Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Inilah Tempat Paling Oke untuk Menemukan Inspirasi Bisnis yang Unik


Sedang Bingung Mencari Inspirasi Bisnis? Coba Kunjungi Beberapa Tempat Berikut Ini.

Mungkin saat ini Anda sedang merasa sebal karena setiap ide bisnis yang Anda temukan selalu saja sudah lebih dulu diambil oleh orang lain. Anda merasa stuck karena semua ide bisnis yang bagus di dunia ini seolah sudah dipakai orang lain. Padahal, kreatifitas tidak ada batasnya. Ide bisnis tidak akan pernah habis. Anda kurang berpikir out of the box saja. Jika saat ini Anda sedang mencari ide, berikut adalah beberapa tempat paling asik untuk menggali inspirasi bisnis.

 

Website Crowdfunding

Anda bisa berkunjung ke website-website crowdfunding seperti Kickstarter (kickstarter.com) atau AngelList (angel.co) untuk menemukan ide-ide bisnis yang cenderung gila. Setiap harinya di situs-situs ini selalu ada pengguna yang akan mendaftarkan ide-ide bisnis mereka untuk mendapatkan pendanaan dari masyarakat. Karena tujuan itulah, mereka harus membuat ide bisnis yang mampu menarik perhatian masyarakat. Maka tidak heran jika ide-ide bisnis mereka selalu unik, seru, dan baru. Anda bisa mengandalkan website-website crowdfunding ini untuk mempelajari seputar ide-ide seperti apakah yang akan laris di pasar.

 

ProductHunt

ProductHunt (producthunt.com) adalah sebuah platform startup discovery. Anda bisa melihatnya sebagai sebuah showcase / pameran dengan barang-barang yang di-update setiap harinya. Jadi, Anda bisa menemukan ide bisnis yang fresh, meskipun sebagian besar ide-ide ini belum sempat melalui tahap uji pasar. Karena, ide produk yang disukai, belum tentu akan dibeli. Namun, platform ini bisa dibilang fantastis untuk melihat reaksi orang-orang terhadap sebuah produk yang diajukan, karena produk-produk disorting sesuai dengan jumlah upvote mereka. Produk yang paling disukai, akan menempati posisi paling atas.

reddit

Reddit Startups

Reddit Startups (reddit.com/r/startups) adalah sebuah forum dimana entrepreneur berkumpul untuk membicarakan berbagai macam hal yang sedang terjadi di dunia, terutama soal berita-berita dan ide-ide terbaru tentang bisnis. Forum ini seringkali digunakan oleh orang-orang untuk memvalidasi ide mereka dan mendapatkan feedback dari orang asing sebab siapapun bisa mengajukan pertanyaan ke dalam komunitas ini. Inspirasi bisa datang sewaktu-waktu ketika Anda memutuskan untuk terlibat dengan percakapan.

 

YCombinator News

Biasa disebut juga dengan Hacker News (news.ycombinator.com), sebuah feed berita yang biasa digunakan oleh startup untuk showcase karya mereka untuk mendapat respon dari pengunjung lainnya.  Berita-berita yang ditampilkan di sini kebanyakan adalah seputar teknologi website, sehingga situs ini lebih cocok untuk Anda, para programmer, yang sedang mencari inspirasi seputar apa yang sedang dipikirkan oleh orang lain. Dengan menyelam ke dalam pemikiran orang lain inilah, Anda bisa membaca kebutuhan mereka dan menemukan ide bisnis yang bisa menjawab masalah mereka. Pada menu “ask”, Anda akan menemukan permohonan-permohonan yang mungkin kelihatan absurd, namun  berpotensi memberikan Anda pandangan yang baru.

 

Ideaswatch

Ideaswatch (ideaswatch.com) menampilkan ide-ide random yang di-posting oleh entrepreneur-entrepreneur lain dari berbagai belahan dunia. Di samping ide-ide, Anda bisa menjalin percakapan dengan para pengguna lain melalui fitur discussion dan komunitas. Anda cukup mendaftar pada website tersebut untuk mulai menggunakan fitur-fitur ini.

 

Hidup Anda

Seringkali ide-ide bisnis tidak jauh-jauh dari kehidupan Anda. Ia bisa berasal dari orang-orang terdekat, keluarga, sahabat, dan masalah-masalah yang mereka hadapi di kehidupan sehari-hari mereka. Anda hanya perlu bersikap lebih cermat untuk mencari tahu.

Jadi Sobat Studentpreneur, ide bisnis apa yang Anda dapatkan saat ini?

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Eva]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Dari Buruh Kapal Kini Orang Terkaya Jepang

Dipaksa Orang Tua Jadi Pegawai, Anak Muda Ini Malah Sukses Sebagai Pebisnis

Sumber Modal Untuk Bisnis Kecil Anda

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+