Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Studentpreneur Indonesia Wanita Sukses

Inspiratif: Serunya Bisnis Stoples Beromzet Ratusan Juta Rupiah Per Bulan


Bisnis yang Dirintis Aliifah Mahdy Menghasilkan Ratusan Juta Rupiah per Bulan. Bagaimana Cara Lulusan Lim Kok Wing Ini Melakukannya?

Membangun sebuah bisnis memang bukanlah hal yang mudah. Begitu pula dengan yang dirasakan oleh Aliifah Mahdy yang memulai bisnis kreasi stoples. Dari tangan dinginnya, sebuah stoples yang telah dikreasi memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

 

Sejak kapan Mbak Aliifah mulai mengembangkan bisnis lovelyjars?

Saya memulai bisnis lovelyjars pada 28 september 2012, dan bulan kemarin tak terasa lovelyjars sudah genap 2 tahun. Padahal, rasanya baru kemarin memulai bisnis ini dan menawarkan setiap produknya ke banyak orang mulai teman dekat, keluarga hingga akhirnya mendapat order dari orang yang tak dikenal, bahkan dari mancanegara. Tak pernah terbayang sebelumnya jika bisnis lovelyjars dapat berkembang pesat seperti sekarang. Saya hanya bisa mengucap rasa syukur, alhamdulillah.

 

Kenapa terpikir untuk mengembangkan bisnis mengkreasi stoples yang unik?

Pertama, saya mau membuat sesuatu yang belum pernah dibuat oleh orang lain. Saya lulusan graphic design dari Limkokwing University, Malaysia dan melihat kalau media yang digunakan biasanya on paper, canvas atau on screen. Oleh karena itu, saya ada ide untuk membuat sesuatu di media lain yaitu toples. Bukan hanya melihat beautiful design (decorative) yang dihasilkan saja tetapi juga useful (bisa digunakan untuk menjadi wadah apapun). Akhirnya, tercetuslah ide untuk menuangkan karya seni diatas stoples.

aliifah

Apa sih tantangannya mengembangkan stoples cantik lovely jars, kan bisnis seperti ini juga tidak mudah?

Tantangannya yang pertama adalah mengubah persepsi publik ke stoples itu sendiri. Karena kebanyakan yang mereka pikir adalah, stoples untuk makanan, that’s it. Sedangkan lovelyjars saya buat untuk merubah persepsi pada umumnya tersebut, atau kata lainnya kami ingin membuat trend baru. Dulu, fungsi stoples hanya untuk tempat makanan, kalau sekarang stoples dapat digunakan sebagai wadah untuk menyimpan apapun dan menjadi barang dekoratif ataupun souvenir. Stoples produksi lovelyjars juga bisa digunakan untuk menyimpan foto (jar for polaroid dan berfungsi menjadi frame foto), atau menyimpan barang-barang toilettries di meja rias bahkan juga bisa sebagai lampu tidur. Jadi, stoples ini bisa digunakan sekreatif mungkin dan disesuaikan dengan ukuran dan fungsinya.

 

Dalam sebulan, berapa produk yang bisa terjual oleh lovely jars dan berapa penghasilan yang bisa didapat?

Total stoples yang diproduksi per bulan sekitar dari 1500-4000 pcs. Pesanan sebanyak itu berasal dari luar kota bahkan hingga mancanegara. Sedangkan harga yang ditawarkan kepada customer mulai dari 69-250rb rupiah. Alhamdulillah, dalam satu bulan saya bisa mendapat keuntungan sampai ratusan juta rupiah. Tidak sedikit perusahaan-perusahaan besar yang ingin memesan stoples untuk dijadikan hiasan. Selain itu, beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga tertarik untuk memesan beberapa produk lovelyjars yang sangat unik.

aliifah-2

Luar biasa! Lalu bagaimana perkembangan bisnis di dunia kreatif seperti yang Anda lakukan di Indonesia khususnya?

Perkembangan bisnis di dunia kreatif sekarang makin hari makin beragam. Semakin banyak produk-produk yang semakin unik dan kreatif, termasuk di Indonesia. Sebagai anak muda Indonesia, saya bangga melihat banyaknya rekan-rekan bisnis lainnya yang sudah mulai terjun langsung menuangkan ide-ide baru mereka yang orisinil ke dunia bisnis dan terus berkreasi dan inovasi.

 

Apa perbedaan stoples buatan Anda dengan produk-produk lainnya yang ada di pasaran?

Lovelyjars adalah customized jars tanpa adanya minumum order. Jadi spesialisasi, lovelyjars memang di layanan customize (dari bentuk, design dan warna) sehingga bentuk apapun yang customer ingin, akan dibuatkan. Waktu untuk produksi kurang lebih 1-2 minggu. Selain itu, lovelyjars selalu menjaga kualitas produknya. Inovasi produk yang beragam dan tentunya service dari lovelyjars ke customer sehingga tetap menjadi pilihan.

 

Pernah merasa frustasi karena jenuh menjalankan bisnis, bagaimana Mbak Aliifah mengatasinya?

Alhamdulillah tidak pernah merasa jenuh ya. Pasalnya, bisnis yang sedang dijalankan sekarang ini memang sesuai dengan passion saya selama ini. Jadi, memang sangat penting kalau apa yang kita jalankan sebagai bisnis adalah bermula dari apa yang disukai. Sehingga setiap beban kerja yang ada pun menjadi tidak karena merasa seperti menjalankan hobby. Dan, hobby tersebut menghasilkan dan juga bermanfaat bagi orang lain, seru kan….

 

Terakhir, apa saran dari Mbak Aliifah agar mereka yang memulai bisnis tetap bersemangat?

Untuk teman-teman yang mau start bisnis, maka sebaiknya mulai menggali potensi yang ada pada diri sendiri dan cari tahu apa sebenarnya yang kalian suka. Kalau sudah tahu, dan mendapat ide bisnis, jangan ragu untuk sharing ke orang-orang yang sudah pernah pengalaman di bisnis untuk mendapatkan feedback. Lalu, jangan terlalu lama menentukan untuk start menjalani bisnisnya. Dengan kata lain, jangan sampai ide-ide bisnis yang ada akan lebih dulu dilakukan oleh orang lain. Selain itu, jika ingin terjun ke dunia bisnis juga harus mau terus belajar, set up goals, disiplin dan fokus. Intinya, start where you are, use what you have, do what you love!

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Kisah Inspiratif Pendiri Air Minum Aqua yang Dulu Diremehkan dan Dihina Banyak Orang

Penasaran Kan Seperti Apa Jokowi Versi Jepang

Pemuda Salatiga Berhasil Bangun Bisnis Ratusan Juta Rupiah

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+