Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Inilah Persaingan Industri Ritel di Indonesia


Bagaimana Situasi Persaingan Kondisi Ritel di Indonesia?

Kalau berbicara bisnis, pasti tidak lepas dari industri ritel. Persaingan industri ritel di Indonesia begitu kuat. Kalau Anda melihat pasti banyak sekarang supermarket atau minimarket di desa-desa. Padahal juga ada toko-toko kecil atau kios-kios. Persaingan industri ritel di Indonesia akan dibagi menjadi dua, yaitu pasar tradisional dan toko modern.

 

Geliat pasar tradisional dimakan arus pasar modern

Sebenarnya tidak ada kualifikasi yang khusus antara mana yang dimaksud ritel tradisional dan ritel modern. Tetapi bisnis ritel bisa diklasifikasikan menurut bentuk, ukuran dan tingkat modernitas. Pada intinya bisnis ritel adalah toko yang menjual barang dagangannya.

Lalu apa yang dimaksud pasar tradisional, Anda pasti melihat pasar-pasar di daerah-daerah maupun diperkotaan itu adalah pasar tradisional. Pasar tradisional adalah pasar yang dibangun dan dikelola oleh pemerintah ataupun swasta yang bekerja sama dengan tempat usaha seperti kios, toko atau tenda yang dimiliki pedagang kecil, menengah ataupun koperasi. Menurut Federasi Organisasi Pedagang Pasar Indonesia (Foppi) mencatat diseluruh Indonesia terjadi penyusutan pasar sebesear 8%. Sedangkan pertumbuhan hypermarket sampai 70%.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah harga. Perbedaan harga antara pasar tradisional dan modern adalah harga yang ditawarkan pasar modern biasanya lebih murah harga pasar tradisional. Kenapa demikian, karena pasar modern lebih banyak dalam membeli barang. Anda pasti tahu kan, semakin banyak yang dibeli dari pabrik maka akan lebih murah. Begitulah strategi dari pasar modern.

Strategi pasar tradisional adalah bagaimana mutu dan harga yang lebih bersaing dengan pasar modern. Tidak hanya itu pelayanan yang ada di pasar tradisional juga perlu ditingkatkan serta perbaikan infrastruktur. Jika Anda ingin terjun dalam bisnis ritel pasar tradisional, Anda harus mengerti tentang persaingan industri ritel di Indonesia ini.

sevel

Minimarket, Supermarket dan Hypermart yang semakin menjamur

Anda pasti sering melihat semakin banyaknya bisnis ritel minimarket, supermarket sampai hypermart. Bahkan dalam beberapa jarak saja, sudah ada minimarket baru yang muncul. Bisnis ini memang menjanjikan, karena pihak waralaba selalu memberikan standar mutu yang bagus. Anda sendiri mungkin lebih sering ke minimarket atau supermarket dibandingkan ke toko atau kios. Ini karena pelayanan, infrastruktur bahkan harga bisa lebih murah.

Bahkan sekarang Anda bisa melihat persaingan industri ritel di Indonesia tidak hanya antara pasar tradisional dan pasar modern, tetapi antara pasar modern atau ritel modern. Sebagai konsumen, dengan adanya persaingan ini sebenarnya diuntungkan, karena persaingan antara ritel modern tersebut membuat harga akan semakin murah.

Sekarang Anda mengerti bagaimana iklim persaingan industri ritel di Indonesia. Ada pasar tradisional dan pasar modern. Bahkan persaingan tersebut tidak hanya terjadi antara pasar tradisional dan pasar modern, tetapi juga antara pasar tradisional dan pasar modern. Yang mempunyai strategi yang baik pasti akan unggul. Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Mike]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Inilah Kisah Sukses Putra Jokowi Berbisnis Katering

Gadis 14 Tahun yang Mengguncang Bisnis Fashion Indonesia

Dengan Uang 1 Juta, Anda Kini Sudah Bisa Berinvestasi Saham

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+