Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Inilah 10 Aplikasi Untuk Membantu Anda Berjualan Online di Facebook


Dengan menggunakan 10 aplikasi ini Anda bisa menjadi seorang pebisnis profesional yang menawarkan berbagai macam produk unggulan di facebook.

Dengan semakin berkembangnya teknologi internet semua menjadi semakin mudah. Teknologi internet memberikan kemudahan terhadap semua hal, tak terkecuali bagi mereka yang ingin menjadi seorang pebisnis. Pasalnya, seorang pebisnis tak perlu lagi membuka sebuah lapak untuk menjajakan barang dagangannya. Hanya cukup dengan mengunggah sebuah foto produk yang dijualnya maka konsumen pun akan datang dengan sendirinya. Proses transaksi pun juga dilakukan secara online tanpa harus bertatap muka. Semua itu adalah kemudahan-kemudahan yang didapat seorang pebisnis dalam menjalankan bisnisnya.

Sementara itu, dunia media sosial pun juga semakin berkembang pesat seiring dengan banyaknya pengguna internet di dunia ini. Salah satu situs sosial media terbesar yakni facebook dimana memiliki pengguna sebesar 1 miliar orang pengguna tentunya akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pebisnis. Pasalnya, para pebisnis tak perlu melakukan banyak promosi untuk menjaring para konsumennya. Cukup dengan mengunggah setiap produk yang dimiliki maka konsumen bisa memilih produk yang akan dibelinya.

Tak hanya itu saja, pebisnis pemula pun juga bisa memanfaatkan facebook sebagai media untuk mempromosikan produk-produk yang dijualnya. Pebisnis pemula juga tak perlu repot mendirikan sebuah booth untuk memajang produk. Bahkan, pebisnis pemula juga tidak memerlukan seorang karyawan untuk menawarkan produk yang akan dijualnya. Pasalnya, semua itu bisa dilakukan sendiri semudah jika Anda menulis sebuah status yang ada di wall facebook.

Bahkan, sekarang ini ada banyak sekali aplikasi-aplikasi yang menawarkan jasa untuk membuat sebuah toko online. Jadi, Anda pun tak perlu repot untuk mendesain sebuah toko online seperti memikirkan domain, hosting apalagi metode pembayaran dan pengirimannya. Pasalnya, aplikasi e-commerce tersebut telah memberikan sebuah toko online yang menarik bagi Anda lengkap dengan sebuah kebutuhan untuk mendirikan sebuah toko online yang siap digunakan di facebook. Sebagai langkah awal, mungkin Anda bisa belajar untuk memperkenalkan produk ke konsumen, lalu belajar untuk menangani pemesanan yang dilakukan oleh konsumen. Aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk menjadi seorang pebisnis tanpa memerlukan banyak waktu dan tenaga bahkan uang yang akan digunakan.

Aplikasi e-commerce dan toko online facebook mengijinkan penggunanya untuk menambahkan suatu item barang pada halaman [page] atau profilnya. Hal ini bertujuan untuk semakin memudahkan dalam melakukan transaksi penjualan secara langsung di facebook. Jadi, jejaring sosial seperti facebook tidak hanya terbatas digunakan secara personal untuk mengunggah foto-foto pribadi maupun status penggunanya yang akan dibagi kepada teman-temannya saja. Aplikasi toko online yang ada di facebook menawarkan kesempatan baru bagi para pemilik bisnis untuk memperluas dan mempromosikan toko online yang dimiliki seorang pengguna.

 

Payvment

Aplikasi ini menjadi solusi dalam e-commerce karena menawarkan kepada pengguna untuk membuat sebuah toko online yang unik agar bisa menjual produk secara langsung di facebook. Anda bisa menambhkan daftar barang, membuat kategori barang, menambah gambar produk secara mudah. Selain itu, daftar produk juga bisa giubah dan diganti setiap saat secara otomatis.

Aplikasi payvment merupakan sebuah solusi tepat bagi mereka yang ingin berjualan di facebook. Fitur-fitur yang diberikan sangat memudahkan bagi pemilik bisnis karena membuatnya terlihat seperti sebuah mall yang menjual produknya secara online. Halaman admin semakin memudahkan Anda untuk mengatur display produk, form penjualan dan juga kapan sebuah produk akan diluncurkan secara otomatis. Bahkan, payvment juga tidak memberikan tag pada foto barang dagangan yang biasanya tidak diinginkan oleh pengguna karena dirasa cukup mengganggu. Tak hanya itu saja, metode pengiriman barang atau shipping dan juga sistem pembayarannya pun juga bisa dipilih menggunakan paypal atau facebook credit. Berjualan atau bertransaksi menggunakan payvment pun menjadi lebih aman dan nyaman.

