Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Jejaring Sosial Non Mainstream untuk Melengkapi Strategi Marketing Anda


Di luar Facebook, Twitter, Pinterest, rupanya masih ada banyak jejaring sosial tempat di mana pasar Anda mungkin bersarang. Artinya, upaya marketing Anda tidak perlu harus selalu terbatas pada jejaring sosial mainstream, di mana sudah persaingannya pun sudah terlalu crowded oleh marketer lain. Berikut sejumlah jejaring sosial yang bisa jadi alternatif tempat main baru bagi marketing Anda:

 

1. Meetup.com, sebuah portal jejaring sosial online yang memfasilitasi pertemuan kelompok secara offline di berbagai tempat di seluruh dunia. Lebih dari 2.000 gathering diselenggarakan setiap hari di sini.

 

2. Hi5.com, Banyak kesamaan dengan banyak situs jaringan sosial; Hi5 mengklaim memiliki sekitar 60 juta anggota dari lebih dari 200 negara selain Amerika Serikat. Salah satu transformasi terbesar situs adalah penambahan banyak hiburan, termasuk game.

 

3. Habbo.com, Komunitas online yang dihuni oleh karakter kartun pixelated. Anda dapat bertemu orang lain di ruang publik (klub, restoran, toko-toko) dan membuat kamar pribadi untuk teman-teman yang dipilih. Sebagian besar pengguna Habbo adalah antara kelompok usia 13 – 18 tahun. Meskipun sebagian besar berasal dari Amerika Serikat, jaringan sosial Habbo sangat populer di tempat-tempat seperti Inggris, Jepang, Swedia, Spanyol, Italia, dan Finlandia.

classmates

4. Classmates.com, Sering digunakan untuk bisa terhubung kembali dengan teman lama. Situs ini memiliki mesin pencari yang memungkinkan Anda mencari alumni yang pergi ke sekolah yang sama dengan Anda. Meskipun membuat profil dasar di sini pada dasarnya gratis dan mudah, akan tetapi sebagian besar fitur-fitur canggih di Classmates.com hanya tersedia bagi pengguna berbayar.

 

5. MyHeritage.com, Layanan jaringan sosial yang berorientasi pada silsilah keluarga. Di sini, user bisa membuat website keluarga, berbagi foto dan video, mengatur acara keluarga, membuat pohon silsilah keluarga, sekaligus mencari nenek moyang. Situs ini mengklaim lebih dari 15 juta pohon silsilah keluarga dan 91 juta foto di situs, dan tersedia dalam 35 bahasa.

 

6. Badoo.com, Situs jaringan sosial multi-bahasa. Cukup populer di pasar negara berkembang seperti Rusia dan Brazil. Situs ini memungkinkan pengguna untuk membuat profil, saling berkirim pesan, dan menilai foto profil. Meskipun beberapa fitur tidak gratis. Badoo menggunakan analisis geografis, sehingga pengguna dapat mengetahui jika ada orang di dekat lokasi mereka yang mungkin ingin bertemu.

 

7. Zorpia.com, Jaringan sosial yang memiliki komunitas internasional yang besar. Fitur Zorpia termasuk kustomisasi profil dan pencarian sangat rinci. Zorpia memiliki fitur musik yang menampilkan artis populer seperti Ashlee Simpson, Vanessa Hudgens, Alanis Morissette dan banyak lagi. Anda dapat membeli Keanggotaan untuk profil bebas iklan, fitur desain profil ekstra dan pesan tak terbatas.

 

8. Netlog.com, (sebelumnya Facebox dan Bingbox) adalah situs jejaring sosial Belgia yang khusus ditargetkan pada demografis pemuda Eropa. Pada Netlog, Anda bisa membuat halaman web Anda sendiri dengan blog, gambar, video, acara dan banyak lagi. Netlog adalah memimpin dari segi pageview di sejumlah negara seperti Belgia, Italia, Austria, Swiss, Rumania dan Turki.

 

9. Tuenti.com, Sering disebut sebagai “Facebook Spanyol” oleh pengamat jejaring sosial, Tuenti adalah salah satu situs jejaring sosial terbesar di Spanyol. Mulai tahun 2009, pengguna Tuenti dapat mengubah bahasa mereka ke Catalan, Basque, Galicia, dan Inggris. Tuenti juga tersedia sebagai App iPhone.

Nah sobat Studentpreneur, Anda sudah pernah coba?

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Sen]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Tips Untuk Menjadi Jutawan di Usia 30-an

Ironman Dunia Nyata Adalah Pebisnis Super Sukses

Yuk Belajar Bisnis dari Oprah Winfrey

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+