Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Inilah yang Harus Dipersiapkan Bisnis UKM untuk Masuk ke Internet


Punya Bisnis UKM? Ingin Mulai Menggunakan Internet? Inilah Panduan yang Harus Dipersiapkan Bisnis UKM Untuk Masuk Internet.

Sebagai pemilik bisnis UKM, apalagi jika bisnis kita beroperasi di sekitaran dunia nyata, maka kita mungkin seringkali meremehkan keberadaan internet. Kita merasa bahwa internet bukan prioritas utama kita. Padahal, customer Anda mungkin saat ini tengah mencari alamat Anda di internet, atau sedang Googling terhadap barang yang sama persis dengan yang Anda jual. Internet berdampak terhadap dunia nyata. Menghindarinya sama dengan menarik diri dari kompetisi di dunia bisnis yang kejam. Ignorance is not a bliss, it’s stupidity. Jadi, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kehadiran bisnis Anda di internet?

 

Temukan bisnis UKM Anda di Google Maps.

Bisakah Anda mencari letak bisnis Anda di Google Maps? Jika tidak, maka Anda bisa mulai register Google Places untuk meningkatkan kehadiran bisnis Anda di Google Maps, Google+ dan tentu saja smartphone, dimana penggunanya mencari lokasi bisnis Anda. Pastikan Anda mendaftarkan nomor telfon dan jam kerja Anda sehingga customer bisa dengan mudah menghubungi atau mengunjungi Anda.

bisnis-ukm-internet

Bikin website yang responsif.

Bisnis kecil Anda perlu website. Atau minimal blog. Selain itu website Anda harus cukup sederhana agar bisa dibuka dengan mudah lewat smartphone. Selain karena tingkat adopsi smartphone dan tablet yang tinggi di masyarakat, sebuah studi dari Google menyebut bahwa 67 persen pengguna akan melakukan pembelian dari website yang responsif terhadap mobile. Sedangkan, hingga saat ini sebuah studi masih menyebut bahwa 93% website milik bisnis UKM belum bisa dijalankan dengan baik di alat mobile.

 

Google nama bisnis Anda.

Sebuah riset dari Search Engine Land menemukan bahwa 85% konsumen menggunakan internet untuk menemukan deal terbaik bagi mereka. Mereka akan search untuk kata kunci, seperti “Beli Sepatu Murah” hingga “Tips Fashion Wanita”. Jika perlu, mereka juga akan menambahkan lokasi di akhir kata kunci, seperti “Beli Sepatu Murah Jakarta”. Jadi, penting sekali agar bisnis Anda tampil di hasil tertinggi ketika mereka sedang mencari kata kunci yang sesuai dengan industri dan lokasi bisnis Anda. Semakin tinggi hasil yang Anda capai, maka semakin mungkin mereka akan klik bisnis Anda. Jika hasilnya kurang tinggi, Anda perlu belajar lebih banyak tentang teknik search engine optimization (SEO). Inilah pentingnya bisnis Anda punya website.

 

Bagaimana dengan sosial media?

Ada banyak sosial media saat ini. Setidaknya Anda harus aktif di minimal satu saja sosial media. Dan pastikan media tersebut adalah media paling efektif bagi bisnis Anda. Fokuskan waktu dan energi Anda hanya pada platform yang paling cocok dengan target market Anda. Sedangkan di sosial media lain, cukup daftarkan username Anda agar tidak dipakai orang lain, dan mungkin sewaktu-waktu, Anda memutuskan untuk menggunakannya karena mereka ternyata lebih relevan terhadap customer Anda.

Jadi Sobat Studentpreneur, kehadiran di dunia internet itu mudah lho. Apakah bisnis UKM Anda saat ini sudah melakukannya? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Hobvias]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

11 Bisnis Rumahan Inspiratif

Anak SMA Ini Raup Puluhan Juta Rupiah Per Bulan Dari Bisnis Sepatu

Yuk Belajar Saham!

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+