Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Karyawan Melakukan Ini? Kamu Harus Senang!


Perusahaan hebat dibangun dari sumber daya yang hebat pula, tak terkecuali para karyawannya. Sebagai seorang pebisnis tentunya kamu berharap agar semua karyawan yang ada dapat bekerja maksimal sehingga mencapai profit yang diinginkan. Karyawan dalam kategori baik umumnya memiliki kriteria seperti, tanggap, pekerja keras, dan jujur. Namun, karakter tersebut tidaklah cukup untuk membangun perusahaan yang hebat. Oleh karena itu, jika karyawanmu melakukan beberapa hal ini kamu patut senang!

 

Kreatif dan Inovatif

Sobat Studentpreneur, karyawan yang baik belum tentu memiliki kreativitas yang tinggi sehingga mampu berinovasi. Sebaliknya, karyawan yang kreatif dan inovatif adalah karyawan hebat yang harus kamu pertahankan. Mereka cenderung memiliki banyak ide-ide baru yang tentu akan memberikan dampak positif bagi perkembangan perusahaan kamu. Jangan ragu untuk mendengarkan ide mereka yang mungkin terdengar gila, sebab hal inilah yang akan menjadikan perusahaanmu selalu nampak baru dan mampu bersaing di pasar.

 

Berani Bertanya

Beberapa karyawan memilih untuk diam saat rapat untuk menghindari perdebatan, namun tidak bagi karyawan terbaik di perusahaanmu. Mereka tidak akan ragu untuk mengajukan pertanyaan yang memang terkait dengan kebaikan perusahaan. Tak jarang mereka akan mengajukan beberapa pertanyaan yang justru disembunyikan oleh karyawan lainnya. Hal ini dilakukan agar semua yang terlibat pada jalannya perusahaan dapat bersikap terbuka dan memperkecil kemungkinan terjadinya salah paham.

Pertanyaan yang diajukan tidaklah sembarangan. Mereka akan mengajukan pertanyaan yang memang betul-betul terkait dengan perusahaan maupun proyek yang sedang dikerjakan. Terlebih dulu tentu mereka akan memikirkan masak-masak bagaimana pertanyaan itu akan diajukan serta memberikan alasan yang kuat mengapa pertanyaan itu diajukan di depan umum.

 

Tak Ragu Memberikan Pujian

ciri-karyawan-baik

Photo Credit: Pixabay

Karyawan terbaik yang ada di perusahaanmu tidak akan segan memberikan pujian kepada seseorang yang dianggap layak mendapatkan pujian di depan umum. Mereka mampu dan mau menghargai karya maupun kinerja orang lain. Terbukti pujian yang disampaikan dapat memotivasi karyawan lain sehingga hubungan kerja yang harmonis pun akan tercipta dengan sendirinya. Hal ini pun berlaku untuk kamu, jangan ragu untuk memberikan pujian pada karyawan-karyawan berprestasi agar mereka tahu bahwa apa yang dikerjakan akan selalu dipantau dan diberi penghargaan sesuai porsinya.

 

Tahu Waktu

Jika kamu memiliki karyawan yang bisa beradaptasi dengan rekan kerja, itu adalah kabar baik. Hal tersebut akan menjadi lebih baik lagi jika karyawan tersebut mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi kerja yang ada. Karyawan yang hebat tahu kapan saat bergurau serta tahu kapan saat untuk serius dalam bekerja. Karakter yang seperti ini agak sulit ditemukan, sehingga kamu harus mempertahankan karyawan yang dapat melakukan hal ini dengan baik.

 

Tidak Cepat Berpuas Diri

Pada umumnya karyawan akan bekerja sesuai dengan porsinya masing-masing. Ketika mencapai keberhasilan, mereka cenderung berhenti pada satu titik tersebut. Padahal kenyataannya mempertahankan keberhasilan tidaklah mudah jika tidak diiringi dengan inovasi baru.

Karyawan hebat tidak akan berhenti bereksplorasi setelah mendapatkan tujuan yang diinginkan. Mereka cenderung memiliki sikap tidak cepat berpuas diri, sehingga akan belajar untuk menemukan hal-hal baru lainnya. Sebaiknya kamu terus bersikap terbuka akan temuan-temuannya yang boleh jadi akan memberikan banyak keuntungan untuk perusahaan.

 

Menemukan karyawan hebat bukanlah pekerjaan yang mudah, sehingga ketika kamu telah menemukannya jangan sampai melewatkan kelebihan-kelebihan yang ada dalam diri mereka. Bekerja sama dengan karyawan hebat tidak akan merugikan perusahaan. Jadi, jika karyawanmu melakukan 5 hal tadi, maka kamu harus senang Sobat Studentpreneur!

Inas Twinda

Inas adalah social media manager di Picodio, sebuah startup digital agency di Surabaya. Dia sangat mencintai dunia startup!

Facebook Twitter