Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis KickStarter

Kamera Cuaca Cerdas Pertama di Dunia Mungkin Datangnya dari Kickstarter


Kamera ini dapat membantu Anda mendeteksi cuaca dengan akurat.

Ada banyak parameter untuk mengukur cuaca. Tetapi seringkali data yang disajikan tidak aktual dan tidak akurat. Karena, cuaca tidak dapat dipahami hanya melalui deret angka dan serangkaian perhitungan, tetapi perlu dirasakan melalui observasi.

Bloomsky, sebuah proyek yang saat ini tengah menggalang dana di Kickstarter, mungkin akan menjadi sebuah jaringan kamera cerdas pertama di dunia, yang mampu meramalkan cuaca secara real time.

Bloomsky bukan sekedar kamera. Bloomsky adalah sebuah stasiun cuaca yang memungkinkan Anda berbagi data seperti gambar langit, dan curah hujan secara real-time ke dalam sebuah jaringan crowdsourced. Ketika seorang pengguna memasang kamera ini di halaman rumah mereka, maka mereka telah bergabung ke dalam sebuah komunitas dimana gambar-gambar yang ditangkap oleh kamera Bloomsky mereka akan dikumpulkan ke sebuah server Bloomsky Cloud yang dapat meramalkan cuaca secara real time.

Bloomsky memiliki sensor yang dapat mengukur kelembaban, tekanan udara, paparan sinar ultra-violet, dan tingkat curah hujan dengan akurasi yang sangat baik.

bloomsky

Bloomsky juga dapat memprediksi turun salju, karena serpihan salju berkembang di suatu tempat di atas tingkat pembekuan dimana suhu udara kurang dari 0° C. Sementara modul luar Bloomsky beroperasi dalam kisaran suhu dari -25° C hingga 65° C. Modul ini juga dilengkapi dengan 5 sensor yang memiliki perlindungan khusus untuk menahan suhu di luar kisaran suhu dimana kamera Bloomsky beroperasi.

BloomSky terinspirasi oleh Waze, sebuah platform crowdsourcing untuk lalu lintas yang cukup populer di Amerika Serikat. Sehingga BloomSky tidak akan menjadi layanan berbayar. Melalui komunitas Kickstarter, mereka ingin menciptakan dan membangun jaringan awal mereka untuk menyediakan data cuaca hyperlocal yang akan menguntungkan semua orang (termasuk orang-orang yang tidak memiliki modul).

Hingga kini, mereka berhasil sampai di tengah jalan, dengan jangka waktu kurang dari 30 hari lagi, mereka telah mengumpulkan sebesar $ 36 ribu dari 260 donatur. Memang, uang pendanaan proyek ini hanya akan turun jika setidaknya mereka telah mencapai $ 75.000 sebelum tanggal 28 Juli 2014.

Anda dapat mendonasikan minimal $ 5 untuk mendownload fotografi landscape resolusi penuh yang diambil oleh kru Bloomsky. Atau $ 99 untuk mendapatkan satu modul BloomSky outdoor.

Donasi Anda akan membantu Bloomsky untuk masuk ke tahap produksi massal untuk harga eceran yang murah, sekaligus Anda akan menjadi reporter earlybird yang akan menyediakan data cuaca yang dapat diandalkan di negara dan lingkungan Anda. Klik disini untuk membantu Bloomsky. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Bloomsky]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Jangan Takut Hutang!

Orang Terkaya ke-3 Dunia Dulunya Anak Seorang Buruh Miskin

10 Bisnis Aneh yang Membuat Beberapa Orang Menjadi Super Kaya

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+