah orang lain untuk mencoba memainkan game dan minta feedbacknya. Cerita dari mulut ke mulut adalah salah satu hal ampuh yang berguna untuk membuat game dapat dikenal oleh banyak orang. Mereka yang sudah memainkannya pasti akan memiliki cerita untuk mereka ceritakan lagi dengan teman-teman mereka. Semakin baik kesan yang kita buat akan membuat mereka menjadi tertarik untuk memainkan dan menceritakan ke teman-teman mereka lagi. Jangan lupa untuk menghargai orang-orang yang sudah meluangkan waktunya untuk memainkan game. Dreadout pun juga memberikan apresiasi bagi para pemain yang telah memainkan dengan membuatkan video ucapan terima kasih.

Dua poin diatas adalah hal yang seharusnya lebih diperhatikan oleh para developer game indie lokal. Semakin banyak orang yang mengetahui akan meningkatkan jumlah pemain. Selain itu semakin banyak feedback yang masuk akan membuat para developer game tahu apa saja yang disukai oleh para pemain sehingga akan memudahkan developer untuk membuat game yang lebih baik lagi. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Benny]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Orang Terkaya Kelima di Dunia Hidup Sederhana

Anak Muda Indonesia Ini Menolak Tawaran Perusahaan Design Raksasa Amerika Demi Mengejar Mimpi di Indonesia

Jutawan Ini Menganggap Kuliah Tidak Penting

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+