Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis teknologi

Jangan Bingung Lagi Saat Butuh Bantuan Dana Medis


Thoughtful Tidak Akan Membantu Anda Mendanai Inovasi Atau Terobosan Terbaru Seperti Crowdfunding Lain, Namun Mereka Akan Mendanai Dana Medis Anda!

Satu lagi platform Crowdfunding baru, bergabung dengan platform-platform Crowdfunding mainstream seperti Indiegogo dan Kickstarter. Namun, bedanya adalah platform yang satu ini dikhususkan  untuk pendanaan kampanye yang berkaitan dengan kesehatan dan dunia medis. Namanya adalah Thoughtful.org. Rupanya, ada banyak cerita menarik yang dapat kita ambil dari platform Crowdfunding kesehatan ini.

 

Pivot setelah mendapat pencerahan.

Thoughtful.org awalnya bergerak sebagai sebuah platform untuk menghubungkan brand dan selebriti. Akan tetapi, Derek Rey, sang founder merasa tidak puas karena menurutnya, apa yang ia kerjakan pada waktu itu tidak membawa pengaruh yang besar terhadap dunia. Ketika kemudian Rey harus mengalami perihnya kematian sang ibu akibat penyakit kanker, ia menemukan fokus barunya.

“Ini adalah perjalanan yang menguras semua sumber daya, dalam kasus keluarga saya, kami memiliki asuransi kesehatan yang baik dan hidup relatif dekat dengan rumah sakit di San Francisco. Akan tetapi, ketika bertemu dengan orang-orang dari luar negara bagian atau anggota keluarga mereka, yang harus mengemudi jauh-jauh untuk kemoterapi, atau orang-orang yang kesulitan mencari pengobatan karena tidak memiliki asuransi kesehatan yang memadai, merekalah alasan yang membuat pergeseran arah [Thoughtful.org] menjadi jelas. Saya berharap mereka menggunakan situs ini,” katanya.

thoughtful

Berorientasi pada kemanusiaan.

Berbeda dari Crowdfunding pada umumnya, katakanlah Kickstarter, Thoughtful tidak mengenakan biaya apapun, mereka hanya meminta donor untuk menyertakan “hadiah opsional” di samping pembayaran mereka. Anda juga tidak perlu untuk menetapkan gol pendanaan layaknya situs Crowdfunding mainstream, dimana ketika Anda gagal mencapai gol pendanaan, uang Anda tidak akan dicairkan. Di Thoughtful, semua pendanaan akan dicairkan.

 

Menghadapi resiko penipuan.

Hal ini membuat fraud atau penipuan menjadi resiko yang mungkin muncul dari situs ini. Misalnya ketika pengguna memanfaatkan situs ini untuk mengumpulkan sumbangan dengan berpura-pura sakit kronis. Rey menepis kemungkinan ini dengan menerapkan sistem wawancara melalui telefon sebelum sebuah kampanye disetujui. Meskipun hal ini mungkin tidak bisa 100% menutup kemungkinan fraud, setidaknya ia bisa membantu mencerabut scam sebelum ia memangsa korban.

 

Bukan yang pertama.

Thoughtful.org bukanlah pioner dari platform Crowdfunding untuk kesehatan. Ia hanya melengkapi keberadaan platform-platform yang sudah ada lebih dulu seperti GiveForward, dan lain sebagainya. Akan tetapi, toh dari segi sosial, semakin banyak platform penggalangan dana sosial, maka semakin luas paparan kampanye sosial mereka yang membutuhkan bisa tersebar. Lagipula, Rey menganggap bahwa Anda tidak bisa menyatukan penggalangan dana sosial dengan kampanye lain yang bersifat komersial. Keduanya sangat berbeda.

“Ketika Anda membagikan cerita Anda, Anda tentu tidak ingin cerita itu tampil di sembarang tempat, seperti situs crowdfunding untuk bisnis, pesta, dan liburan impian. Hal ini akan mengaburkan keaslian cerita Anda.“

 

Latar belakang founder yang sudah teruji.

Derek Rey bukan orang baru di dunia startup. Ia memulai karirnya di Technorati, dan kemudian mendirikan Adly.com, Social Envy, dan Thoughtful. Pengalamannya di dunia bisnis sangat luas. Ia mengklaim telah menciptakan 30,000 kampanye sosial media untu brand-brand ternama seperti Pepsi, Coca-Cola, Disney, Microsoft, NBA, Toyota, dan lain sebagainya. Maka tidak heran ketika ia merasa perlu untuk membuat perubahan di dunia. Abraham Maslow, bapak ppsikolog dunia, punya teori yang bagus untuk menjelaskannya. Ketika Anda sudah puas dengan prestasi dan pengakuan sosial, maka kebutuhan Anda akan meningkat ke dalam tahap aktualisasi diri. Dimana Anda mulai bertanya-tanya tentang dampak apa yang bisa Anda ciptakan pada dunia.

Jadi Sobat Studentpreneur, apakah Anda sudah sampai tahap dimana Derek Rey saat ini berada, atau untuk mengubah dunia? Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Bos Ini Punya 10 Trilliun, Tapi Hidup Lebih Sederhana Dari Buruh Indonesia

Bangun Bisnis Dari SMP, Kini Fotografer Cantik Ini Tuai Hasilnya

Dengan Uang 1 Juta, Anda Kini Sudah Bisa Berinvestasi Saham

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+