Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People

Inilah Kesuksesan SBY yang Harus Diteruskan Jokowi


Terimakasih Pak SBY! Inilah Prestasi Membanggakan SBY Saat Memimpin Indonesia Selama 10 Tahun.

Usai sudah pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selama sepuluh tahun ini. Selama memimpin negeri ini, SBY dinilai berhasil memenuhi sejumlah capaian di antaranya pembangunan infrastruktur dan peningkatan ekonomi rakyat. Oleh karena itu, apresiasi tetap harus diberikan kepada SBY atas kerja keras selama ini.

Selama 10 tahun pemerintahan SBY, perekonomian Indonesia dinilai tumbuh cukup signifikan oleh banyak kalangan. Hal itu dibuktikan dari sendi-sendi perekonomian nasional yang tetap stabil. Padahal, banyak negara-negara maju di Amerika Serikat dan sejumlah negara di Eropa mengalami krisis ekonomi. Perekonomian Indonesia dalam 10 tahun terakhir tidak mengalami stagnasi dan terus tumbuh sehingga ekonomi nasional bisa terjaga. Berbagai terobosan dan kerja keras telah dilakukan SBY dalam menyukseskan setiap pembangunan infrastruktur dengan melibatkan semua komponen.

prestasi-sby

 

Perekonomian Stabil

Sejumlah prestasi ekonomi yang didapat oleh Indonesia juga tertuang dalam sejumlah indikator. Anggaran pembangunan Indonesia kini bahkan mencapai Rp1842,5 triliun yang merupakan tertinggi dalam sejarah Indonesia. Tak hanya itu saja, cadangan devisa Indonesia saat ini sudah mencapai 110,5 miliar USD dimana sebelumnya pernah mencapai 124,6 miliar USD. Selain itu, meski terdapat penurunan nilai ekspor, volume perdagangan Indonesia juga mencapai 400 miliar USD dalam kurun waktu 10 tahun terakhir yang juga tertinggi dalam sejarah. Bahkan, nilai investasi baik dari luar negeri maupun dalam negeri dalam 10 tahun terakhir mencapai Rp 2296,6 triliun, juga tertinggi dalam sejarah. Apa yang dicapai Indonesia ini, tak banyak negara yang bisa melakukan serangkaian prestasi seperti ini di tengah terjadinya gejolak ekonomi global.

 

Banyak Pembangunan Infrastruktur

Pemerintahan SBY juga dinilai telah mampu menyelesaikan pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia terdiri tiga bagian. Pertama, infrastruktur dasar meliputi jalan dan jembatan. Kedua, infrastuktur dalam rangka ketahanan pangan dan penyediaan air baku. Dan, ketiga infrastruktur pemukiman meliputi penyediaan air minum serta sanitasi berbasis masyarakat. Bahkan, pada pemerintahan SBY juga telah berhasil menyelesaikan jalan nasional jalan nasional dan strategis nasional sepanjang 15.519 km dengan perincian jalan nasional sepanjang 3.942 km dan jalan strategis nasional sepanjang 11.577 km.

 

Ekonomi Terus Meningkat

Ekonomi Indonesia juga bertumbuh pesat lantaran konsumsi domestik tetap terjaga, investasi tetap berjalan, terjadi government spending, dan kesimbangan ekspor-impor. Oleh karena itu, Indonesia perlu terus memperbaiki transaksi agar nilai cadangan devisa kembali meningkat. Pertumbuhan ekonomi Indonesia juga merupakan tertinggi kedua diantara negara-negara Group-20 (G-20). Dimana hingga triwulan II pada 2014, tercatat sebesar 5,12%.

 

Kolaborasi Pemerintah Pusat dan Daerah

Bersama Indonesia, SBY dan jajarannya juga sudah mendalami sektor jasa dan keuangan. Oleh karena itu, hal tersebut harus terus ditingkatkan sehingga angka ekspor lebih tinggi dari impor. Bahkan, pada masa pemerintahan SBY, terjadi kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah sehingga terjadi reformasi struktural. Harapannya, pemerintahan selanjutnya dapat meneruskan hal tersebut sehingga daya saing Indonesia ke depan bisa lebih baik. Dengan begitu, ekspor barang bisa beragam dan hasilnya memberikan nilai tambah bagi penerimaan negara.

Terimakasih SBY, semoga prestasi Anda bisa diteruskan oleh Jokowi. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: APEC]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Belajar Bisnis Dari Jokowi

Pemuda Salatiga Berhasil Bangun Bisnis Ratusan Juta Rupiah

Tolong Katakan Bahwa Saya Payah

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+