 

BigCommerce SocialShop

Aplikasi lainnya yang menarik dan mengijinkan pengguna untuk menjual produk di facebook adalah SocialShop yang dibuat oleh BigCommerce. Aplikasi adalah salah satu yang paling populer dalam membuat toko online dan menawarkan solusi terbaik bagi para pebisnis dengan skala kecil maupun besar. BigCommerce menawarkan berbagai macam kemudahan dengan berbagai macam fitur yang lengkap dan memudahkan Anda dalam membuat toko online. Dengan menggunakan BigCommerce maka Anda bisa dengan cepat membuat sebuah toko online untuk menjual produk, membuat sistem pemesanan produk dan pembayarannya secara online hanya dalam waktu beberapa menit. BigCommerce bukan hanya memudahkan Anda sebagai pebisnis dalam menawarkan produk saja. Tetapi, pengguna facebook pun akan dengan mudah mendapatkan informasi terkait dengan produk yang dibutuhkannya. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat tepat bagi Anda yang ingin membuka sebuah toko online di facebook.

 

Social store builder by volusion

Aplikasi e commerce buatan volusion ini akan memberikan kemudahan bagi anda untuk membuat sebuah toko online. Pasalnya, aplikasi ini memberikan ratusan template premium yang siap digunakan untuk mewujudkan keinginan Anda membuat toko online. Anda benar-benar diberikan kemudahan dalam membangun sbeuah toko online dan jika mengalami kesulitan maka akan segera dibantu dengan tim dari volusion. Tak hanya itu saja, social store builder juga menawarkan berbagai macam alat pendukung SEO untuk mempromosikan bisnis Anda. Hal tersebut akan membantu Anda untuk mendapatkan konsumen dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, aplikasi ini akan membantu Anda untuk mengoptimalkan konten yang sudah dibuat, lalu posting ke jejaring sosial dan mengirimkan email untuk membuat penawaran harian kepada setiap konsumen. Aplikasi ini juga menawarkan kemudahan kepada konsumen untuk melakukan pembayaran karena bisa melakukannya melalui paypal. Bagi Anda yang ingin mendapatkan bantuan secara personal, maka volusion juga menawarkan gold member untuk memudahkan Anda membuat toko online.

 

Ecwid

Ecwid adalah sebuah toko online yang revolusioner dan terigentrasi dengan cepat ke dalam sebuah situs web yang ada. Hanya dalam hitungan menit saja, maka seorang konsumen sudah bisa menambahkan keranjang belanjanya. Hal ini dikarenakan jika Anda menggunakan Ecwid maka produk anda akan terjual secara serempak di berbagai situs sosial atau situs web. Produk anda akan terpasang langsung di google shopping, amazon dan juga eBay dengan menggunakan perangkat apapun.

Selain itu, Edwic juga memiliki desain yang responsif sehingga akan membuat toko online milik Anda tampil sempurna. Pasalnya, tampilannya akan menyesuaikan dengan ukuran layar konsumen secara otomatis baik itu menggunakan ponsel, tablet, laptop, desktop bahkan ukuran televisi. Edwic juga akan membantu Anda menjual produk secara global karena menggunakan dukungan mata uang dari berbagai negara di dunia. Ada 40 opsi pembayaran internasional dan pengiriman barang secara real time yang terintegrasi dengan dukungan 45 bahasa di seluruh dunia. Edwic akan memudahkan Anda untuk terhubung dengan konsumen atau teman-teman Anda di facebook dalam melakukan transaksi jual-beli.

 

My etsy

Bagi Anda yang senang dengan barang-barang handmade, maka Etsy adalah tempat yang tepat untuk menjual produk jenis itu. Pasalnya, ada banyak sekali pebisnis kreatif yang tidak hanya ikut menjual barang saja bahkan mereka juga memproduksi sendiri hasil karyanya. Etsy telah memiliki lebih dari 25 juta user aktif dan setiap bulan ada sekiatr 1.5 miliar page views. Oleh karena itu, etsy adalah sebuah platform toko online yang tepat untuk mendapat setumpuk uang dalam bentuk dollar maupun rupiah.

Bagi yang belum terbiasa, mungkin etsy memang terdengar sedikit awam karena barang-barang yang dijual merupakan murni produk buatan tangan. Dengan menggunakan aplikasi ini maka pengunjung bisa membagikan foto produk yang diunggah kepada teman-temannya. Setiap konsumen tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari barang-barang yang dibutuhkannya. Cukup dengan mengetik barang yang dibutuhkan di kolom search lalu tekan enter maka dalam waktu singkat berbagai macam pilihan produk pun akan tersedia.

 

Marketplace

Anda benar-benar tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan sepeser pun dalam menggunakan marketplace untuk membuat sebuah toko online sendiri. Selain itu, melalui marketplace Anda akan menemui banyak sekali konsumen yang menjadi target penjualan produk. Anda juga tidak perlu memikirkan strategi promosi yang tepat karena Anda tinggal memasang produk saja. Pasalnya, hal tersebut akan langsung otomatis didapat ketika menggunakan marketplace dalam menjual produk.

