Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Inilah 5 Kegunaan Business Plan Bagi Seorang Pebisnis


Dengan sebuah perencanaan yang matang melalui business plan maka seorang pebisnis dapat melanjutkan langkahnya dengan pasti.

Sebenarnya apa guna dari business plan? Sekarang semua mahasiswa diwajibkan untuk bisa membuat sebuah business plan agar ketika lulus tidak kaget menghadapi dunia kerja. Lalu sebagai seorang pebisnis, Anda juga diwajibkan bisa membuat business plan. Tapi, sebelum itu Anda harus tahu apa sebenarnya kegunaan dari business plan.

 

Untuk mengawali sebuah bisnis

Jaman dahulu, business plan dibuat untuk mencari investor. Memang tujuan awal dari business plan adalah mencari sumber dana, tetapi sekarang setiap bisnis harus mempunya business plan. Kenapa? Karena Anda harus butuh suatu rencana dan strategi, dan didalam business plan tersebut sudah terdapat rencana dan strategi dari usaha Anda. Ingat, setiap perusahaan besar dimulai dari rencana dan strategi yang rinci.

guna-business-plan

Mencari sumber dana

Seperti dituliskan diawal, business plan dibuat untuk mendapatkan dana dari investor. Maka dari itu banyak business plan ditulis untuk memprediksi bagaimana bisnis akan berkembang di masa mendatang. Maka dari itu, Anda harus menulis business plan dengan rinci dan detail. Apakah bisnis yang akan Anda jalankan atau sudah Anda jalankan ini dapat berkembang dan menguntungkan bagi calon investor. Tulislah business plan semenarik dan sedetail mungkin untuk memikat para investor atau partner Anda.

 

Batasi bisnis Anda

Jika Anda belum membuat bisnis, Anda pasti menggambarkan bahwa bisnis Anda seperti a, b, c, d dan sebagainya. Anda pasti belum tahu akan membuat bisnis seperti apa, besarnya seberapa, lokasinya dimana dan pendanaannya bagaimana. Nah, dengan business plan Anda akan melihat bagaimana struktur bisnis Anda lalu bisa membatasi sebesar apa bisnis yang ingin Anda buat. Dan tentu saja Anda bisa memprediksi budget yang akan Anda keluarkan.

 

Anda sedang memprediksi masa depan

Tidak dapat dipungkiri, dalam membuat business plan Anda pasti akan memprediksi bagaimana bisnis Anda akan berkembang dalam tahun-tahun mendatang. Tentu itu semua untuk meyakinkan investor bahwa bisnis Anda memang bagus dan menjadi prospek yang baik. Anda bukan berarti membuat sesuatu yang belum pasti, Anda harus benar-benar membuat suatu prediksi yang dihasilkan dari data dan riset.

Anda harus membuat riset, mulai dari riset pasar, riset produk, riset harga sampai riset untuk pesaing. Tentu Anda tidak boleh membuat suatu prediksi yang terlalu besar, karena investor bisa melihat apakah bisnis ini akan berkembang atau tidak.

 

Business plan dibuat untuk menaikkan harga bisnis Anda

Tidak ada jaminan bahwa Anda akan mendapatkan investor ketika Anda sudah membuat business plan. Tidak ada jaminan pula bahwa Anda akan mendapatkan dana secara penuh. Maka dari itu, itulah guna business plan. Anda tentu tidak mungkin membuat dana investasi yang sedikit atau tipis untuk menjalankan bisnis. Anda harus menjadi negosiator handal untuk mendapatkan modal.

 

Nah, itulah kegunaan dari business plan. Bagaimana menurut Anda? Silakan tulis komentar Anda melalui kolom dibawah ini. Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Yahoo]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

5 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari

Pria Ini Raup Ratusan Juta Rupiah per Bulan Dari Bisnis Makanan Halalnya

Ibu Rumah Tangga Jadi Jutawan Berkat Sambal Racikannya

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+