Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Jangan Biarkan Kerja Tim Anda Berantakan Lagi


Merasa Bahwa Kinerja Tim Anda Sedang Berantakan? Ini Cara Mengatasinya.

Tim Anda saat ini sedang menggarap sebuah proyek yang menurut Anda mudah. Namun ternyata mereka mati-matian mengerjakannya. Apa yang sedang terjadi? Jawabannya adalah kerja tim yang kurang efektif. Sebagai pemimpin, sejak awal memulai proyek, atau bahkan sejak awal pembentukan tim, hingga pada proses penggarapan, ada beberapa hal krusial yang harus Anda lakukan, di antaranya adalah:

 

Tim Anda seharusnya satu visi sejak awal

Meski Anda mungkin bisa menyelesaikan semua sendiri, Anda butuh sebuah tim agar bisa bekerja lebih efektif. Maka, himpun orang-orang dengan skill yang Anda butuhkan ke dalam sebuah tim. Mereka harus satu visi dulu sebelum mulai menggarap proyek Anda. Mereka harus tahu dulu kemana kapal Anda akan berangkat sebelum mereka memutuskan untuk berlayar bersama Anda. Beri tahu pula apa yang Anda harapkan dari mereka. Dengan demikian, mereka tahu apa yang harus mereka berikan.

 

Anda seharusnya punya jadwal kerja

Selain punya deadline, setiap proyek Anda seharusnya punya timeline yang jelas agar Anda dan tim Anda tahu kapan mereka harus menyelesaikan bagiannya masing-masing. Ketika setiap orang mulai bertanggungjawab terhadap bagian mereka masing-masing inilah, maka dinamika tim Anda sedang bergerak ke arah yang benar.

 

Anda seharusnya melakukan kontrol mingguan

Proyek tidak boleh dilepaskan begitu saja tanpa kontrol. Di sinilah pentingnya meeting tiap seminggu sekali. Tugas Anda sebagai pemimpin adalah menjaga mereka agar menyelesaikan bagian mereka dengan cara memeriksa mereka secara rutin. Maka akan kelihatan mereka-mereka yang sedang tertinggal. Dan semakin mudah bagi Anda untuk turun tangan membantu mereka. Satu hal yang harus Anda ingat adalah: jaga durasi meeting Anda sependek-pendeknya dan jangan menyimpang dari agenda.

kerja-tim

Seluruh tim inti Anda seharusnya bisa dihubungi

Karena komunikasi adalah kunci dari kesuksesan sebuah proyek, maka tim Anda seharusnya bisa dihubungi dengan mudah. Tidak ada yang boleh mematikan handphone atau Skype mereka ketika tim Anda sedang remote dan bermalam untuk menyelesaikan proyek. Sebagai pemimpin, Anda bisa memberi contoh dengan secepatnya menjawab email dan chat yang masuk pada saat itu.

 

Anda harus bersikap terbuka seterbuka-bukanya

Dari mulai awal hingga akhir proyek, tidak ada yang boleh dirahasiakan atau ditutup-tutupi. Ketika ada yang mengganggu Anda, katakan sejujurnya. Ketika proyek berakhir dengan kegagalan, sampaikan seterang-terangnya pada tim Anda. Ketika proyek Anda berhasil dengan keberhasilan, berikan selamat pada tim Anda, karena keberhasilan Anda adalah keberhasilan bersama.

Nah Sobat Studentpreneur, sampai saat ini apakah Anda sudah menggarap proyek Anda dengan efektif? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Gavin]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

Yuk Main Saham!

Pria Ini Menjadi Salah Satu Terkaya di Jepang Karena Hello Kitty

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+