Marketplace sangat mudah sekali digunakan ileh user. Bahkan, bagi orang awam sekalipun yang sebelumnya tidak pernah menggunakan situs jual beli secara online. Pasalnya, marketplace memberikan panduan penggunaan atau informasi yang cukup lengkap bagi user sehingga mudah dipahami dalam menggunakan marketplace. Karena banyaknya pengguna yang melakukan jual-beli secara online, maka marketplace adalah tempat yang tepat karena bisa menjangkau calon pembeli yang lebih besar. Terlebih, di Indonesia yang banyak masyarakatnya mulai beralih ke pembelian secara online. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur testimonial dari pembeli atas kepuasannya bertransaksi dengan Anda. Fitur ini akan memberikan feedback dan manfaat yang cukup besar bagi Anda untuk meningkatkan kredibilitas toko milik Anda. Dengan begitu, konsumen akan lebih percaya melakukan transaksi jual beli dengan Anda.

 

CafePress

Bagi Anda yang memiliki bakat dalam bidang desain, maka CafePress adalah tempat yang tepat bagi Anda. CafePress bisa membuat Anda menjadi seorang pebisnis yang sukses dan kaya raya. Pasalnya, CafePress adalah semacam toko online dimana Anda hanya perlu mengupload hasil desain yang kemudian konsumen akan siap membeli produk Anda tersebut. Anda bisa menjual ide dari setiap desain dengan menentukan harga yang pas dan memberikan keuntungan tentunya. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam melakukan promosi ke setiap pengguna facebook sehingga bisa menjaring konsumen yang lebih besar. Pasalnya, CafePress akan mempublikasikan produk Anda melalui profile dan menggunakan akses untuk mempromosikannya ke semua teman di facebook.

 

MyMerchStore

Aplikasi ini adalah sebuah tempat yang sempurna untuk mempromosikan semua produk Anda. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk membuat sebuah toko online gratis untuk memasarkan barang dagangan. Dengan beberapa kalimat promosi yang unik dan menarik maka Anda bisa menjadi seorang penjual yang memasarkan ribuan dagangannya sekaligus seolah-olah Anda menjadi seorang pebisnis yang handal. Anda bisa menjual semua produk Anda kepada member MyMerchStore maupun kepada masyarakat umum hanya dalam hitungan menit saja. Dengan sekali klik, Anda sudah bisa melakukan transaksi jual-beli sesuai dengan produk yang tersedia.

 

ShopIt

ShopIt selalu berusaha untuk menciptakan sebuah pengalaman yang terbaik bagi pengguna internet dalam melakukan belanja secara online. Pasalnya, banyak sekali orang-orang yang menghabiskan waktunya hanya duduk berjam-jam di depan komputer saat browsing mencari produk yang diinginkan, kemudian tanpa hasil. Oleh karena itu, ShopIt ingin memfasilitasi kondisi tersebut supaya pembeli dan penjual bertemu dalam satu tempat untuk memenuhi segela kebutuhan yang diinginkan.

ShopIt adalah sebuah toko online yang mengumpulkan semua produk dengan berbagai merek yang diproduksi oleh per individu ataupun skala besar untuk belanja online dalam satu tempat. Pengguna juga bisa membagikan produk-produk yang ada di ShopIt kepada semua teman-temannya di facebook untuk memberikan nasihat seperti halnya fungsi belanja pada umumnya.

ShopIt memberikan salah satu kebutuhan dasar seorang manusia modern dalam mencari dan membeli produk dengan jauh lebih mudah melalui online.

 

Bodega

Banyak sekali orang-orang yang menghasilkan uang di facebook dengan menjual barang secara virtual. Anda pun juga bisa melakukannya dengan sebuah aplikasi Bodega yang memungkinkan untuk memiliki sebuah toko online sendiri. Tampilan interface yang digunakan pun sudah menyerupai toko secara fisik pada umumnya. Pasalnya, semua item produk yang dijual disusun secara rapi pada sebuah rak aplikasi yang unik. Walaupun tidak bisa melakukan transaksi langsung, konsumen tetap bisa membeli produk yang diinginkannya melalui pihak ketiga. Namun Bodega pun menjamin tidak akan ada penipuan dengan sistem pembayaran seperti itu. Bodega juga akan memberitahukan proses update agar Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur terbaru yang tersinkronisasi dengan facebook. Dengan sebuah kerja keras, maka Anda pun juga bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah melalui Bodega dengan selalu terhubung di facebook tentunya.

keyboard

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang pebisnis. Walaupun tak memiliki modal untuk mendirikan sebuah booth yang memajang berbagai produk, sekarang Anda tetap bisa memasarkan produk milik Anda dengan cara online. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau mengikuti kelas-kelas online gratis di Studentpreneur. [Photo Credit: eric]

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

How to Sell Anything in 3 Simple Steps

Membangun Bisnis yang Bisa Berjalan Sendiri

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+