Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Studentpreneur Indonesia Tips

Inilah Kenapa Gae Koen Tok Tumbuh Pesat di Surabaya


Bisnis dimulai dari sebuah benih, kemudian ditanam dengan penuh komitmen dan perhatian hingga menghasilkan bunga. Menumbuhkan bisnis tidaklah mudah. Tetapi dengan menumbuhkan bisnis, Anda pun akan bertumbuh secara pribadi.

Itulah pendapat Abibayu Gustri, founder “Gae Koen Tok” (gaekoentok.com), sebuah brand fashion asli Surabaya. Hingga kini, “Gae Koen Tok” yang dimulai dari sebuah bisnis kuliahan, berhasil membangun markas besar di Surabaya. Abi baru saja kembali dari China, ketika dalam suatu kesempatan di Studentpreneur Hangout, dia berbagi seputar tips memperjuangkan pertumbuhan bagi sebuah bisnis kecil.

 

1. Understand yourself.

Bagi Abi, seorang entrepreneur harus memahami dirinya sendiri. Anda harus tahu passion Anda. Karena, dunia entrepreneur tidaklah mudah, dan tanpa gairah, dunia entrepreneur tidak akan jadi lebih mudah.

“If you don’t speak the language, don’t act. Be authentic, be genuine, be yourself,” katanya. Artinya, Anda harus benar-benar melakukan apa yang Anda sukai.

abibayu

2. Listen with open minded.

Seorang entrepreneur tidak boleh kaku. Anda harus mendengarkan setiap masukan dari konsumen dan tim Anda. Misalnya ketika Anda menganggap ide Anda sangat menarik. Tetapi, ketika sebagian besar orang menganggap ide Anda tidak menarik, maka ide Anda tidak menarik.

 

3. Action.

“Don’t think too much,” katanya. Dunia entrepreneur adalah soal bagaimana Anda bertindak. Kadang, berpikir terlalu keras justru akan menghambat kita dari actual action.

 

4. Work smart, work hard.

Dunia entrepreneur butuh komitmen. Tetapi di luar komitmen, menjadi entrepreneur juga berarti Anda harus tahu bahwa kombinasi antara kerja cerdas dan kerja keras akan mengantarkan Anda pada kesuksesan. Tidak bisa hanya salah satunya saja.

 

5. Respect.

Sebagai entrepreneur, jangan pernah melupakan akar Anda. Anda punya tim yang sudah mati-matian membantu kesuksesan Anda. Maka, tidak ada salahnya untuk menunjukkan sedikit rasa hormat kepada mereka. Terutama agar tim Anda tidak merasa terbebani dan memberikan 100% kemampuan mereka terhadap bisnis Anda. Tim anda bukanlah robot, mereka adalah keluarga.

 

6. Management.

“Entrepreneur juga soal manajemen,” katanya. Seiring dengan menjalankan bisnis, Anda akan belajar mengenai bagaimana mengatur waktu, tim, marketing hingga keuangan. “Dari bisnis, saya belajar bahwa jangan pernah membeli tempe dengan uang perusahaan,” kata Abibayu.

 

7. Never give up.

Ketika dihadapkan pada masalah, Anda harus mengingat visi awal Anda menjalankan bisnis. “Your vision is bigger than yourself,” kata Abibayu. Gae Kon Tok memiliki visi sebagai merchandise kebanggaan kota Surabaya. Visi inilah yang menjadi guiding star bagi Abibayu ketika dia dihadapkan pada masalah.

“Kesuksesan itu susah. Tetapi hidup akan lebih susah ketika kita tidak sukses,” katanya.

 

Nah Sobat Studentpreneur, bagaimana menurut Anda? Apakah Anda sudah siap untuk sukses? Ikuti juga facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan berita-berita Studentpreneur hangout.

 

Baca Juga:

Anak Muda Terkaya di Amerika Hidup Sederhana

Pemuda Ini Dapatkan Milliaran Rupiah Dari Membuat Orang Tertawa

Dari Hobi Jadi Bisnis Beromzet Besar

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+