Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Inilah 4 Hal yang Membuat Business Plan Anda Gagal


Membuat sebuah business plan memang bukanlah hal yang mudah, berikut ini kami memberikan tipsnya untuk Anda.

Business plan adalah dokumen yang berisi secara lengkap tentang perusahaan atau bisnis untuk menarik atau mencari investor. Nah, sekarang guna business plan tidak hanya untuk menarik investor, tetapi untuk melihat seberapa siapkah bisnis tersebut dan bagaimana peluang bisnis tersebut kedepannya. Tetapi, banyak yang salah tentang menulis business plan, berikut adalah beberapa keselahan yang sering dalam menulis business plan.

 

Lupa menulis hal yang unik dari bisnis Anda

Ketika Anda mencoba membuat business plan, bila Anda adalah orang awam, Anda pasti mencontoh business plan secara mentah-mentah. Lalu Anda lupa untuk menyertakan keunikan bisnis Anda atau apa yang menjadi daya pikat dibandingkan dengan bisnis lain yang sejenis. Dengan menuliskan keunikan dari bisnis Anda, itu bisa menjadi nilai yang lebih baik untuk calon investor.

Misalnya, Anda mempunyai bisnis baju, Anda harus menuliskan apa keunikan dari baju Anda atau bisnis Anda. Tidak mungkin investor akan tertarik dengan usaha Anda tetapi ternyata usaha Anda sama saja dengan bisnis baju yang lainnya. Coba pikirkan apa sebenarnya bisnis Anda yang bisa menjual.

guna-business-plan

Business plan yang biasa-biasa saja

Ini adalah hal yang sama ketika Anda mencontoh business plan bikinan orang lain. Anda akan stuck dengan beberapa poin karena mencontoh business plan orang lain. Investor tentu tidak mau membaca berpuluh-puluh halaman yang isinya hanya kata-kata. Tempatkan beberapa halaman yang penuh warna, sedikit tulisan tapi banyak gambar. Tambahkan pula beberapa statistik yang menarik minat orang lain atau investor yang membacanya. Lalu usahakan business plan Anda tidak sampai lebih dari 25 halaman. Ingat, Anda sedang membuat business plan bukanlah sebuah buku.

 

Lupa menulis pencapaian dimasa mendatang

Business plan dibuat untuk menarik perhatian para investor agar dapat memberikan bantuan dana kepada bisnis Anda. Lalu bagaimana caranya? Anda jangan lupa untuk menyertakan, apa yang bisa bisnis Anda lakukan selama sebulan mendatang, setahun mendatang atau bahkan beberapa tahun mendatang. Misalnya, Anda memperkirakan bisnis Anda dapat mendapatkan keuntungan sebesar 20% dari modal pada tahun pertama. Kemudian naik menjadi 60% pada tahun kedua dan akhirnya bisa balik modal pada tahun ketiga. Begitu seterusnya.

 

Anda tidak mau berusaha

Walaupun bisnis Anda sangat bagus atau business plan Anda sangat menarik, tetapi ketika investor tidak tertarik karena presentasi Anda kurang bagus atau faktor lain, Anda tidak boleh menyerah. Beberapa perusahaan atau startup besar seperti sekarang juga tidak langsung mendapatkan pendanaan yang lebih. Mereka juga tidak langsung putus asa, kejar terus kenapa bisnis Anda tidak dapat didanai, apakah ada yang kurang dan segera perbaiki.

 

Nah, itulah beberapa tips agar business plan Anda terlihat menarik dan bahkan sempurna. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

5 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari

Kakak Adik Cantik Merintis Bisnis Wedding yang Sukses

Sejak SMA, Siswi SMA Ini Raup Jutaan Rupiah

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+