Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People

Jagoan Asia – Liauw Oswin Sang Investor KakaoTalk (Preview Desember 2013)


Masalah pendanaan (founding) seringkali menjadi hambatan klasik bagi para entrepreneur ketika berniat menjalankan ide bisnis mereka. Selain itu, entrepreneur pemula selalu berpikir bahwa sumber dana hanya didapat dari kantong mereka sendiri. Padahal, pendanaan dapat diperoleh melalui berbagai pihak, termasuk salah satunya dari venture capital. Beberapa waktu lalu Tim Studentpreneur mendapatkan kesempatan untuk melakukan wawancara dengan Liauw Oswin, Investment Manager dari CyberAgent Ventures sebuah venture capital besar di kawasan Asia. Jika Sobat Studentpreneur memakai KakaoTalk, itu merupakan salah satu portfolio dari CyberAgent Ventures yang ada di Korea.

 

foto oswin (dokumentasi pribadi) promo

 

Apa dan seperti apa CyberAgent Ventures itu?

CyberAgent Ventures adalah anak perusahaan dari CyberAgent Group (Jepang) sebuah perusahaan yang bergerak pada bisnis venture capital dan berfokus dalam bidang IT. Saat ini kami telah memiliki lebih dari 150 portfolio yang telah kami investasi di berbagai negara Asia seperti Jepang, China, Indonesia, Vietnam, Taiwan dan Korea.

 

Selain dalam hal funding, support seperti apa yang diberikan oleh CyberAgent Ventures kepada startup?
Saat ini kami telah memiliki lebih dari 150 portfolio. Itu artinya, kami memiliki banyak jenis bisnis internet sehingga kami memiliki know-how (knowledge) mengenai bisnis ini secara mendalam. Hal itulah yang ingin kami share kepada para entrepreneur di Indonesia. Selain itu, kami juga mensupport portfolio kami dengan global network yang kami miliki. Dengan memiliki 7 cabang yang tersebar di berbagai negara di Asia, CyberAgent Ventures telah membangun foundasi global network yang sangat kuat. Berdasarkan hal tersebut, mitra kami dapat mengakses network ini untuk memaksimalkan channel kami secara regional. Selain dua hal tersebut, perbedaan kami yang mencolok dengan investor lainnya adalah kami hands-on terhadap portfolio kami.

Hingga saat ini, apa saja portfolio dari CyberAgent Ventures di Indonesia?
Di Indonesia, sementara ini kami hanya memiliki 2 portfolio yaitu Tokopedia –sebuah marketplace nomor 1 di Indonesia dan Bilna –sebuah E-Commerce B2C yang menjual berbagai produk keperluan bayi. Hingga akhir tahun 2013 ini, kami akan menambah 3 portfolio lagi.

Apa perbedaan antara ekosistem startup di Indonesia dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya?
Karena kami memiliki presence yang kuat di Asia, kami dapat mengetahui tren-tren yang akan terjadi di setiap negara tersebut. Sebagai contoh, ekosistem di Jepang lebih matang dibandingkan China, ekosistem di China lebih matang dibandingkan Vietnam, ekosistem di Vietnam lebih matang dibandingkan Indonesia. Jadi, karena kami mengetahui urutan-urutan startup apa saja yang berkembang di Jepang, kami juga dapat memprediksi startup seperti apa yang akan berkembang pada tahun-tahun mendatang di negara lainnya. Kami menyebutnya ini sebagai time-machine investment.

Apakah Anda melihat potensi khusus pada perkembangan bisnis Internet di Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain?
Ada beberapa potensi khusus yang dimiliki oleh Indonesia dibandingkan negara-negara lainnya. Sebagai negara dengan mayoritas muslim, E-Commerce yang menjual barang-barang dan perlengkapan muslim memiliki potensi yang sangat menjanjikan untuk berkembang di sini. Selain itu, e-commerce yang menjual barang-barang artistik yang hanya dibuat di Indonesia untuk kemudian dijual ke luar negeri juga memiliki potensi yang tidak kalah menggiurkan.

 

MAU BACA LENGKAPNYA EXCLUSIVE INTERVIEW TENTANG KISAH SUKSES LIAUW OSWIN? BELI AJA LANGSUNG EDISI CETAK MAJALAH STUDENTPRENEUR BULAN NOVEMBER 2013 DI GRAMEDIA TERDEKAT (PULAU JAWA) ATAU DI WAYANG FORCE DAN SCOOP (EDISI DIGITAL).

MAU BERLANGGANAN LANGSUNG EDISI DIGITALNYA? ATAU MAU DAPETIN PROMO PRE-ORDERNYA? BISA LANGSUNG KLIK DISINI:

Subscribe_20Button